Kegiatan Guru di Kota Ngabang 7 Februari 2010 Tema: MANAJEMEN PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21

Guru yang hadir di kantor bupati Landak yang megah, dengan serius mendengarkan paparan mengenai manajemen pembelajaran yang inovatif
Permainan '6 thinking hats' dengan 6 peserta yang antusias
Salah seorang guru baru saja memaparkan pandangannya mengenai karakteristik siswa saat ini.

Abad 21 bukan lagi merupakan hal yang ada jauh di depan mata. Abad 21 adalah sebuah masa yang sekarang sedang kita jalani. Coba perhatikan di sekeliling kita, jika kita membaca dan menelisik perubahan apa saja yang terjadi di berbagai bidang maka akan kita dapati bahwa hampir semua bidang bergerak menyesuaikan diri dengan perubahan serta sikap yang dibutuhkan di abad 21. Tetapi sepertinya ada satu bidang yang kelihatan masih adem ayem dalam menyikapi dan memasuki abad 21. Bidang itu adalah bidang pendidikan. Sebuah bidang yang sejatinya menjadi katalisator atau motor penggerak perubahan di abad 21 malah kelihatan tidak berenergi dan dalam banyak hal masih terlihat seperti 10 atau 15 tahun lalu.

Dalam hal metode, cara pengajaran dan pengelolaan sekolah masih belum banyak berubah dan malah meminta siswanya yang berubah menyesuaikan diri dengan sekolah dan gaya belajar yang ketinggalan. Padahal siswa-siswi kita sekarang adalah anak jaman ini yang pada saatnya nanti mereka akan menggantikan kita dalam memasuki masa yang penuh ketidak pastian dan tantangan yang berat. Selayaknya guru dan pengelola sekolah mengetahui tantangan apa saja yang ada di pelupuk mata, sambil sedikit demi sedikit mau berubah demi siswa-siswi kita.

Perubahan itu bisa dalam hal apa saja dari metode sampai strategi, dari penggunaan teknologi sampai cara pandang terhadap siswa. Kegiatan ini adalah jawaban bagi para pendidik, orang tua dan pengelola sekolah mengenai manajemen pembelajaran seperti apa yang dibutuhkan dalam menghadapi dan menjalani abad 21.

TUJUAN DARI SEMINAR

Melalui kegiatan ini semua elemen yang terhubung dengan dunia pendidikan dan sekolah (guru, orang tua, dan pengelola sekolah) menjadi mengerti strategi dan metode pembelajaran yang inovatif dalam menghadapi dan menjalani abad 21

SIAPA SAJA YANG AKAN MENDAPAT MANFAAT DARI ACARA INI

– Sekolah yang gurunya ingin mengetahui manajemen pembelajaran apa yang inovatif dan cocok digunakan dalam pembelajaran abad 21

– Sekolah yang guru dan pengelolanya ingin mengerti dan mngetahui karakteristik dari siswa masa kini dan cara membuat sebuah pembelajaran yang inovatif bagi mereka.

HASIL YANG DIHARAPKAN DARI SEMINAR

– Peserta mampu mengidentifikasi metode inovatif yang bisa membuat siswa terlibat penuh dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.

– Peserta mampu mengetahui cara penerapan yang bisa aplikatif dan bisa langsung diterapkan di sekolah masing-masing sesuai dengan karakteristik sekolah dan sumber daya yang dimiliki.

7 thoughts on “Kegiatan Guru di Kota Ngabang 7 Februari 2010 Tema: MANAJEMEN PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s