14 cara dalam integrasi dan penggunan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah

Sekolah anda ingin dan punya rencana dalam melangkah lebih maju dalam penerapan TIK (Teknologi komunikasi dan Informasi)? Jika jawaban nya ‘ya’ saya ucapkan selamat, dikarenakan itu berarti anda tanggap dan cekatan dalam mempersiapkan siswa menghadapi abad 21. Sebuah jaman dimana teknologi bukan lagi menjadi gaya hidup tetapi merupakan kebutuhan.

pembicara seminar narasumber untuk guru agus smpurno3

Atas undangan  Pak Jaja dari ‘Sekolah Harapan Ibu IT Learning Center’, pada tanggal 30 Mei di Jakarta saya hadir untuk berbagi dengan para kepala sekolah di Jakarta Selatan mengenai bagaimana cara merubah cara pandang  dalam memandang teknologi dan penerapannya dalam pembelajaran di sekolah.

Jaja Jamaludin
Pak Jaja Jamaludin, ketua Harapan Ibu IT learning center, sedang memberikan penjelasan.

Miko Kelana
Miko Kelana http://blog.micokelana.com/ dari Sekolah Harapan Ibu IT Learning Center

Berikut ini adalah fakta yang mungkin bisa membantu anda sebagai kepala sekolah, pemilik yayasan, manajer  keuangan sekolah, dalam merencanakan anggaran dan mendaya gunakan TIK menjadi alat dalam ‘mempertajam’ tujuan pembelajaran disekolah dengan guru, siswa, kepala sekolah dan orang tua sebagai pengguna dan yang langsung merasakan manfaatnya. Fakta tersebut saya rangkum dibawah ini;

Sopyan Kosasih
Kang Sopyan Kosasih turut memperkaya pengalaman peserta dalam menggunakan TIK.

  1. Alokasi anggaran untuk akses internet lebih penting dibanding pembelian perangkat computer.
  2. Penggunaan teknologi bukan untuk teknologi itu sendiri namun lebih kepada agar ‘suara’ siswa, guru, kepala sekolah serta orang tua bisa terdengar lebih luas. Dengan kata lain teknologi berfungsi sebagai jembatan agar komunitas sekolah saling terhubung dengan dunia disekelilingnya.
  3. Berikan guru waktu untuk bermain dan mencoba-coba menggunakan fasilitas yang ada di era Web 2.0 ini, youtube, blog, wiki dan lainnya sebelum meminta mereka menggunakannya demi kepentingan pembelajaran dengan siswa.
  4. Informasikan kepada semua komponen di sekolah bahwa kita semua sekarang sedang memulai hal baru sebagai pembelajar di bidang teknologi dan pembelajaran ini berlangsung terus dan tidak akan pernah berhenti.
  5. Saat mewawancarai staf atau guru baru, tanyakan “terakhir atau akhir-akhir ini hal atau teknologi  apa yang anda pelajari dan bagaimana cara anda mempelajarinya?’
  6. Jika anda pemilik atau pemimpin sekolah, jadilah model pengguna teknologi yang baik, buatlah blog atau wiki atas nama anda. Dengan demikian semua kegiatan yang anda lakukan menjadi transparan dan bisa member inspirasi pada semua warga di sekolah anda.
  7. Jika guru sudah terispirasi, ajak mereka buat blog juga agar menjadi transparan apa yang mereka lakukan dikelas bersama siswa, begitu juga dengan siswa, jika mereka sudah melakukan ini maka orang tua akan dengan mudah melihat dan memonitor apa yang terjadi disekolah.
  8. Perubahan mendasar adalah pada pedagogi bukan pada masalah pembelian alat yang mahal dan memakan anggaran sekolah.
  9. Jika anda sudah memutuskan membeli perangkat teknologi maka menyediakan hal-hal yang menjadi pendukung merupakan hal yang penting.
  10. Pelatihan juga merupakan hal yang penting, jangan melulu pelatihan yang bersifat seminar tapi lebih kepada praktek dan praktek.
  11. Bentuk tim dengan anggota sekelompok guru yang selalu siap membentu mengembangkan dan melatih TIK di sekolah.
  12. Rubah pandangan anda dari pendidik  dan pengajar menjadi pembelajar.
  13. Berhenti mengatakan bahwa si A, rekan kerja anda sudah menjadi bakatnya di bidang teknologi, dan anda bukan lah seseorang yang berbakat di bidang teknologi. Dalam mempersiapkan siswa di abad 21 semua komunitas sekolah sama derajatnya didepan teknologi.
  14. Hilangkan kata-kata ‘anak-anak sekarang’ untuk menggambarkan betapa mereka para siswa kita menyukai teknologi. Kata-kata tadi hanya akan membuat anda sulit untuk berubah dan maumulai menggunakan teknologi, hanya karena memenuhi keinginan anak-anak tadi yang menjadi siswa anda.

3 thoughts on “14 cara dalam integrasi dan penggunan teknologi informasi dan komunikasi di sekolah

  1. iya saya setuju sekali dengan anda. semoga guru 2 kita bisa semakin melek teknologi. tapi gimana dengan kabar MUI akan mengeluarkan fatwa haram atas facebook yg merupakan salah satu yg ada di internet?

  2. lalu bagaimana dengan Calon guru komputer seperti saya, yg memang sudah punya bground kependidikan sekaligus Ilmu Komputer… apa yg harus disiapkan dan diintegrasikan? samakah dengan point2 di atas?

  3. Mas…hal itu sangat baik, namun di seklah kami sangat memilukan, sekolah kami yang sudah memfasilitasi dengan Wifi tidak digunakan oleh semua pihak…yah bagi yang kreatif aja deh mas yang maju…..sangat disayangkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s