Abad 21 bukan lagi merupakan hal yang ada jauh di depan mata. Abad 21 adalah sebuah masa yang sekarang sedang kita jalani. Coba perhatikan di sekeliling kita, jika kita membaca dan menelisik perubahan apa saja yang terjadi di berbagai bidang maka akan kita dapati bahwa hampir semua bidang bergerak menyesuaikan diri dengan perubahan serta sikap yang dibutuhkan di abad 21. Tetapi sepertinya ada satu bidang yang kelihatan masih adem ayem dalam menyikapi dan memasuki abad 21. Bidang itu adalah bidang pendidikan. Sebuah bidang yang sejatinya menjadi katalisator atau motor penggerak perubahan di abad 21 malah kelihatan tidak berenergi dan dalam banyak hal masih terlihat seperti 10 atau 15 tahun lalu.
Dalam hal metode, cara pengajaran dan pengelolaan sekolah masih belum banyak berubah dan malah meminta siswanya yang berubah menyesuaikan diri dengan sekolah dan gaya belajar yang ketinggalan. Padahal siswa-siswi kita sekarang adalah anak jaman ini yang pada saatnya nanti mereka akan menggantikan kita dalam memasuki masa yang penuh ketidak pastian dan tantangan yang berat. Selayaknya guru dan pengelola sekolah mengetahui tantangan apa saja yang ada di pelupuk mata, sambil sedikit demi sedikit mau berubah demi siswa-siswi kita.
Perubahan itu bisa dalam hal apa saja dari metode sampai strategi, dari penggunaan teknologi sampai cara pandang terhadap siswa. Kegiatan ini adalah jawaban bagi para pendidik, orang tua dan pengelola sekolah mengenai manajemen pembelajaran seperti apa yang dibutuhkan dalam menghadapi dan menjalani abad 21.
TUJUAN DARI SEMINAR
Melalui kegiatan ini semua elemen yang terhubung dengan dunia pendidikan dan sekolah (guru, orang tua, dan pengelola sekolah) menjadi mengerti strategi dan metode pembelajaran yang inovatif dalam menghadapi dan menjalani abad 21
SIAPA SAJA YANG AKAN MENDAPAT MANFAAT DARI ACARA INI
– Sekolah yang gurunya ingin mengetahui manajemen pembelajaran apa yang inovatif dan cocok digunakan dalam pembelajaran abad 21
– Sekolah yang guru dan pengelolanya ingin mengerti dan mngetahui karakteristik dari siswa masa kini dan cara membuat sebuah pembelajaran yang inovatif bagi mereka.
HASIL YANG DIHARAPKAN DARI SEMINAR
– Peserta mampu mengidentifikasi metode inovatif yang bisa membuat siswa terlibat penuh dengan pembelajaran yang dilakukan oleh guru.
– Peserta mampu mengetahui cara penerapan yang bisa aplikatif dan bisa langsung diterapkan di sekolah masing-masing sesuai dengan karakteristik sekolah dan sumber daya yang dimiliki.
Salam kenal dan kreatif dari Guru Go!Blog ya pak. Blognya bagus sekali dan layak jadi my inspirasi nih. 🙄 😆 Lanjutken dakwah ngeblog dan guru kreatifnya.
Ya, guru sebagai pendidik mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman.
OOT : Gimana kondisi jalan menuju Ngabang, Pak? Tidak semulus di Jakarta ya? 😆
Saya salut dengan tulisan2 anda, mudah2an bs menampilkan tulisan yg lebih panjang lg
Salam kenal pak, … senang membaca tulisan2 bapak, sangat2 inspiratif … thanks so much
Very recommended blog, especially for the teacher like me. thank you very much ya pak:)
Siap enjoy Bu Suzie, selamat menjadi pendidik yang membuat perubahan
that’s very inspirative for all teachers …