Jadi guru itu enak sebab banyak liburnya

 

Foto dari polda jatim
Polisi bertugas mengatur arus mudik

Selamat Idul fitri 1430 H untuk semua pembaca dan para peserta pelatihan gurukreatif, dimana saja anda berada. Dari lubuk hati yang terdalam saya ucapkan mohon maaf lahir dan batin.

Saat bersilaturahmi dengan banyak kerabat dan rekan, seperti biasa kalimat pembuka yang di luncurkan adalah “sampai kapan libur?” atau “kapan masuk kerja?” yang di ikuti oleh rasa keheranan lawan bicara saya ketika saya sebutkan kapan saya mulai masuk dan bekerja kembali pasca hari raya.

Biasanya kalimat tanggapan dari lawan bicara saya adalah “oh iya kamu kan guru ya..” Seringnya saya mendapat tanggapan seperti itulah yang membuat saya terpikir untuk membuat tulisan ini.

Jadi guru memang banyak liburnya, bayangkan saat siswa libur kita juga libur.  Belum lagi negara kita yang merayakan hari besar semua agama yang diakui. Ini menjadikan jumlah koleksi hari libur kita sebagai guru bertambah.

Namun di balik kenikmatan di atas, anda mungkin juga pernah merasakan sedihnya tidak bisa menemani putra atau putri tercinta, mengawali hari-hari pertamanya saat baru masuk sekolah. Dikarenakan pada saat yang sama sebagai guru kita juga harus mengawal kelas dan sekolah tempat kita mengajar. Saat mengambil rapot pun juga demikian dikarenakan kita sebagai guru juga harus bertugas di kelas.

Seperti semua hal yang ada di dunia ini semua ada plus dan minusnya. Sebagai guru mungkin kita juga punya hal-hal yang dipandang sebagai kelebihan oleh orang lain, padahal tetap saja dalam beberapa kesempatan kita sebagai guru masih menganggap orang lain dengan profesi yang lain punya banyak kelebihan.

Tulisan ini saya persembahkan untuk semua satuan tugas yang tetap bertugas saat semua orang bahagia berhari raya. Mereka adalah para polisi, dokter, perawat, pemadam kebakaran, dan semua petugas piket pada semua jasa pelayanan. Betapa saat mudik kemarin saya benar-benar merasakan betapa jasa dan dedikasi mereka sangat di butuhkan agar keriaan hari raya benar-benar terasa.

Semoga Allah SWT memberikan semua yang terbaik untuk anda sekalian. Doakan kami yang memilih profesi sebagai guru, agar selalu bisa istiqomah memberikan yang terbaik untuk anak didik dan bangsa ini. Amin.

Posted in Tak Berkategori

4 thoughts on “Jadi guru itu enak sebab banyak liburnya

  1. emang sih jdi guru itu banyak liburnya, ituk untuk guru bidang study tapi untuk staf kantor banyak kerjanya tiap hari harus masuk kantor. apalagi kalau sekolahnya yang baru berdiri harus urus ini urus itu

    Betul pak Hamdai, thanks sudah mampir

  2. Semua profesi punya kadar kerja sendiri-sendiri. Kalau jadi guru di bilang enak, maka ayo pada berlomba untuk jadi guru. Semakin banyak kompetitor semakin berkwalitaslah guru Indonesia. Tapi saya sebenarnya kurang sependapat jika ada pendapat mengatakan bahwa jadi guru enak karena banyak liburnya. Tugas guru bukan hanya mengajar di kelas, tetapi juga harus membuat administrasi yang mremet. Tugas administrasi inilah yang sering tidak dimengerti oleh mereka yang mengatakan jadi guru itu enak. Dengan beban mengajar 24 jam per minggu, tidak mungkin tugas admininstrasi dapat diselesaikan di sekolah pada jam kerja.
    Salam silaturahim dari saya yang juga seoarang guru.

    Baik terima kasih Pak Mursyid saya setuju 100 persesn dengan pendapat anda.
    Thanks atas masukannya

  3. saya rasa topik ini hanyalah selingan bin hiburan yang membuat profesi guru tetep semangat trus… terlebih meningkatkan kwalitasnya guna mencetak generasi kedepan yg tangguh dan bermartabat.
    GURU KAPANKAH KAU LIBUR LAGI…

    betul pak Fendi hanya ‘gimmick’ semata dari saya

Tinggalkan Balasan

