Twitter Mini Workshop di Global Jaya International School

Hari terakhir berdinas di bulan Ramadhan 1430 H saya berkesempatan untuk mengisi workshop singkat mengenai “twitter” di Global Jaya International School. Mereka yang hadir sangat antusias dan mau mencoba. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya umpan balik yang masuk serta banyak nya staff yang langsung membuat akun di twitter.

workshoptwitter2
Peserta workshop yang antusias untuk mencoba

workshop twitter untuk guru sekolah
workshop twitter untuk guru Global Jaya International School

workshoptwitter4Workshop Twitter untuk guru

Berikut ini beberapa fakta mengenai “twitter” serta hal apa saja yang guru bisa lakukan dengan situs jejaring sosial yang sekarang sedang banyak digunakan di seluruh dunia.

  1. Twitter adalah situs jejaring sosial yang hanya membatasi penggunanya untuk meng update status dalam 140 karakter.
  2. Dengan karakter yang terbatas membuat kita mampu dan berusaha menjadi komunikator yang efektif.
  3. Twitter adalah sarana yang tepat untuk terkoneksi dengan sesama pendidik di seluruh dunia
  4. Tanpa perlu harus mengikuti seminar yang mahal dan pergi ke luar negeri ‘twitter’ membantu kita untuk mengikuti posting atau sumber belajar yang terbaru dengan hanya mengikuti atau ‘follow’ orang yang kita kagumi dalam bidang kita.
  5. Ada banyak tempat untuk mencari sesama pendidik di twitter misalnya di situs http://justtweetit.com/education/
  6. Tulisah update twitter anda dalam bahasa Inggris maka anda akan punya kesempatan untuk bergaul dengan pendidik dari benua lain
  7. Jika anda punya Hand phone yang berakses internet mudah sekali bagi anda untuk terhubung dengan twitter
  8. Jika anda terhubung dengan sesama guru maka akan memudahkan anda untuk berbagi refkelsi serta dukungan dalam menghadirkan yang terbaik untuk anak didik.
  9. Twitter adalah ruang guru yang ‘virtual’ yang kapan saja bisa anda masuki dan berdiskusi dengan orang yang ada di dalamnya.
  10. Twitter bisa mengalahkan google dalam hal pencarian sesuatu, jika anda sudah mempunyai jaringan dalam akun anda maka dengan cepat pertanyaan yang anda sampaikan akan langssung di respon oleh orang yang ada di jaringan anda.
  11. Ada yang namanya ‘trending topics’ di twitter, membantu anda mengetahui apa yang sedang menjadi perbincangan hangat oleh orang-orang yang ada di twitter.
  12. 2 hal yang penting dari twitter, sarana berbagi pengetahuan dan mendapatkan umpan balik yang cepat dari pertanyaan yang anda ajukan.
  13. Pilih orang yang ‘spesial’ untuk anda ‘follow’ mereka bisa ahli dalam subyek pengajaran anda, ahli pendidikan serta orang-orang yang bisa membantu anda saat mengajar di kelas.
  14. Cuma butuh waktu 2 menit untuk membuat akun di twitter
Posted in Tak Berkategori

4 thoughts on “Twitter Mini Workshop di Global Jaya International School

  1. ternyata ada lagi yang baru ya dari twitter, ada yang mini lagi….melihat beberapa foto yang terpampang diblog ini kayaknya ini sangat profesional sekali….
    semoga ini bermanfaat bagi bangsa indonesia….

    Thanks sudah mampir

  2. apakah perlu pelatihan khusus untuk bisa menggunakannya..Pak Agus?

    Sebenarnya pelatihan ini hanya pengenalan singkat, untuk lanjutannya kembali dibutuhkan kemauan guru untuk bereksplorasi bu Komariah

  3. Trimakasih, bukan pak Agus kalo gak ada hal yang baru.Saya sudah punya akun cuma belum begitu aktif.Setelah baca tulisan diatas ternyata ada banyak hal yang bisa kita perbuat di twitter.Anyway thanks pak Agus.Sukses!

    Pak Rofiq yang baik, silahkan menggunakan akun twitternya dijamin akan mendapat banyak manfaat, terutama dalam mencari informasi, dalam beberapa segi bahkan mengungguli google.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s