Guru dari planet Venus, orang tua siswa dari planet Mars (serial tulisan ‘bagaimana mengelola orang tua siswa’)

Duka mendalam saya rasakan saat menulis serial tulisan ini. Gempa di Sumbar semakin mengingatkan kita untuk berbagi dan menyadari fenomena alam. Untuk semua keluarga korban semoga di beri kekuatan, dan semoga semua yang menjadi korban diberikan tempat yang layak di sisinya, yang terluka semoga segera disembuhkan seperti sedia kala. Amin

Masih ingat judul buku yang mirip judul di atas? Buku karangan John Gray  membuat banyak perbedaan bagi saya waktu pertama kali membacanya. Intinya dalam komunikasi memang membawa banyak implikasi dan keruwetan tersendiri. Karena dari asalnya saja berbeda, maka cara berkomunikasinya pun beda.

Guru misalnya selalu mencap bahwa orang tua tahunya hanya mengeluhkan kinerjanya. Sementara orang tua siswa merasa kurang terus atas apa yang sekolah dan guru perbuat untuk anaknya.

Sebenarnya bisakah kedua kutub tersebut di satukan. Jawabannya tergantung kedua belah pihak dan ditengahnya ada sekolah sebagai institusi yang sudah dipercaya orang tua siswa. Jika orang tua siswa dan guru bisa bersinergi, akan lengkaplah fungsi sekolah sebagai penyedia jasa pendidikan dan bisa memenuhi harapan orang tua untuk menyiapkan putra-putrinya demi masa depan yang lebih baik.

Serial tulisan ini akan membantu anda membuka cakrawala dalam berkomunikasi dengan orang tua siswa. Mari kita ingatkan diri kita bahwa  usaha memupuk kemitraan antara guru dan orang tua bagaikan kerja yang tiada akhir dan lelah. Itulah sebabnya sekolahyang efektif dan guru yang profesional memasukkan hal ini menjadi agenda yang utama.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s