Refleksi cawu 1 tahun ajaran 2009-2010

Ada yang baru di tahun ajaran ini untuk saya sebagai guru yang mengajar untuk siswa TK sampai kelas 6. Hal itu adalah kewajiban untuk membuat  refleksi mengajar selama seminggu dari pihak pimpinan sekolah tempat saya berkarya.

Tadinya saya menganggap bahwa tugas tersebut sebagai tugas administrasi tambahan yang membebani. Tetapi saya berusaha berpikir positip bahwa hal itu memang berguna agar saya selalu bisa berkaca dalam memberikan yang terbaik di kelas bagi siswa saya. Maklum selayaknya manusia yang selalu menyukai zona nyaman, saya terkadang senang melakukan yang pasti-pasti saja tanpa mau mencoba kemungkinan pengembangan lain yang mungkin saja bisa membawa perbaikan kualitas dalam mengajar.

Hikmahnya saya menemukan bahwa refleksi saya bisa sebagai tambahan tulisan di blog ini. Dengan demikian, mudahlah bagi saya untuk selalu bisa meng update blog ini dengan teratur, karena ada sumber tulisan yang selalu tersedia. Ibaratnya kegiatan blog tetap berjalan terus, dan kewajiban administrasi di sekolah juga tetap bisa berjalan.

Term atau catur wulan pertama telah berakhir, portfolio sebagai penyerta kegiatan mid semester conference juga sudah saya luncurkan untuk 18 kelas yang saya pegang.

Hanya untuk anda saya akan membagi apa yang telah saya lakukan selama beberapa minggu di cawu 1 tahun ajaran 2009-2010. Silahkan menikmati seri tulisan setelah posting ini.

Posted in Tak Berkategori

2 thoughts on “Refleksi cawu 1 tahun ajaran 2009-2010

  1. sebuah mekanisme kinerja yang layak dibudayakan agar para guru tidak hanya menjalani profesi ala kadarnya, masalahnya adalah bagaimana bentuk refleksi mengajar yang tidak dianggap sebagai tambahan beban?
    tolong format yang mas agus lakukan bisa dikirim jika berkenan… trim

  2. Suatu repleksi pembelajaran dilakukan adalah mekanisme pembelajaran yang merujuk kepada manajemen kelas, saya memberikan masukan untuk kita semua, untuk evaluasi kita menggunakan sistem manual mutu yang berpedoman kepada : apa yang kamu rencanakan ditulis, apa yang kamu tulis kerjakan, apa yang kamu kerjakan di evaluasi, hasil evaluasi di kerjakan “….

    3 Hal yang menarik Pak Gun, terima kasih

Tinggalkan Balasan

