Guru kreatif – Guru penggerak – Demi pendidikan Indonesia yang lebih baik
Fakta mengenai pembelajaran tematik (Refleksi dari pelatihan pembelajaran tematik di Sekolah Islam terpadu Al Hikmah Depok dan Sekolah Islam Al Kaffah Harapan Indah Bekasi)
Bagaimana kita dapat menyiapkan siswa kita untuk dunia di masa depan, bukan dunia yang kita tinggal saat ini?
Pembelajaran tematik biasa di gunakan di tingkat Sekolah dasar. Banyak pihak mengatakan tipe pembelajaran ini mengacu pada apa yang sudah lama di terapkan di tingkat taman kanak-kanak. Diknas memberikan aturan bahwa kelas 1 dan 3 yang disarankan untuk menggunakan tipe pembelajara tipe ini. dari pelatihan bersama SDIT AL Hikmah Pancoran Mas Depok dan Sekolah Islam Al Kaffah Bekasi Juli dan Agustus lalu, saya hantarkan beberapa fakta mngenai pembelajaran tematik
Brainstorming secara bersama-sama (AL Hikmah Depok)
Sekolah Al Kaffah Harapan Indah Bekasi
pembelajaran tematik apa saja ciri-cirinya
Integrasi mata pelajaran
Kreatifitas
Kerjasama/tim work antar guru satu kelas paralel atau year level yang sama
Melibatkan pihak lain (orang tua/nara sumber)
Berpusat pada siswa
kontekstual
Kelengkapan dalam merancang pembelajaran tematik
Standar Isi (SK dan KD)
Silabus
Program Semester
Tematik (tiap level)
Spider web—pengintegrasian tema
Unit plan
RPP
Implementasi
Evaluasi/refleksi
Presentasi kelompok di Al Kaffah Bekasi
Hal-hal yang perlu menjadi catatan
Jangan terjebak dengan keberagaman tema dalam pembelajaran tematik—mari lihat standar isi sebelum merencanakan tema apa yang ingin dihantarkan.
Menggunakan pendekatan belajar aktif
Mengembangkan sikap inkuiri siswa misalnya dengan melakukan banyak kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa
Sekolah menentukan jadwal tematik dalam setahun, tema apa saja yang akan dihadirkan mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 atau kelas 5 (kelas 6 biasanya sudah sibuk dengan persiapan ujian nasional) ini dilakukan demi mencegah agar tidak ada tumpang tindih dalam hal pemilihan tema. Dalam menentukan tema, ingat prinsip spiral artinya semakin kelas besar, maka topiknya makin dalam dan kompleks.
Dibutuhkan kemauan dari pihak sekolah untuk bisa bekerja sama dan bekerja dalam tim yang kecil untuk mengerjakan kurikulum mata pelajaran yang nantinya akan dijadikan dokumen sekolah. Dari matematika sampai bahasa Indonesia serta semua pelajaran yang diajarkan, sebaiknya sekolah memiliki dokumennya sendiri.
Presentasi kelompok di sekolah Al Kaffah harapan Indah Bekasi
Semangat mengikuti pelatihan dan menimba ilmu (al Hikmah Depok)
7 tanggapan untuk “Fakta mengenai pembelajaran tematik (Refleksi dari pelatihan pembelajaran tematik di Sekolah Islam terpadu Al Hikmah Depok dan Sekolah Islam Al Kaffah Harapan Indah Bekasi)”
saya guru mi di banyumas ingin menerapkan tematik tetapi masih bingung karena banyak hal… boleh minta saran atau petunjuk
Alangkah berbahagianya ilmu yang anda miliki sangat dimanfaatkan bagi yang membutuhkan mudah-mudahan apa yang anda tuangkan dalam situs ini bertambah ilmunya , sehingga orang yang membutuhkan dapat mudah mencarinya.
usta dan ustdzah saya kirim salm buat ustz rani,yeti,wiji ,nani,,ust djanu ,ujang ,firman ,semua nya deh susah nebutinya?
[ichsan ramadhan ]alumni angkatan3 skarang
di gontor
Kurikulum 13 (K13), merupakan minset yang berubah pola pengawasan kepada siswa secara detil dari mulai kegiatan proses pembelajaran sampai akhir dari proses pembelajaran, K13 sangat cocok dengan fikiran saya, pola- pola lama yang sudah mengkristal akan sulit dirubah perlu waktu. Pendekatan tematik salah satu cara untuk merubah pola pembelajaran
Utk tingkat SD pembelajaran tematik memang mestinya dilakukan, dikarenakan saat yg sama siswa belajar mengasah karakter yang baik sekaligus belajar materi pembelajaran dgn cara menyenangkan
saya guru mi di banyumas ingin menerapkan tematik tetapi masih bingung karena banyak hal… boleh minta saran atau petunjuk
jazakumullah khair
saya guru mi di banyumas ingin menerapkan tematik tetapi masih bingung karena banyak hal… boleh minta saran atau petunjuk
Silahkan pak Dedi, ini email saya
a.sampurno@gmail.com
Alangkah berbahagianya ilmu yang anda miliki sangat dimanfaatkan bagi yang membutuhkan mudah-mudahan apa yang anda tuangkan dalam situs ini bertambah ilmunya , sehingga orang yang membutuhkan dapat mudah mencarinya.
thanks mas Awan atas doanya
ustad dan ustadzah jangan lupain alumni sdit angkatan 3 ya…….?
usta dan ustdzah saya kirim salm buat ustz rani,yeti,wiji ,nani,,ust djanu ,ujang ,firman ,semua nya deh susah nebutinya?
[ichsan ramadhan ]alumni angkatan3 skarang
di gontor
Kurikulum 13 (K13), merupakan minset yang berubah pola pengawasan kepada siswa secara detil dari mulai kegiatan proses pembelajaran sampai akhir dari proses pembelajaran, K13 sangat cocok dengan fikiran saya, pola- pola lama yang sudah mengkristal akan sulit dirubah perlu waktu. Pendekatan tematik salah satu cara untuk merubah pola pembelajaran
Utk tingkat SD pembelajaran tematik memang mestinya dilakukan, dikarenakan saat yg sama siswa belajar mengasah karakter yang baik sekaligus belajar materi pembelajaran dgn cara menyenangkan