Bahaya siswa kita saat berada di jejaring sosial internet

Pernahkah anda mendengar nama Evan Brimob? Pemilik nama itu adalah seorang polisi muda yang bertugas di salah satu provinsi di Indonesia. Nama itu menjadi terkenal ketika ribut-ribut antara KPK dan Polri muncul kepermukaan. Padahal bila ditelusuri jauh sekali rantai komando yang menghubungkan antara Evan dengan Kapolri yang sedang dituduh mengkriminilisasi dua pimpinan KPK.

Namun ada benang merah antara kasus tersebut dengan seorang Evan. Benang merah itu adalah komentar ia di facebook. Dalam situs jejaring sosial tersebut ia menulis pesan seperti ini

“Polri gak butuh masyarakat, tapi masyarakat yg butuh Polri. Maju terus kepolisian Indonesia, telan hidup2 cicak kecil..”.

Banyak orang yang kemudian marah akan status yang ia tulis diatas, sampai ada pihak yang melaporkan Evan ke Komisi Polisi Nasional. Sebuah komisi yang bertugas menjadi pengawas bagi polisi di negeri ini.

Kasus seorang Evan mungkin bisa  terjadi pada siswa kita sekarang atau nanti. Jika kita sebagai guru hanya diam dan tidak  berusaha menjadi guru di dunia nyata dan dunia maya bagi siswa kita. Jika kita melihat fenomena saat ini banyak sekali siswa kita sedari dini bahkan sudah mempunyai akun di facebook. Sebuah hal yang semestinya diwaspadai. Karena mungkin saja siswa kita itu dibuatkan akun oleh orang tuanya dengan harapan anaknya bisa bersosialisasi lebih luas, namun tidak menyadari banyaknya konsekuensi yang menyertainya.

Untuk itu ditangan kitalah tanggung jawab itu ada sebagai guru, dengan lakukan upaya terus menghimbau dan memberi semangat agar siswa bisa ambil semua hal yang terbaik di dunia maya bukannya malah sebaliknya dunia maya malah menjadi bumerang untuk mereka saat mereka dewasa nanti. Dan harapan kita semua semoga siswa dan anak kita tidak harus meminta maaf untuk sebuah hal yang dilakukannya di dunia maya, karena tingginya kewaspadaan dan terus menerus mengingat semboyan ‘THINK BEFORE YOU CLICK’.

Saya mengaku salah dan minta maaf dan ralat pernyataan saya menjadi: Polri butuh masyarakat… masyarakat butuh Polri…. maju terus kepolisian Indonesia, bangkit Indonesiaku, lawan para koruptor dan perusak negeri ini” .

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s