Menjadi guru yang siap mendidik generasi abad 21 (Laporan workshop Pengelolaan kelas dan integrasi TIK dalam pembelajaran di Sekolah Islam Terpadu Ummu’l Quro Depok).

Sekolah Islam Terpadu Ummu’l Quro yang berlokasi di daerah Depok adalah sekolah yang progresif dan giat dalam mengembangkan diri untuk menjadi sekolah yang bisa melayani kebutuhan siswanya dalam belajar dan mencapai hasil yang terbaik. Tanggal 13 Maret yang lalu saya diundang untuk berbagi mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran yang efektif serta pengelolaan kelas.

Beberapa hal yang menjadi pokok bahasan dalam workshop ini antara lain

  1. Karakteristik dan tantangan pendidikan abad 21
    Di abad 21 ini hal yang terpenting dari mendidik siswa adalah kemampuan untuk bertanya dan melatih siswa untuk efektif dan percaya diri dalam bertanya saat pembelajaran di kelas. Demi mewujudkan hal tersebut guru juga mesti melatih diri dan mencari pengetahuan tentang bagaimana membuat siswa mau bertanya dan senang bertanya. Karena ternyata memang siswa akan lebih mudah mengerti dan memahami sebuah pengetahuan hanya jika berhubungan dengan keingintahuan atau pertanyaan yang diajukannya.
  2. Dalam mengintegrasikan pembelajaran dengan teknologi informasi dan komunikasi ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh guru sebagai fasilitator di kelas antara lain;
  • Pikirkan terlebih dahulu tugas apa yang anda ingin siswa lakukan dengan teknologi. Mulailah dari yang anda ketahui. Ingat penggunaan teknologi bukan didasarkan kepada canggih dan susahnya program computer yang digunakan, tapi seberapa efektifnya anda sebagai guru dalam memberikan siswa tugas menggunakan teknologi.
  • Jangan sungkan bila siswa lebih tahu dari kita, biarkan suatu saat malah siswa yang mengajari kita sebagai gurunya.
  • Cobalah sekali –kali bertanya pada siswa program apa yang ingin mereka pakai sesuai dengan tugas yang anda berikan. Anda tidak perlu mampu menguasai juga program yang mereka katakan, karena jika  mereka mengusulkan sebuah program itu berarti siswa 80 persen menguasai program tersebut.
  • Jangan takut salah, mulailah mencoba-coba. Karena program computer masa kini tidak akan rusak  hanya karena anda salah menekan sesuatu.

Workshop di Sekolah Islam Terpadu Ummu’l Quro kali ini melibatkan guru dari TKIT, SDIT, dan SMPIT yang ada dibawah payung Yayasan pendidikan Ummu’l Quro Depok. Saya merasa terkesan sekali dengan ide-ide yang digulirkan oleh peserta selama pelatihan satu hari ini berlangsung. Mudah-mudahan semua yang dihasilkan selama workshop akan memberikan tambahan perspektif dalam mengintegrasikan teknologi dan mengelola kelas yang isinya adalah generasi abad 21.

3 thoughts on “Menjadi guru yang siap mendidik generasi abad 21 (Laporan workshop Pengelolaan kelas dan integrasi TIK dalam pembelajaran di Sekolah Islam Terpadu Ummu’l Quro Depok).

  1. subhanallah, saya pengen belajar dan diskusi banyak sebelum saya terjun menjadi seorang guru yng sebenarnya……..salam kenal buat semua guru yang berjasa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s