Lakukan refleksi, cara gampang menjadi guru jempolan

Saat mempersiapkan bahan ajar, sebagai guru kita senang sekali untuk menggunakan bahan ajar atau metode pembelajaran yang pasti berhasil dan sudah pernah kita lakukan. Hal tadi tidak lah buruk mengingat anda adalah orang yang bertanggung jawab sepenuhnya pada pembelajaran di kelas anda. Namun guru yang professional adalah guru yang mau belajar dari pengalaman dan mau berefleksi atas praktek pengajaran yang sudah ia lakukan.

Praktek berefleksi ini penting sebab dengan demikan guru jadi tahu bagian mana yang sudah berjalan dengan baik serta bagian mana yang membutuhkan peningkatan. Saat guru sadar ada yang perlu ditingkatkan maka guru akan menjadi orang yang berpikiran terbuka mau mencari ide baru dan menerima saran dari orang diluar dirinya. Semua saran akan senang hati diterimanya bahkan jika itu datang dari siswa nya sendiri atau orang –orang diluar ilmu pendidikan.

Jika praktek ini sudah berjalan maka guru akan manjadi sesorang yang haus ilmu dan semakin terlatih instingnya akan pengajaran dan pembelajaran yang baik, yang pada gilirannya nanti akan menjadi guru yang profesional di bidangnya. Kepada orang tua pun, guru akan menjadi orang yang berikiran terbuka akan masukan dan ide demi menjadikan pembelajaran yang dilakukan di kelas menjadi bermakna dan berorientasi ke masa depan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s