Wahai guru sudah bukan jamannya lagi kita mengajar hanya berdasarkan diktat kuliah serta keterangan dari dosen-dosen yang mengajar kita saat di universitas dahulu.

Ada anekdot yang menarik mengenai hal ini, suatu saat dua orang yang berasal dari sekolah yang sama bertemu. Walaupun berbeda angkatan tetapi mereka cepat akrab dan pada saat membicarakan salah seorang guru mereka kemudian tertawa bersama-sama karena setelah obrolan yang panjang terungkap bahwa sang guru tersebut masih melakukan praktek pengajaran yang persis sama bahkan ketika waktu kelulusan mereka terpaut lebih dari 7 tahun.Ini membuktikan bahwa guru yang bersangkutan tidak mau berubah dan mensejajarkan diri dengan kemajuan jaman. Sudah bukan jamannya lagi kita mengajar berdasarkan diktat kuliah serta keterangan dari dosen-dosen yang mengajar kita saat di universitas dahulu. Jaman berubah demikian cepat dan informasi bertambah terus menerus membuat sebuah ilmu menjadi cepat usang dan ketinggalan.

Menjadi seorang guru yang bertanggung jawab pada sebuah mata pelajaran membuat kita mesti selalu mengikuti perkembangannya dan bisa membuat pembelajaran yang kita lakukan tidak mengawang-awang, dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa sambil terus mencari metode pembelajaran yang bisa meningkatkan rasa tanggung jawab siswa sebagai pembelajar.

Caranya adalah dengan mulai menganggap mata pelajaran yang kita ajarkan tidak berdiri sendiri. Ini artinya akan jauh lebih mudah bagi guru untuk membelajarkan siswa nya jika bekerja sama dengan bidang lain. Dengan teknologi misalnya, apapun mata pelajaran yang anda akan ajarkan, akan makin berarti bagi siswa jika ditampilkan dengan melibatkan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s