Topik Presentasi Agus Sampurno, Update..!

Berikut ini daftar judul presentasi yang saya biasa sampaikan. Adapun format presentasi bisa merupakan seminar atau workshop. Kedua-duanya tetap dengan format peserta belajar aktif dan pelatihan partisipatif dengan banyak contoh kasus, tips praktis, wawasan yang bisa langsung diterapkan.

Silahkan mencermati judul-judul dibawah ini, semua judul presentasi saya rancang demi memenuhi kebutuhan anda sebagai  orang tua, guru, kepala sekolah, dan pengelola sekolah dalam menjadikan kita semua sebagai pembelajar sepanjang hayat (lifelong learners)


Topik pelatihan untuk guru semua tingkatan

1. Menciptakan kelas yang menginspirasi
2. Guru Super Kreatif
3. Mengintegrasikan Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam pembelajaran dikelas.
4. Membuat Kelas yang Hidup dengan Kurikulum Tematik
5. Merancang Pembelajaran Berbasis Proyek
6. Menumbuhkan Kepemimpinan Guru
7. Memfasilitasi Siswa Kita Generasi Pembelajar Abad 21
8. Blog untuk Guru dan Siswa
9. Mengelola Perilaku Siswa
10. Pendekatan Berbasis Inkuiri dalam Pembelajaran
11. Program Peningkatan Kompetensi bagi Guru Baru

Topik pelatihan bagi kepala sekolah

Istilah pemimpin dalam bidang pendidikan atau educational leadership mengacu pada pemimpin di sekolah yang berusaha memadukan tiga kepentingan yang utama di sekolah. Kepentingan tersebut adalah kepentingan guru, kepentingan siswa dan kepentingan orang tua. Dimasa sekarang sekolah menghadapi tantangan yang sangat berat dikarenakan sekolah diharapkan bisa menjadi jawaban dari berubahnya jaman dan banyaknya sumber pengetahuan diluar sekolah.

1. Kepemimpinan Kepala Sekolah; Tugas dan tanggung jawab Kepala Sekolah

2. Membangun Visi Misi sekolah yang Efektif

3. Self Assessment Sekolah

4. Mengelola Perubahan di Sekolah

5. Meningkatkan Kinerja Sekolah

6. Membuat Sekolah Anda Efektif

7. Standar Pengelolaan Sekolah

8. Pengelolaan Sumber Daya Sekolah

9. Karakteristik Pembelajaran Yang Efektif

10. Sekolah Sebagai Komunitas Pembelajar

11. Pembuatan Strategic Plan

12. Pembuatan Profil dan Rencana Marketing Sekolah

13. Merencanakan dan membuat teknologi  dan internet sebagai mitra proses kegiatan belajar mengajar di sekolah

Topik pelatihan bagi siswa

Siswa yang sekarang yang sedang menuntut ilmu duduk di bangku sekolah menghadapi tantangan abad 21 yang luar biasa dan menantang. Di satu sisi siswa dihadapkan oleh kerasnya tantangan dan persaingan demi masa depan mereka serta pernak-pernik dunia remaja. Di sisi lain beban kurikulum serta lambatnya guru di kelas mereka dalam beradaptasi terhadap perubahan serta teknologi terkini membuat mereka merasa sekolah dan kehidupan keseharian mereka berbeda dan terpisah jauh. Dibutuhkan mental yang kuat serta kepemimpinan dalam diri sendiri untuk bisa berjuang dan sukses menjadi remaja yang tetap ‘fun’, mengerti cara belajar dan saat yang sama bisa membawa diri di dunia nyata dan dunia maya.

Topik pelatihan dibawah ini diupayakan akan membuat siswa –siswi anak-anak kita bisa menganggap belajar adalah murni sebagai sebuah proses bukan beban. Saat yang sama mereka tetap bisa ‘survive’ di tengah dunia remaja yang erat sekali kaitannya dengan teknologi dan media. Sehingga di masa depan teknologi (baca situs pertemanan dan lain sebagainya) dan media lainnya bisa dijadikan mitra dan pengiring mereka menuju masa depan yang mereka dan orang tua inginkan

1. Sukses mengambil manfaat di situs pertemanan dan situs jejaring sosial

2. Belajar bagaimana belajar (studi skills)

3. Bergaul dan berinternet sehat

4. Menumbuhkan kepemimpinan dalam diri sendiri

5. Menjadikan Internet sebagai mitra belajar.

6. Membuat Blog sebagai ajang ekspresi diri

Topik pelatihan bagi orang tua

Sebelum saya menikah saya punya 3 prinsip dalam mengelola dan mengendalikan perilaku anak. Tapi setelah menikah dan mempunyai 3 orang anak, saya malah tidak punya prinsip lagi. Artinya menjadi orang tua adalah proses belajar dan belajar. Tidak ada satu pun teori yang valid dan bisa dijadikan pegangan. Kesemua teori itulah yang akhirnya malah menyesuaikan dengan keadaan.

Kemajuan teknologi, pesatnya perkembangan jaman sudah membuat kita para orang tua mengernyitkan dahi oleh kemajuan serta cepatnya anak-anak kita dalam beradaptasi. Alih-alih kita senang karena anak-anak kita cepat sekali belajar dan menyesuaikan diri terhadap teknologi yang terjadi malah sebaliknya, kita sebagai orang tua malah merasa teknologi malah membuat konsentrasi anak terpecah dan menganggu proses belajarnya.

Bukan itu saja, banyaknya beban di sekolah yang mesti dipikul oleh anak-anak kita di sekolah telah membuat kita sebagai orang tua sibuk menyesuaikan diri dan berusaha keras menjadi mitra belajar anak kita di sekolah dan dirumah.

Topik-topik di bawah ini akan membuat anda sebagai orang tua bisa menjadi orang tua yang ‘up to date’ terhadap perkembangan teknologi sambil bisa berperan sebagai mitra belajar anak-anak kita di rumah dan mitra guru di sekolah.

1. Berkomunikasi yang efektif dengan guru dan berperan aktif disekolah anak-anak kita

2. Menjadikan internet sebagai mitra anak-anak kita belajar

3. Situs pertemanan atau situs jejaring sosial, manfaat dan bahayanya bagi anak-anak kita

4. Berinternet sehat di rumah dan di sekolah

Silahkan menghubungi no 0813 155 90 729 untuk mengetahui bagaimana saya dapat membantu sekolah dan institusi anda lewat judul presentasi diatas.

Posted in Tak Berkategori