Siswa kelas 1 memberi makna pada karya illustrasinya di komputer

Salah satu karya siswa kelas 1
Salah satu karya siswa kelas 1

Kelas 1 di awal tahun ajaran ini belajar mengenai tema ‘keluarga’. Dalam pelajaran komputer saya mencoba memberikan mereka tugas untuk menggambar keluarga dengan menggunakan program kidspiration (jika anda belum mempunyai program ini silahkan menggunakan program paint yang pasti ada di setiap komputer). Menarik sekali melihat bagaimana siswa menggambar keluarga mereka sendiri. Karya ini digunakan juga untuk portfolio.

Bagi siswa yang sudah bisa membedakan huruf, saya memotivasi mereka untuk menamai gambar keluarga yang siswa buat.  Bahkan untuk siswa yang sudah lancar membuat kalimat, saya minta mereka untuk membuat paragraph singkat.

Siswa kelas 1 belum mempunyai password dan username sendiri, dengan demikian mereka menggunakan nama kelas nya sebagai username. Sejak minggu ketiga saya meminta siswa untuk mengetik, dengan contoh di papan tulis, username untuk mereka ketik di komputer.

Siswa masih dibantu untuk menyimpan karyanya di folder yang telah disediakan atas namanya. Guru asisten kelas 1 yang membantu saya adalah Ibu Maria, Ibu Diana dan Ibu Anna. Saya terkesan sekali dengan cara mereka memperkuat apa yang sudah saya jadikan peraturan di kelas semisal ‘bertanya kepada teman di sebelah mu sebelum bertanya kepada guru’. Peraturan tersebut sangat efektif untuk meredam kegaduhan saat siswa bingung mengenai langkah apa yang mesti mereka lakukan di komputer.

Karya siswa yang dijadikan portfolio di cawu ini adalah gambar keluarga mereka. Hal yang dinilai adalah bagaimana kemandirian siswa saat bekerja, kemampuan untuk mengambil gambar dari koleksi gambar yang ada di program serta bagaimana siswa memperbesar atau mengecilkan gambar.

(Tulisan ini dibuat dalam ‘seri refleksi pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi cawu pertama tahun ajaran 2009-2010)

Posted in Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s