Fakta mengenai pembelajaran tematik (Refleksi dari pelatihan pembelajaran tematik di Sekolah Islam terpadu Al Hikmah Depok dan Sekolah Islam Al Kaffah Harapan Indah Bekasi)

Bagaimana kita dapat menyiapkan siswa kita untuk dunia di masa depan, bukan dunia yang kita tinggal saat ini?

Pelatihan Agus sampurno pembelajaran tematik 1

Pembelajaran tematik biasa di gunakan di tingkat Sekolah dasar. Banyak pihak mengatakan tipe pembelajaran ini mengacu pada apa yang sudah lama di terapkan di tingkat taman kanak-kanak. Diknas memberikan aturan bahwa kelas 1 dan 3 yang disarankan untuk menggunakan tipe pembelajara tipe ini. dari pelatihan bersama SDIT AL Hikmah Pancoran Mas Depok dan Sekolah Islam Al Kaffah Bekasi Juli dan Agustus lalu, saya hantarkan beberapa fakta mngenai pembelajaran tematik

Brainstorming secara bersama-sama
Brainstorming secara bersama-sama (AL Hikmah Depok)

 

Sekolah Al Kaffah Harapan Indah Bekasi
Sekolah Al Kaffah Harapan Indah Bekasi

 

 

pembelajaran tematik apa saja ciri-cirinya

  • Integrasi mata pelajaran
  • Kreatifitas
  • Kerjasama/tim work antar guru satu kelas paralel atau year level yang sama
  • Melibatkan pihak lain (orang tua/nara sumber)
  • Berpusat pada siswa
  • kontekstual

Kelengkapan dalam merancang pembelajaran tematik

  • Standar Isi (SK dan KD)
  • Silabus
  • Program Semester
  • Tematik (tiap level)
  • Spider web—pengintegrasian tema
  • Unit plan
  • RPP
  • Implementasi
  • Evaluasi/refleksi
al kaffah 2
Presentasi kelompok di Al Kaffah Bekasi

 

    Hal-hal yang perlu menjadi catatan

    Jangan terjebak dengan keberagaman tema dalam pembelajaran tematik—mari lihat standar isi sebelum merencanakan tema apa yang ingin dihantarkan.

    Menggunakan pendekatan belajar aktif

    Mengembangkan sikap inkuiri siswa misalnya dengan melakukan banyak kegiatan yang merangsang keingintahuan siswa

    Sekolah menentukan jadwal tematik dalam setahun, tema apa saja yang akan dihadirkan mulai dari kelas 1 sampai kelas 3 atau kelas 5 (kelas 6 biasanya sudah sibuk dengan persiapan ujian nasional) ini dilakukan demi mencegah agar tidak ada tumpang tindih dalam hal pemilihan tema. Dalam menentukan tema, ingat prinsip spiral artinya semakin kelas besar, maka topiknya makin dalam dan kompleks.

    Dibutuhkan kemauan dari pihak sekolah untuk bisa bekerja sama dan bekerja dalam tim yang kecil untuk mengerjakan kurikulum mata pelajaran yang nantinya akan dijadikan dokumen sekolah. Dari matematika sampai bahasa Indonesia serta semua pelajaran yang diajarkan, sebaiknya sekolah memiliki dokumennya sendiri.

     

    Presentasi kelompok di sekolah Al Kaffah harapan Indah Bekasi
    Presentasi kelompok di sekolah Al Kaffah harapan Indah Bekasi

     

    Pelatihan Agus sampurno pembelajaran tematik 3
    Semangat mengikuti pelatihan dan menimba ilmu (al Hikmah Depok)

     

    Refleksi di luar ruang
    Refleksi di luar ruang (Al Hikmah Depok)

    Penulis: agusampurno

    Mitra menuju sekolah efektif dan guru profesional

    7 tanggapan untuk “Fakta mengenai pembelajaran tematik (Refleksi dari pelatihan pembelajaran tematik di Sekolah Islam terpadu Al Hikmah Depok dan Sekolah Islam Al Kaffah Harapan Indah Bekasi)”

    1. Alangkah berbahagianya ilmu yang anda miliki sangat dimanfaatkan bagi yang membutuhkan mudah-mudahan apa yang anda tuangkan dalam situs ini bertambah ilmunya , sehingga orang yang membutuhkan dapat mudah mencarinya.

      thanks mas Awan atas doanya

    2. usta dan ustdzah saya kirim salm buat ustz rani,yeti,wiji ,nani,,ust djanu ,ujang ,firman ,semua nya deh susah nebutinya?
      [ichsan ramadhan ]alumni angkatan3 skarang
      di gontor

    3. Kurikulum 13 (K13), merupakan minset yang berubah pola pengawasan kepada siswa secara detil dari mulai kegiatan proses pembelajaran sampai akhir dari proses pembelajaran, K13 sangat cocok dengan fikiran saya, pola- pola lama yang sudah mengkristal akan sulit dirubah perlu waktu. Pendekatan tematik salah satu cara untuk merubah pola pembelajaran

      1. Utk tingkat SD pembelajaran tematik memang mestinya dilakukan, dikarenakan saat yg sama siswa belajar mengasah karakter yang baik sekaligus belajar materi pembelajaran dgn cara menyenangkan

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: