8 cara mengukur perencanaan pembelajaran berbasis inquiry dalam bingkai tematik dan RPP KTSP yang kreatif (Laporan dari workshop 2 hari bersama guru SD YPPI 1 Surabaya)

Pertama kalinya menjejakkan kaki di Surabaya saya langsung menuju daerah peristirahatan Trawas yang berudara sejuk dan nikmat sekali dijadikan tempat untuk belajar dan merencanakan langkah ke depan. Bersama 26 orang guru-guru SD Yayasan Pengembangan Pendidikan  Indonesia 1 Surabaya tanggal 4 dan 5 Januari saya berkumpul bersama dan melakukan workshop inquiry based learning dalam bingkai pembelajaran tematik dan RPP KTSP yang kreatif.

Sesi icebreaking workshop, semua yang hadir dibuat aktif dan yang terpenting tetap semangat di sesi berikutnya

Guru yang hadir semua diupayakan untuk bekerja secara kolaboratif sambil memupuk dialog professional antar guru

Selama 2 hari satu malam saya berusaha berbagi mengenai tantangan yang dimiliki oleh guru masa kini dan bagaimana membuat pembelajaran yang kreatif sesuai dengan potensi sekolah dan sumber daya yang dimilki guru dan sekolah. Ini kali pertama saya bergabung dalam rapat kerja sebuah sekolah yang progresif dan terus mengusahakan diri untuk berubah kea rah yang lebih baik.

Bersama guru yang antusias, akomodasi yang luar biasa yang memanjakan semua peserta yang hadir, membuat workshop yang dijalankan berlangsung dengan lancar dan mudah-mudahan bisa menjadi batu loncatan dalam merencanakan satu semester ke depan.

Walau dalam suasana santai semua yang hadir tetap fokus dalam mengerjakan tugas dalam grup

Pak Rendra Prihandono Kepala sekolah SD YPPI 1 Surabaya beserta tim kelas 4 berada dalam satu kelompok dalam merancang RPP yang kreatif

Ini dia peserta kita para ibu guru yang sedang menunjukkan kebolehannya mengekspresikan lagu 'Bintang Kecil' sesuai dengan gaya belajarnya (Auditory)

Ibu guru sedang menulis dalam lembar 'post it' komentar mengenai hasil unit tematik dan RPP yang dibuat oleh masih masing year level kelas. Latar belakang foto ini adalah guru yang sedang melihat hasil pekerjaan kelompok lain di dinding.

Peta pikiran, sarana penting dalam menyiapkan unit pembelajaran yang berbobot

Guru-guru kelas 1 sedang 'in action' bekerja bersama dalam membuat unit pembelajaran tematik dengan muatan inquiry

Tetap semangat walau malam menjelang

Merencanakan penampilan kelompok sesuai gaya dan modalitas belajar

Berikut ini adalah 8 pertanyaan yang membantu semua guru yang hadir dalam workshop merefleksikan unit tematik dan RPP yang telah dibuatnya. Seperti anda ketahui, sudah menjadi peraturan dari Diknas bahwa kelas 1 sampi 3 SD menggunakan pendekatan pembelajaran tematik dan kelas 4 sampai 6 SD menggunakan pembelajaran yang menggunakan RPP KTSP sebagai perencanaan pembelajaran.

  • Apakah unit tematik/RPP anda menawarkan pengalaman belajar yang didasarkan pada kebutuhan siswa, minat, tingkat perkembangan, gaya belajar, dan latar belakang budaya mereka?
  • Apakah masing-masing pengalaman belajar mempromosikan pemahaman tentang konsep-konsep kunci yang terkait dengan topik?
  • Apakah pengalaman belajar dalam unit tematik/RPP  yang anda buat mempromosikan riset (walaupun sederhana) (yakni, berinteraksi, bertanya, mengeksplorasi, bereksperimen, hipotesa, mengamati, memanipulasi obyek, dll)?
  • Apakah masing-masing pengalaman belajar dalam unit tematik/RPP  yang anda buat terintegrasi dengan subyek pembelajaran lain ?
  • Apakah pengalaman belajar dalam unit tematik/RPP  yang anda buat  mempromosikan penemuan, eksplorasi, dan penggunaan internet sebagai alat mencari data dan sumber tambahan?
  • Apakah pengalaman belajar mendorong peran gurusebagai fasilitator?
  • Apakah pengalaman belajar mempromosikan pemikiran kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi (daya cipta)?
  • Apakah pengalaman belajar memberikan kesempatan bagi penilaian yang autentik dan evaluasi?
Semangat tak pernah pudar walau didera pelatihan ber jam-jam. Salut wahai bapak dan ibu guru, sekolah YPPI 1 beruntung memiliki anda semua

Cara lain untuk melakukan refleksi hasil pelatihan, tunjukkan jempol bapak dan ibu guru ya..

Ini dia semua Bapak dan Ibu guru yang walau bertemu sebentar, saya sudah merasa dekat. Maklum suasana kekeluargaan sekaligus profesional telah membuat saya sebagai fasilitator sangat terbantu. Sampai jumpa di lain waktu wahai rekan seprofesiku

Di facebook salah satu peserta pelatihan menaruh statusnya sebagai berikut;

Ratna Kusuma Tamsi Liburan yang menakjubkan dengan fasilitator pembuka semangat baru (Bpk. Agus Sampurno)

Meylana Rahmasari

I’m proud 2b one of the participant………vote 4 creative learning…….!!!!!!

3 thoughts on “8 cara mengukur perencanaan pembelajaran berbasis inquiry dalam bingkai tematik dan RPP KTSP yang kreatif (Laporan dari workshop 2 hari bersama guru SD YPPI 1 Surabaya)

  1. saya sungguh merasa terhormat atas berkenan bapak memberikan suntikan semangat kepada kami agar kami bisa lebih maju lagi. terima kasih, pak.

  2. Meskipun cuma 3 hari workshop ini dapat memberikan ide2 yg segar utk saya shg saya gak sabar utk mempraktekkan di kelas saya.
    Thanks Mr.Agus

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s