Guru yang profesional adalah guru yang siap dan mau berubah

Guru yang professional adalah dambaan semua pihak di negeri ini yang peduli dengan mutu pendidikan. Tidaklah mengherankan karena guru adalah ujung tombak dari pembelajaran di kelas. Ditangannyalah keberhasilan pembelajaran dan pengajaran ditentukan.

Pemerintah melalui program sertifikasi yang diselenggarakan serentak sejak tahun 2007 telah berusaha mengatur dan memberi arahan bagi guru agar sejajar dengan profesi lainnya misalnya dokter, insinyur dan lain sebagainya dalam hal sertifikasi dan kompetensi.

Terlepas dari usaha pemerintah untuk memajukan profesi guru , sebenarnya di tangan guru sendiri lah usaha untuk menjadi seorang yang professional di usahakan dan dijalankan. Sudah bukan jamannya lagi kita sebagai guru mengharapkan pihak lain menjadikan diri kita sebagai seorang yang professional. Walaupun memang sudah merupakan tugas negara lewat pelatihan penataran, lokakarya membina guru dan menjadikan guru semakin ahli dalam bidangnya. Namun kemajuan yang sesungguhnya datang dari pihak yang menjadi subyek kemajuan itu sendiri yaitu guru.

Mari kita melepaskan diri dari mental ‘merasa cukup’ dalam hal kemajuan dalam usaha menjadi seorang yang professional. Dunia bergerak terus menuju kearah kemajuan dan perbaikan dalam segala bidang , bahkan dalam kecepatan yang menakjubkan. Jika semua bidang sedang bergerak ke depan dan semakin hari semakin baik dalam memberikan pelayanan, kenapa tidak dunia yang kita jalani sekarang yaitu dunia pendidikan juga bergerak kearah yang makin lama makin maju dan makin baik.

Usaha menjadi professional tidak berlangsung begitu saja dan hanya dalam hitungan hari. Usaha menjadi professional membutuhkan tenaga dan energi yang konstan agar tidak putus di tengah jalan. Bayangkan jika kita sebagai guru mudah putus semangat dan ‘merasa cukup’, yang terjadi adalah kita telah menjerumuskan siswa karena ditangan kita sebagai guru, masa depan mereka diarahkan dan difasilitasi agar mendekati harapan semua pihak yang ada di sekeliling siswa. Bayangkan di masa depan siswa akan menggeluti bidang pekerjaan yang mungkin sekarang belum ada dan dalam bidang pekerjaan nya nanti mereka akan menggunakan teknologi yang sekarang belum ditemukan.

Jadi ayo berubah…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s