Assessment – It’s a team effort! (Dari inhouse workshop mengenai penilaian siswa bersama Indra Widhi Susanti dan Mary-Margaret Gibson, Sekolah Global Jaya 1 Februari 2010)

Ibu Santi dan Ibu Margaret siap memberikan yang terbaik untuk semua guru yang hadir

Buat seorang guru seperti saya, seperti sebuah nikmat dan berkah yang sangat besar bisa bekerja dan bekerja sama dalam lingkungan komunitas pembelajar. Di sekolah tempat saya bekerja dan menimba ilmu secara rutin kami biasa berkumpul di hari Senin sore dalam rangka belajar bersama mengenai sebuah topik yang berguna dalam mengajar dan membelajarkan siswa. Dalam suasana santai sambil tetap serius kami berdiskusi dan membahas topik yang sudah ditentukan. Kali ini Ibu Mary Marg dan Ibu Santi menjadi fasilitator kami. Berikut ini adalah ringkasan mengenai apa yang kami bahas ;

Observasi Semua siswa diamati secara teratur dan sering, dimana pengamatan guru dapat terpusat pada berbagai segi dari mulai sudut pandang yang luas (sebagai contoh, berpusat pada keseluruhan kelas) sampai pada sudut pandang terbatas (sebagai contoh, berpusat pada satu siswa atau satu kegiatan), dan dari sudut pandang non-partisipan (mengamati dari luar) sampai kepada sudut pandang sebagai partisipan (mengamati dari dalam)

Ini dia rekan saya satu meja,para guru yang berdedikasi, dari kiri ke kanan Ibu Mariani, Ibu Margareta dan Ibu Supri, sambil santai dan minum teh di sore hari kami mendengarkan dua fasilitator mrnjelaskan.

Penilaian Kinerja Sebuah jenis penilaian dengan jenis tugas yang berorientasi pada sebuah tujuan yang jelas dengan kriteria yang telah ditetapkan. Jenis tugas ini memberikan tantangan dan permasalahan yang otentik dan signifikan. Pada tugas jenis ini, terdapat sejumlah pendekatan pemecahan masalah dan jarang terdapat hanya satu respon yang benar. Biasanya tugas semacam ini multimodal dan meminta siswa menggunakan banyak ketrampilan. Audio, video dan catatan seringkali digunakan untuk penilaian jenis ini.

Penampilan salah satu grup, santai tapi serius adalah ciri sekolah kamu dalam melakukan workshop internal


Penilaian yang berfokus pada proses Siswa diamati secara teratur dan sering, dan hasil pengamatannya dicatat dengan menitikberatkan pada tingkah laku umum sekaligus tidak umum, mengumpulkan berbagai pengamatan untuk membuatnya dapat diandalkan, dan mensintesis bukti dari konteks yang berbeda-beda untuk meningkatkan validitasnya. Sebuah sistem pencatatan dan penyimpanan data dibuat untuk meminimalisasikan waktu penulisan dan pencatatan. Checklist, catatan inventori dan diskripsi naratif ( semacam buku catatan pembelajaran) adalah beberapa cara yang umum digunakan untuk mengumpulan hasil-hasil pengamatan.


Respon terseleksi Latihan-latihan soal yang bersifat satu dimensi dan dikerjakan pada satu kesempatan. Tes dan kuis adalah contoh yang paling umum dari penialian semacam ini.


Tugas Terbuka Sebuah jenis penilaian dimana siswa diberikan sebuah stimulus dan diminta untuk mengkomunikasikan pendapat original mereka. Jawabannya dapat dalam bentuk tulisan pendek, gambar, diagram atau sebuah solusi. Hasil kerjanya, dengan kriteria penilaian terlampir, dapat dijadikan sebuah portofolio.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s