Orang tua saya di sekolah, adalah kepala sekolah saya (7 tantangan kepala sekolah masa kini)

Analogi diatas sepertinya terlalu berlebihan, karena mungkin saja anda sendiri berpikir di jaman sekarang mana ada orang yang repot-repot menyediakan waktu dan perhatian untuk orang lain (bawahan) dengan sedemikian rupa. Bahkan dengan menyediakan diri sebagai orang tua bagi orang lain yang menjadi tanggung jawabnya. Namun sekolah yang baik adalah gambaran sebuah kehidupan dan masyarakat yang baik pula. Di dalamnya kita bisa melihat peran-peran dalam masyarakat bersinergi satu sama lain untuk menghasilkan yang terbaik sebagai sebuah ikatan kerjasama yang positif.

Menjadi seorang kepala sekolah di masa kini bukan sekedar merasa nikmat karena memiliki kekuasaan dalam mengatur sekolah dan memberdayakan guru untuk jadi lebih baik, namun juga mempunyai banyak sisi yang membutuhkan penanganan dikarenakan jaman yang sudah berubah. Tantangan tersebut antara lain;

1. Membuat guru mau dan bisa berkolaborasi dengan guru lainnya saat menyelesaikan tugas yang sulit.

2. Membuktikan pandangan bahwa seorang kepala sekolah adalah mitra guru dalam memberikan yang terbaik untuk siswa, dan bukan sebaliknya, menjadi orang yang tidak mau mengerti kesulitan guru di lapangan dan cenderung memaksakan kehendak.

3. Berbagi kepemimpinan dengan guru dalam berbagai bidang dalam pengelolaan sekolah. Guru yang bisa memimpin di kelas dan di sekolah bukan begitu saja ada,  perlu pembiasaan dan pendelegasian tugas oleh kepala sekolah.

4. Berhenti untuk mengerjakan semuanya sendirian, dan mulai melibatkan guru. Dengan demikian sekolah bisa mempraktekan sebuah pola kepemimpinan yang kolaboratif.

5, Mulai menjadi kepala sekolah yang kuat, artinya semakin lemah seorang kepala sekolah, semakin sulit ia berbagi kepemimpinannya. tetapi sebaliknya semakin kuat kepemimpinan seorang kepala sekolah maka semakin cenderung berbagi kepemimpinan.

6. Sekuat tenaga mewujudkan pengembangan komunitas pembelajaran profesional di sekolahnya.

7. Selalu berusaha memberikan ruang agar seorang pemimpin baru muncul di sekolah dengan mengembangkan pola komunikasi yang positif dan saling percaya.

Akhirnya hanya kepala sekolah yang baik lah yang bisa menjadi seorang kepala keluarga yang baik di sebuah sekolah. Karena individu tersebut bisa memberikan ruang untuk guru yang menjadi bawahannya tampil dan menjadi yang terbaik sesuai dengan potensinya.

Posted in Tak Berkategori

2 thoughts on “Orang tua saya di sekolah, adalah kepala sekolah saya (7 tantangan kepala sekolah masa kini)

  1. Apa yg hrs dlakukan oleh guru2 yg tdk mdptkn perhatian yg seharusnya dr KS. Jika iklim dskolah hnya memperhatikan org itu2 saja.Jka yg pnya power justru ada d 4 waka nya? Salah tdk jk guru akhirnya apatis dg sekedarnya saja dan lebih memilih mengaktualkan diri dg karya tulis,lomba2 dan komunitas dluar sekolah…

  2. maka KS sebaiknya adalah orang yang telah kenyang akan pengalaman di bidangnya pend. KS yang terlalu muda kadang belum bisa menjadi “bapak” yg baik di sekolah sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s