Digital Footprints

Saya melihat tayangn ini bersama siswa-siswi saya, berikut ini tanggapan salah satu dari mereka Dita siswa kelas 6;

Apa Yang Saya Pelajari:

Dari video DIGITAL FOOTPRINTS, saya belajar bahwa sekarang pengaruh situs-situs internet sangat berhubungan dengan dunia realitas kita masing-masing. Sekarang, banyak boss-boss yang harus melihat e-mail-e-mail kita. Yang dilihat dari facebook dan status kita adalah:

– Apakah kita mengetik kata-kata yang layak dipakai atau kata-kata yang kasar.

– Apakah foto-foto kita yang layak atau yang tidak pantas.

– Dll

Kalau kita melakukan sesuatu yang tidak layak di internet, kita pasti akan susah mencari pekerjaan. Lama-kelamaan, lebih banyak boss-boss yang melihat e-mail-e-mail kita untuk diterima di suatu pekerjaan.

Tetapi, internet juga ada bagian positifnya yaitu:

– Apabila foto-foto yang kita tampilkan layak, misalkan foto anda menerima pnghargaan, orang yang menilai akan berpikir anda adalah orang yang berprestasi dari kecil dan anda aktif.

– Apabila komen-komen anda yang membuat orang lain senang dan termotivasi, orang yang menilai anda akan berpikiran anda adalah orang yang dapat membuat orang lain termotivasi dan tentu akan berguna pada perusahaan yang anda lamar.

Serta yang lain dari Keiko juga kelas 6;

Digital Footprints adalah sesuatu yang kita lakukan di internet semenjak dini sampai besar. Walaupun kita hapus apa yang kita pernah lakukan di masa lalu orang lain masih bisa melihat apa yang kita lakukan karena google adalah mesin yang memotret apa yang kita lakukan.

Contohnya bila kita menyebut kata-kata kasar di internet contohnya di facebook dan sedang berbincang dengan teman tentang sesuatu pribadi, memang itu ada di namamu tetapi bila kita hapus pada saat kita lebih tua dan sudah mengerti itu masih akan berbekas sebagian dari yang pernah kita lakukan, dan itu sangat bahaya bila ada orang yang akan mengerjakn kita sebagai karyawan nya dan akan melihat footprints yang dulu pernah dilakukan kita semenjak dini.

Itupun akan mempegaruhi hal-hal tertentu bagi masa depan kita, akan lebih baik bila kita menempatkan foto-foto tertentu yang baik dilihat dan kata-kata yang baik akan menjadi pengharuh yang baik karena orang lain yang akan melihat kita nanti akan berpikir bila kita sejak dini sudah menjadi anak yang rajin dan baik.

Maka kita tidak boleh sembarangan di internet atau sesuatu yang akan tersebar ke publik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s