Pelatihan komputer dan internet, gratis untuk guru

Jumat tanggal 30 Oktober 2009 saya berkesempatan memenuhi undangan lembaga nirlaba ICT watch untuk berdiskusi mengenai penyelenggaraan pelatihan guru. Untuk lebih jelasnya saya kutipkan situs ICT watch;

Pelatihan komputer dan internet untuk guru-guru sekolah memulai debutnya, Jumat (16/10/2009) lalu. Sepuluh orang guru dari sekolah sekitar datang  ke basecamp ICT Watch untuk menggali ilmu tentang pemanfaatan komputer dan Internet untuk belajar-mengajar.

Pelatihan ini merupakan salah satu program Internet Sehat versi rakyat yang mengusung tema “Open Community for Open Knowledge”. Artinya, kegiatan berbagi ilmu pengetahuan ini didasari semangat pemberdayaan masyarakat, dilakukan dari komunitas, oleh komunitas dan untuk komunitas. Satu lagi, tujuan kegiatan ini murni non-profit!

Pelatihan perdana yang berlangsung satu jam, terasa tak cukup. Sebab, meskipun materi yang disampaikan adalah baru sebatas perkenalan awal, mayoritas guru yang ikut pelatihan bisa dibilang masih belum familiar dengan piranti komputer. Beberapa diantaranya bahkan ada yang sama sekali belum pernah mengoperasikan komputer.

“Saya senang sekali boleh belajar komputer di sini. Saya nggak mau gaptek dan ketinggalan dengan anak-anak murid yang sudah lebih pintar memakai komputer”, cetus salah seorang guru peserta pelatihan tersebut.

pelatihan-guru

Para guru antusias menyimak pemaparan singkat tim pengajar tentang komputer, perangkat keras (hardware) komputer dan fungsinya. Mereka seakan tak sabar untuk dapat segera mempraktekkan cara mengoperasikan komputer. Pengenalan jenis-jenis software, serta sistem operasi open source maupun proprietary termasuk plus-minusnya, pun mereka dapatkan.

2 Kali per Minggu

Untuk selanjutnya, pelatihan akan dilakukan rutin 2 kali per minggu, setiap Rabu (pukul 12.30 – 13.30 WIB) dan Jumat (pukul 10.30 – 11.30 WIB). Materi yang akan diajarkan antara lain: (1). pengenalan komputer dan sistem operasi, (2). aplikasi perkantoran fundamental, (3). pemanfaatan internet untuk menunjang aktifitas pendidikan, dan (4). blog sebagai sarana belajar mengajar.

Setiap peserta dibekali modul pelatihan secara gratis. Adapun materi modul diperoleh dari situs IlmuKomputer.com


pelatihan-komp-guru2

Pun bagi Bapak-Ibu Guru atau sekolah yang ingin ikut pelatihan seperti di atas, silakan menghubungi kami. Kami akan menjadwalkannya sesuai kebutuhan pelatihan.

Keterangan foto: suasana pelatihan di ICT Watch (atas), foto bersama dengan bapak-ibu guru usai pelatihan (bawah)

Senang sekali saya bisa bertemu dan berdiskusi dengan komunitas yang ada dan sama-sama diundang untuk membicarakan rencana melanjutkan pelatihan guru ini. Harapan saya agar para guru bisa memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk belajar dan mendalami teknologi yang bisa membantu menyajikan pembelajaran yang lebih menarik di kelas.

Rasa hormat dan salut saya untuk lembaga ICT watch yang telah memulai dan ingin melanjutkan program yang baik ini bagi para guru. Untuk mendaftar dan bertanya lebih lanjut mengenai program ini silahkan mencermati alamat dan nomor telepon di bawah ini

ICT Watch (Internet Sehat)

Perumahan/Jalan Rawa Bambu I, No.B/10, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12520, Indonesia

Telepon 021 – 98495770


Posted in Tak Berkategori

3 thoughts on “Pelatihan komputer dan internet, gratis untuk guru

  1. mas tukeran link yuk??
    tar pasang link saya…
    trus konfirmasi ke saya.
    tar saya pasang linknya punya mas di blog saya gmn???
    terima kasih

    Ok link nya sudah saya pasang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s