Siswa mengulang kembali pengetahuannya dengan membuat presentasi

karya siswa kelas 3 mengenai percobaan dengan kacang hijau
karya siswa kelas 3 mengenai percobaan dengan kacang hijau

Ingin tahu bagaimana siswa kelas 3 merasa senang saat melaksanakan percobaan dengan menanam kacang hijau, caranya gampang, simak saja slide show nya. Saya memang meminta mereka menjelaskan tahap demi tahap percobaan dengan kacang hijau yang telah mereka lakukan.

Dengan program power point dalam suasana kelas yang konstruktif mereka membuat tahap apa saja dalam percobaan yang telah mereka lalui dalam percobaan menanam kacang hijau.

Saya ingin menerangkan mengapa saya mengatakan dalam suasana kelas yang konstruktif, dikarenakan siswa secara indivudual berpikir keras mengenai tahap yang sudah mereka lalui saat melakukan percobaan, sambil tetap bisa berdiskusi dengan teman di sebelahnya jika ada kesulitan teknis yang menghambat. Saya sangat memperhitungkan mengenai hal ini dikarenakan kali ini siswa mempergunakan dua piranti lunak saat bersamaan.

Dalam slide yang siswa buat, siswa menggabungkan kemampuan menggambar serta keterampilan dalam menyesuaikan diri dengan program powerpoint yang sedikit banyak berbeda dengan program yang mereka sudah kuasai sebelumnya.

Saya tetap mengunakan prinsip ‘berbagi pengetahuan’ dalam pembelajaran ini. Salah satu contoh yang menarik adalah dalam satu kesempatan saya minta mereka memulai pembelajaran tanpa bekal pengetahuan yang cukup dari saya. Hal ini saya sengaja untuk membuat mereka berpikir keras dan menjadi tahu apa yang mereka tidak tahu. Setelah 15 menit berjalan saya minta mereka untuk duduk di karpet dan satu demi satu siswa mengatakan apa yang mereka belum tahu dan masih kurang jelas. Saat semuanya sudah selesai mengutarakan apa yang menjadi kesulitan, saya tinggal memasangkan dengan siswa yang mengerti. Jadilah dalam waktu yang tidak terlalu lama semua siswa yang mengalami kesulitan bisa terbantu, bukan oleh saya melainkan oleh rekannya sendiri. Karena terkadang siswa bisa jauh lebih mengerti jika temannya sendiri yang menjelaskan.

Saat berlangsungnya mid semester conference yang baru lalu, orang tua yang hadir terkesan dengan bagaimana putra-putrinya bisa menggunakan program power point dengan cara yang menyenangkan. Maklum bagi orang tua, power point merupakan program ‘serius’ yang hanya akan digunakan untuk presentasi kepada klien.

(Tulisan ini dibuat dalam ‘seri refleksi pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi cawu pertama tahun ajaran 2009-2010)

2 thoughts on “Siswa mengulang kembali pengetahuannya dengan membuat presentasi

  1. Pembelajaran kreatif dan bermakna.

    Trimakasih Pak Agusampurno.

    Suatu inspirasi semoga diadopsi guru2 lainnya.


    Thanks Pak Umar
    thanks sudah mampir

Tinggalkan Balasan

