“Apakah mereka bisa mengerti pelajaran yang saya berikan atau tidak yaa?”

http://www.heyugly.org/images/QuestionMark.jpg

Sebagai guru yang mengajar di kelas, selepas mengajar terkadang terbersit pertanyaan seperti ini, “Apakah mereka bisa mengerti pelajaran yang saya berikan atau tidak?” Mengerti atau tidak mengerti, sebenarnya bukan itu persoalannya. Karena pada dasarnya siswa bisa membangun pengertiannya sendiri dengan pengalaman belajar mereka sebelumnya. Hal yang paling mungkin bisa kita sebagai guru lakukan adalah memberikan sejumlah pertanyaan yang membantu siswa menghubungkan dirinya dengan pengajaran yang anda lakukan. Berikut ini adalah pertanyaannya

1. Apa yang saya belajar hari ini?

2. Mengapa aku belajar hal ini?

3. Bagaimana saya dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan ini untuk membuat perbedaan dalam hidup saya?

4. Bagaimana saya bisa bekerja dengan guru dan siswa lain untuk meningkatkan pembelajaran saya?

5. Bagaimana saya bisa lebih maju lagi sebagai seorang pembelajar?

One thought on ““Apakah mereka bisa mengerti pelajaran yang saya berikan atau tidak yaa?”

Tinggalkan Balasan

