Agenda 3 hari pelatihan bersama guru SMP dan SMA binaan CCDE Banda Aceh, dalam tema workshop inkuiri dalam pembelajaran.

Sebagai lanjutan dari putaran pertama dari workshop bagi guru binaan CCDE (Center Community Development and Education)  saya berkesempatan belajar bersama kali ini dengan guru SMP dan SMA yang menjadi binaan CCDE di kota Banda Aceh dan sekitarnya. Berikut ini agenda 3 hari yang saya lakukan bersama guru-guru yang antusias dalam mengikuti hari demi hari pelatihan yang dilangsungkan sehari penuh, mulai pukul 8.30 sampai dengan pukul 4 sore.

Hari ke 1: Menelisik perubahan yang terjadi, – melalui presentasi yang interaktif, dan perbincangan yang menantang bagi semua yang hadir, guru dijelaskan dan diminta berpikir kritis mengenai perubahan yang terjadi didunia memasuki abad 21. Selain diminta melihat dan mengamati perubahan, guru juga diminta untuk menghubungkannya dengan dunia pendidikan serta bagaimana masa depan yang akan dijalani oleh siswa dan siswi mereka nantinya.

pelatihan untuk guru, pelatihan inkuiri training guru di aceh, trainer agus sampurno1111
Guru-guru sedang mempresentasikan apa saja tantangan masa depan siswa kita dalam penampilan yang kreatif

Hari ke 2: Pembahasan awal mengenai ‘pembelajaran berbasis proyek’, Bagaimana persamaan, perbedaaan dan apa hubungannya pembelajaran aktif (active learning) dengan pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Bagaimana PBL di hubungkan dengan tantangan serta keterampilan yang menjadi kebutuhan di abad 21. Guru yang hadir diminta berkumpul dengan rekan yang sama-sama mengajar di subyek pembelajaran yang sama. Dengan dipandu oleh lembar kerja, para guru setahap demi setahap merencanakan, membuat serta memulai perencanaan PBL dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dikelas sesuai dengan bidang studi masing-masing untuk dipresentasikan di keesokan hari. Materi mengenai inkuiri juga mulai dikenakan di hari kedua ini. Adapun tipe pendekatan inkuiri yang digunakan adalah lingkaran inkuiri milik Kate Murdoch

pelatihan untuk guru, pelatihan inkuiri training guru di aceh, trainer agus sampurno1112
guru bersama kelompok sesuai dengan bidang studi, mempersiapkan presentasi sesuai dengan apa yang di gariskan oleh fasilitator

Hari ke 3: persiapan presentasi dan pembuatan simulasi PBL. Dalam pembelajaran bertipe PBL hal yang terpenting dan menjadi perhatian yang utama adalah tindakan sosial apa yang bisa dilakukan siswa saat ada di penghujung unit pembelajaran. Salah satu hal yang membedakan

pelatihan guru seminar untuk guru training guru oleh agus sampurno
salah satu kelompok, sedang berpresentasi mengenai rencana pembelajaran berbasis proyek

Tipe pembelajaran ini dengan lainnya adalah adanya semacam tindakan yang siswa dalam kaitannya dengan isu-isu terkini yang terjadi di masyarakat. Bisa mengenai lingkungan, pelestarian alam sampai gaya hidup sehat, kesemuanya bisa dilakukan dalam rangka penyadaran bahwa sebagai siswa pun mereka bisa berbuat sesuatu untuk sesama. Dalam berpresentasi guru menggunakan pendekatan inkuiri dalam merencanakan kegiatan pembelajaran.

Diakhir pembelajaran ini pula siswa diminta untuk berpresentasi dan membuat semacam acara ‘puncak’. Bentuknya bisa kampanye, acara pasar murah sampai pertunjukan seni yang di dedikasikan untuk suatu tujuan amal.

One thought on “Agenda 3 hari pelatihan bersama guru SMP dan SMA binaan CCDE Banda Aceh, dalam tema workshop inkuiri dalam pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s