Apapun kelas dan bidang studi yang kita ajar, semua dari kita adalah guru …

Guru bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia , artinya apa pun bidang studi yang kita ajar mau tidak mau kita mesti menjadi membenahi produk tulisan yang siswa buat baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, juga saat berbicara dan berpendapat. Ini saatnya kita belajar terus mengenai berbahasa yang benar lisan maupun tulisan, bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, atau malah dalam beberapa bahasa lain jika sekolah anda juga mengajarkan bahasa selain dua bahasa tersebut.

Guru komputer, siswa anda kesulitan dalam melakukan pencarian dengan mesin pencari google, apakah anda langsung memanggil guru komputer untuk membantu, atau berbalik mengeluhkan kinerja guru komputer karena tidak serius mengajari siswa anda menggunakan mesin pencari? Saran saya 2 hal tadi boleh saja anda lakukan tetapi untuk lebih cepat dan tidak membuang waktu, bantu saja siswa sambil anda sendiri juga belajar. Tidak bisa dihindarkan pembelajaran sekarang memang menggunakan teknologi, jadi anda pun sebaiknya menguasai walaupun sedikit, dan mau membuka diri untuk membantu.

Guru bimbingan konseling, ada siswa anda bercerita mengenai problem sehari-hari? saatnya anda meluangkan waktu dan mau mendengar, karena dengan bersikap seperlunya saja saat mendengar akan membuat situasi menjadi lebih runyam. Jangan lupa setelah selesai langsung temui guru BP yang asli dan kepala sekolah sambil menceritakan gambaran situasi agar mereka semua bisa membantu anda kapanpun dibutuhkan.

Guru Agama, ini biasanya terjadi pada sekolah yang berbasis keagamaan. Artinya semua guru di tipe jenis sekolah seperti ini menjadi role model dalam beribadah dan bersikap.

5 thoughts on “Apapun kelas dan bidang studi yang kita ajar, semua dari kita adalah guru …

  1. kalau saya mengampu 3 mata pelajaran sekaligus, gimana ditinjau dari sisi profesionalisme?
    ditinjau dari sisi kebutuhan guru pada sekolah kami?
    saya sering disoroti guru tidak profesional, padahal ketika saya mengajar bahasa indonesia, menurut anak-anak cara saya menyajikan lebih menarik dan menyenangkan daripada guru yang bersertifikat bahasa

    Luar biasa Pak Budi, jika anak-anak sudah suka jangan lah berubah, karena untuk mereka lah kita melakukan hal yang terbaik.

  2. Apapun bidang anda, jadilah profesionalnya. Apapun itu, termasuk “Guru”, jadilah guru yang professional, yang artinya seorang guru yang benar-benar memahami dan menjiwai profesinya sebagai guru. Guru yang menjadi awal mulanya kita semua belajar, dan akhirnya bisa seperti sekarang. Tanpa guru, kita akan sedikit tahu dan bahkan bisa lebih parah dari itu. “GURU” adalah profesi yang sangat mulia, dan jangan nodai itu..

    Saya garis bawahi pak Dokter, “GURU” adalah profesi yang sangat mulia, terima kasih atas semangatnya

  3. Alhamdulillah…
    saya guru komputer…
    pernah jadi redaktur majalah 8 tahun…
    suka nonton film tanpa subtitle/dg subtitle English…
    istri sarjana psikologi…


    Salam kenal Pak Wirawan, senang sekali saya kedatangan anda.
    Blog anda menarik dan enak dibaca

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s