Berpresentasi di Pecha Kucha Jakarta, bagaikan mimpi menjadi kenyataan. (Terima kasih kepada seluruh pembaca blog ini)

Pengunjung yang datang hampir 100 orang lebih. Hujan yang mengguyur Jakarta tidak menghalangi mereka untuk hadir.

Rumus 20/20 adalah sebuah rumus presentasi yang unik. Dalam 20 detik kita diminta mempresentasikan satu slide. Jika slide yang ditampilkan ada 20 slide maka waktu yang dibutuhkan adalah 6 menit sampai 7 menit.

(Masih ingat sampul buku pelajar seperti yang ada di layar?) Ayo guru, jadikan buku paket sebagai mitra dan bukan satu-satunya sumber pelajaran dikelas.

"Saat ini, kita mempersiapkan siswa kita untuk pekerjaan yang belum ada. Kita persiapkan mereka mengakrabi teknologi untuk memecahkan masalah yang belum ada.”

Rumus itulah yang membuat saya tertarik saat membaca liputan mengenai event Pecha Kucha di media pada awal tahun 2009. Saat itu saya bermimpi dan berniat satu saat harus hadir dan mengambil bagian. Tidak sampai selesai tahun 2009 ternyata undangan itu datang. Bagaikan mimpi rasanya bisa hadir dan berpresentasi di ajang yang bergengsi ini. Berikut adalah email yang dikirim oleh pihak penyelenggara.

…Nah, selain itu, kami juga ingin menanyakan apakah pak Agus tertarik untuk menjadi salah satu pembicara di acara lain yang kami selenggarakan, yaitu Pecha Kucha. Pecha Kucha adalah sebuah acara networking dengan format 20/20, di mana seorang pembicara akan presentasi dengan 20 slides, masing-masing selama 20 detik. Temanya untuk Pecha Kucha kali ini adalah Agents of Change, dan menurut kami kegiatan mengajar kreatif pak Agus sangat cocok. Terlampir adalah proposal acaranya jika pak Agus ingin tahu lebih lanjut yaa..
Jika ada pertanyaan, harap jangan ragu untuk menanyakan kepada kami yaa..

Terima kasih, ditunggu kabarnya..🙂

Sebuah email yang sangat menggugah dan membuat saya senang sekaligus bersyukur, karena ternyata kesempatan itu datang lebih awal yang mengejutkan tetapi sekaligus menggembirakan .

Tanggal 16 November 2009 di lobby Rasuna Epicentrum (di belakang rumah sakit MMC, Jl. HR. Rasuna Said, Kuningan). Bersama 13 orang lainnya (“luar biasa mereka benar-benar menginspirasi saya”) saya datang dan ada di urutan ke 5 dalam menyampaikan materi presentasi.

Adapun hal yang saya sajikan lewat presentasi sepanjang kurang dari 7 menit adalah usaha saya untuk membuat para guru mau berubah dan mencoba hal-hal baru demi siswa nya dikelas. Lewat tulisan di blog ini sejak tahun 2007 saya memang menyuarakan penting nya guru menyelaraskan dirinya dengan perubahan jaman dan keadaan masa kini.

Di wawancarai media, jadi seleb walau sesaat.

Akhirnya kepada semua pembaca blog ini, rasa hormat saya yang setinggi-tingginya saya ucapkan dan karena anda semuanya , saya tetap istiqomah berusaha untuk selalu menghasilkan tulisan yang terbaik agar pendidikan Indonesia bisa lebih baik di tangan guru-guru yang menyadari bahwa tugas mulia mendidik generasi bangsa ini ada ditangannya.

Terima kasih juga kepada British Council Jakarta, Pengelola Epicentrum Kuningan, kru Maverick, dan semua pengunjung yang datang. Ayo berubah ke arah yang lebih baik, Indonesia pasti bisa!


Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

