Posisikan diri anda sebagai ‘mitra kerja’ saat menilai siswa dan bukan ‘atasan’

1 . menggunakan kriteria yang sudah siswa ketahui, artinya guru tidak menyembunyikan atau membuat siswa bertanya-tanya sebenarnya apa yang guru mau  dari hasil kerja atau proses kerja yang siswa lakukan. Dengan demikian guru dan siswa bekerja sama untuk hasil yang terbaik.

2. Menggunakan prinsip satu pertanyaan banyak kemungkinan jawaban, dengan demikian siswa dilatih upaya nya untuk melakukan analisa dan sintesa dan bukan hanya menghafal satu jawan yang benar. Jadi berikan kesempatan pada siswa untuk berekspresi seluas-luasnya sesuai dengan kecerdasan dan gaya belajarnya. Untuk itu dibutuhkan bukti mengenai hal ini. Semakin banyak bukti semakin valid lah penilaian guru. Saat yang sama guru berkonsentrasi pada kekuatan siswa bukan pada kelemahan yang siswa miliki.

3. Upayakan ada kegiatan untuk siswa mengevaluasi diri sendiri, apa yang belum dan sudah mereka lakukan di akhir penilaian. Dengan demikian siswa menjadi tahu dimana kekurangan dan kelemahan mereka saat melakukan tugas yang guru berikan.

4.berikap adil dan tidak bermain perasaaan pribadi guru tentang anak tertentu. Mari kita fokus pada kualitas akhir pekerjaan dan kinerja saat mengerjakannya dan bukan mengedepankan pendapat pribadi anda terlebih dahulu.

5. Saat membuatkan siswa soal atau ujian , guru bertanya pada diri sendiri ‘apakah ini berharga untuk siswa ketahui?’ Jika tidak jangan, untuk apa membuat mereka berpikir hal-hal yang menurut kita sendiri sebagai guru tidak layak untuk diketahui.

One thought on “Posisikan diri anda sebagai ‘mitra kerja’ saat menilai siswa dan bukan ‘atasan’

  1. Tapi untuk saat ini, kebanyakan guru-guru di Indonesia masih memposisikan dirinya sebagai ‘atasan’. Buktinya adalah:
    1. Guru selalu benar
    2. Apabila guru salah, kembali ke point 1
    Cukup banyak guru-guru di Indonesia yang menganut faham itu, hehe

    Mudah-mudahan jika guru sudah menyadari posisinya di masa sekarang, di jaman perubahan sudah semakin cepat. Maka pomeo seperti di atas tidak lagi terjadi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s