Guru agama di sekolah, bertanggung jawab di tiga dunia pada siswa nya

Pelatihan internet dan blop pendidikan untuk guru Departeman agama04

Tulisan ini saya buat di sela-sela pelatihan pembelajaran internet dan pembuatan blog pendidikan. Saya hadir sebagai narasumber Direktorat Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Departemen Agama yang mengadakan kegiatan Penyusunan Bahan Ajar Pendidikan Agama Islam SD Berbasis Multimedia. Peserta kegiatan ini adalah Guru-guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam tingkat SD dari 33 provinsi dan pusat.

Ada hal yang menarik, ternyata guru -guru agama sekarang di banyak sekolah diberbagai tingkatan, bertanggung jawab pada siswa nya dalam 3 dunia. Mereka adalah dunia nyata alias perilaku dalam keseharian, dunia akhirat alias kehidupan setelah kematian serta ini yang sedang menjadi pokok bahasan yang hangat’ yaitu bagaimana mereka menjadi warga digital yang baik, akhlak dan perilakunya di dunia maya.

Pelatihan internet dan blop pendidikan untuk guru Departeman agama05Pelatihan internet dan blop pendidikan untuk guru Departeman agama06

Posted in Tak Berkategori

12 thoughts on “Guru agama di sekolah, bertanggung jawab di tiga dunia pada siswa nya

  1. Ada satu hal baru yang saya dapatkan dari pelatihan ini, bahwa kita para guru PAI, memang harus terus bergerak untuk berubah mendampingi anak-anak kita dalam mengikuti perkembangan jaman,khususnya perkembangan dunia maya, agar mereka,para generasi bangsa ini tetap eksis dengan iptek tanpa melupakan ruhiyahnya/dunia akhirat (QS Al Qashas 77),jazakumulloh pak Agus..

  2. assalamu’alaikum.Pak Agus Alhamdulillah pelatihan yang bapak berikan ilmunya sangat bermanfaat bagi kami guru-guru agama. Yang memang mempunyai tanggung jawab yang besar bagi perkembangan anak didik kita yang tidak hanya pertanggungjawaban di dunia tetapi juga diakhirat. Dan bagaimana kita bisa mendidik dengan baik kalau kita tidak mengetahui,memahami ilmunya. syukron katsiron pak Agus

  3. Apa yang pak agus tulis itu benar sekali. saya setuja pak. selain dunia dan akhirat guru juga harus hidup di dunia maya (digital) masa guru kalah ama Mas Tukul Arwana…?

  4. ok pak saya sangat setuju. Disamping akhlak yang baik tidak boleh dilupakan bahwa ada pengawasan dari Yang Maha Kuasa.. Allah SWT dimana saja seorang guru agama berada dan apa saja yang kita perbuat.

  5. Eventnya “Penyusunan Bahan Ajar Pend. Agama Islam SD Tingkat Nasional” yang diselenggarakan oleh Direktorat Pais (Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah) Depag Pusat. Bertempat di Hotel Endah Parahyangan Bandung, tanggal 24-29 Juli 2009.
    Atasnama Panitia saya mengucapkan terima kasih, apa yang telah p. Agus sampaikan kepada rekan-rekan tentu sangat bermanfaat bagi peningkatan profesional mereka. Selamat untuk terus berkarya bagi bangsa kita.

      1. Pak Agus saya pertama kali berkunjung di blog anda, salam kenal ya…
        baru baca 2 artikel anda, tp sudah kliatan kualitas tulisannya😀
        wass wr wb

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s