Menjadi narasumber bagi LKBN ANTARA mengenai bullying di sekolah

Satu lagi kesempatan yang saya peroleh dalam kaitannya dengan semangat untuk berbagi dengan dunia pendidikan dan pada sesama guru. Ibu Zita Meirina, redaktur artikel dan Kesra di Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA, mengontak saya untuk dimintakan pendapatnya mengenai sebuah isu yang akan diangkat menjadi liputan khusus.

Memang setiap minggu Departemen Produksi Berita Khusus dan Kesra Redaksi LKBN ANTARA menurunkan liputan-liputan berupa artikel dengan mengangkat tema tertentu . Kali ini yang menjadi salah satu tema adalah  tentang rencana pemerintah menerapkan program induksi bagi guru-guru baru sebelum  melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas, yang salah satu progamnya adalah mencegah guru-guru yang baru mulai mengajar, menjadi pelaku atau orang yang mentolerir bullying di sekolah.

Tidak mudah bagi para guru baru untuk langsung mengajar dan bersikap professional di saat awal-awal mereka mengajar. Untuk itu dukungan pemerintah sangat diperlukan dalam hal ini. Saya merasa senang sekali bisa urun rembuk mencari solusi yang terbaik agar program induksi yang dijalankan pemerintah bisa berjalan efektif dan tercapai sasaran.

Beberapa pertanyaan yang diajukan kepada saya antara lain mengenai;

  • Pendapat saya sebagai seorang guru apakah kondisi yang terjadi memang demikian?
  • Bagaimana pengalaman saya terkait tindakan guru yang dapat diaktegorikan sebagai bullying?
  • Pendapat saya mengenai hal apakah yang melatarbelakangi tindakan sejumlah guru kepada murid yang dapat dikategorikan sebagai bullying?
  • Pendapat saya mengenai rencana Depdiknas menerapkan kebijakan program induksi bagi guru baru? Dan bagaimana kondisi di sekolah swasta?

Kesempatan wawancara ini semakin memacu saya untuk menjadi guru yang bisa bersikap sebagai praktisi yang realistis dan kontekstual.

Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

