Bagaimana menandai bahwa di sebuah sekolah sudah terjadi bullying, baik yang terselubung atau yang terang-terangan.

Mengenali dan membaui bahwa di sebuah kelas atau sekolah sudah terjadi praktek bullying bukan perkara yang mudah. Apalagi jika belum ada kesadaran bahwa praktek-praktek bullying sangat berpengaruh pada kesuksesan pembelajaran di sekolah. Karena sekali lagi sebuah sekolah yang baik bukan mengenai bagus atau lengkapnya fasilitas, gedung yang mewah atau guru yang berasal dari perguruan tinggi terkenal, namun sekolah yang baik menomor satukan siswa dalam segala hal. Dalam hal perasaan serta dalam hal pembelajaran.

Dibawah ini adalah daftar yang mungkin bisa membantu anda mengenali indikasi bahwa di sebuah sekolah sudah terjadi praktek bullying

  • Saat membicarakan guru, orang tua atau siswa  membagi guru menjadi 2 bagian, guru galak atau tidak galak.
  • Mentolerir guru-guru pelajaran sains dan matematika serta (mungkin) pelajaran lain menjadi guru yang galak saat mengajar.
  • Komunitas sekolah tidak bisa membedakan antara guru yang galak atau guru yang tegas.
  • Sekolah tidak mencari akar masalah dari kasus pemalakan antar teman, minta barang teman dengan paksa, siswa mendadak tidak mau sekolah, perkelahian, dan hal-hal lain yang sebenarnya memberikan signal adanya bullying.
  • Sekolah cenderung menyamaratakan kejadian yang sifatnya negatif di sekolah hanya sebagai kenakalan siswa, tanpa mau menyelidik ke akar masalah.
  • Siswa nakal mendapat perhatian, sementara siswa baik tidak mendapat penghargaan (dianggap sebagai sebuah kewajaran)
  • (hanya terjadi pada guru-guru tertentu) Siswa terdiam saat guru tersebut memasuki kelas.

Beberapa indikator di atas, sengaja saya hanya memberikan gambaran singkat saja. Tidak nyata-nyata merujuk pada perbuatan yang mengarah pada bullying seperti, mengancam memukul menendang menyebarkan fitnah dan sederet perilaku fisik maupun mental yang bertujuan membuat korbannya tidak nyaman.

Indikator diatas sedikit banyak bercerita betapa gambaran bahwa praktek bullying bisa dan akan terjadi jika hal-hal yang saya uraikan diatas menjadi hal yang dianggap normal dan menjadi suatu kewajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s