Bermalam minggu bersama 50 siswa MTSN Pagedangan Serpong Banten dalam acara Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah dengan tema ‘Menjadi pemimpin yang tangguh’

Calon-calon pemimpin masa depan, yang antusias bermain dalam tim, demi belajar mengenai arti kerjasama, komunikasi yang baik dan menjadi 'team player'

Saat SMP dahulu, saya merasakan dunia penuh dengan sejuta kemungkinan dan impian. Mau jadi ini mau jadi itu dan ingin menjadi seperti seseorang yang saya kagumi, saat yang sama saya juga berpikir apakah bisa melalui semuanya dengan baik sampai saat saya dewasa dan mandiri nanti.

Belajar berdiskusi dan mengutarakan pendapat, sepanjang acara berlangsung saya berusaha tanamkan juga cara bersikap serta hal-hal lain mengenai bagaimana seharusnya seorang pemimpin bersikap, berpikir, bertindak dan berbuat.

Hal-hal diatas adalah hal yang terpikirkan pada saya ketika bermalam minggu bersama 50 siswa MTSN Pagedangan pada tanggal 16 November 2009 dalam acara Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah yang berlangsung di gedung  Puspitek Serpong. Ke 50 orng siswa tersebut adalah mereka yang terpilih untuk menjadi pengurus OSIS di tahun ajaran ini ditambah beberapa pengurus lama yang terlibat .

Beruntung sekali anak-anak tersebut ada di sekolah yang mengutamakan perubahan pola pikir kearah yang lebih baik dan kritis dibandingkan dengan cara lain yang sifatnya lebih ke arah fisik dan perpeloncoan. Maklum walaupun ada juga sisi positif nya kegiatan perpeloncoan membawa resiko yang besar dikarenakan rawan kemungkinan pihak-pihak yang terlibat menjadi lepas kendali dan bisa terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ini dia calon pengganti Pak Muhammad Nuh sedang berpresentasi. Dalam sesi yang saya fasilitasi saya berusaha membuat mereka percaya diri dan berani mengemukakan pendapat di depan umum
Akhirnya lingkarannya terbentuk juga..

Selama hampir 3 jam, peserta yang hadir dibekali tentang pengetahuan kepemimpinan sambil diselingi permainan yang bermanfaat dan membuat mereka semakin yakin bahwa kerjasama, keterbukaan dan rasa saling menghargai sangatlah penting dalam mencapai tujuan bersama.

Saya sangat bryukur mendapat kesempatan untuk datang dan memfasilitasi sesi bersama calon pemimpin masa depan, doa saya agar kelak nanti mereka bisa menjadi pemimpin yang adil dan mengutamakan hajat hidup orang banyak.

5 thoughts on “Bermalam minggu bersama 50 siswa MTSN Pagedangan Serpong Banten dalam acara Latihan Dasar Kepemimpinan Sekolah dengan tema ‘Menjadi pemimpin yang tangguh’

  1. Banyak sekali perubahanya dari tahun 2007 sampai saat ini ,,, jadi ingin kembali sekolah di MTS N Pagedangan …
    semoga semakin sukses yaah buat almamater sekolah ku…
    amien…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s