7 panduan dalam memperlakukan orang tua siswa

Orang tua dari siswa kita di kelas adalah individu dewasa yang berumur sama, lebih senior mungkin usianya dengan kita sebagai guru atau malah lebih yunior. Orang tua siswa kita mungkin ada pada tingkat ekonomi dan pendidikan yang lebih dari kita atau malah sebaliknya, mereka kurang segala-galanya.

Siapapun mereka dan apa tingkat ekonomi dan pendidikan mereka, sebagai individu dewasa mereka mempunyai impian dan keinginian akan jadi seperti apa kelak anak-anaknya.

Jika kebetulan ada salah satu anak nya ada di kelas kita maka sebuah tugas berat menanti di depan mata. Namun semuanya akan jadi ringan apabila anda memperhatikan beberapa prinsip dalam memperlakukan orang tua.

  1. Silahkan bersikap menjadi ‘orang yang paling tahu’ mengenai pembelajaran siswa kita di hadapan orang tuanya, tapi hindari menjadi ‘orang yang paling tahu segalanya’ alias ‘sok tahu’
  2. Mau mendengarkan aspirasi orang tua siswa kapan pun dimana pun. Ini akan   mempermudah kita dalam mendidik anak-anaknya. Juga bagi mudah bagi kita sebagai guru untuk membawa aspirasi tersebut sebagai tambahan informasi saat berbicara dengan siswa kita.
  3. Perlakukan semua orang tua siswa kita sama. Jangan hanya karena orang tua tersebut senang memberi hadiah kepada kita di hari raya maka di depannya kita bermanis muka, atau sebaliknya.
  4. Gunakan bahasa tubuh yang standar dalam dunia professional, seperti menjabat tangan dengan erat, senyum, kontak mata, bicara tidak terlalu cepat serta hal-hal lain yang membuat kita sebagai guru menjadi terlihat lebih professional.
  5. Orang tua siswa kita bisa berasal dari profesi apapun. Untuk itu hindari istilah pendidikan yang rumit saat berbicara dengan mereka.
  6. Jadi orang yang paling mengerti bagi keterbatasan-keterbatasan yang mereka miliki, misalnya keterbatasan waktu, biaya (tingkat ekonomi), tingkat pendidikan serta hal-hal lain yang sifatnya manusiawi.
  7. Gunakan cara informasi yang beragam agar mudah terjangkau dan menjangkau orang tua siswa. Anda punya halaman di facebook, twitter atau yang lain. Jika berkenan silahkan berikan alamatnya pada orang tua siswa.

(Tulisan ini adalah bagian dari serial tulisan ‘bagaimana mengelola orang tua siswa’) 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s