Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi cawu pertama di TK A- TK B

Salah satu karya siswa kelas TK B
Salah satu karya siswa kelas TK B

Kelas yang saya ajar banyak diwarnai oleh hadirnya siswa baru. Bagi siswa TKA dan TKB masuk ke ruangan saya yang penuh dengan komputer akan membuat mereka antusias. Untuk itu diperlukan prosedur bagaimana masuk dan keluar dari ruang komputer dengan teratur, dan yang terpenting tidak berlari-lari di dalam ruangan saat masuk atau saat pekerjaan mereka sudah selesai.

Guru asisten yang membantu saya dari kelas TKA dan TKB yaitu bu Natalie, ibu Kania dan Ibu Dini sangat membantu saya dalam memberikan pengajaran pada siswa yang saya ajar. Mereka dengan sabar menemani dan memberikan pengarahan saat saya sedang sibuk membantu siswa yang lain. Secara tim kami bekerja dengan baik dan bisa menyelenggarakan pembelajaran IT untuk siswa yang baru belajar mengenal dan mengoperasikan komputer.

Materi yang diberikan meliputi pengenalan bagian-bagian dari komputer dan beberapa latihan agar siswa mahir menggunakan mouse dan mencari program yang mereka ingin gunakan. Siswa juga menggunakan website atau piranti lunak yang khusus diperuntukkan untuk mengenal keyboard, mengasah keterampilan mereka menggambar sesuatu obyek di layar komputer sebagai portfolio di cawu ini.

(Tulisan ini dibuat dalam ‘seri refleksi pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi cawu pertama tahun ajaran 2009-2010)

Posted in Tak Berkategori

One thought on “Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi cawu pertama di TK A- TK B

Tinggalkan Balasan

