Bincang-bincang bagaimana menjadi guru kreatif di radio 68H FM 89.2

Senang sekali akhirnya bisa berada di stasiun radio dan  kantor berita 68H yang saya sukai karena berita dan ragam acaranya. Bersama Mas Anto dan Mas Yosi, selama satu jam saya berdiskusi panjang lebar, mendengarkan tanggapan pendengar lewat telepon dan menerima pesan langsung lewat sms. Ada banyak hal yang menjadi perbincangan, dari pembelajaran kreatif, bagaimana membuat mental guru mau berubah sampai nasib guru di daerah terpencil yang tetap harus kreatif demi siswa tercinta. Berikut ini intisari dari talkshow ‘guru kita’ di FM 89.2 68H bersama Agus Sampurno

Bincang mengenai guru kreatif di radio 68H
Dengan Mas Anto pada acara 'guru kita' di radio 68H, sebuah diskusi yang menggugah

Untuk menjadi kreatif dibutuhkan beberapa karakteristik guru seperti dibawah ini

  • Mau membuka diri dan tidak merasa seseorang yang tahu segalanya saat mengajar dan berada dikelas bersama siswa.
  • Menyederhanakan hal atau pelajaran yang rumit untuk kemudian bisa disampaikan kepada siswa dalam bentuk yang sederhana dan membuat mereka lebih bisa mengerti
  • Tidak menyalahkan atau melabel siswa dengan label yang tidak baik atau tidak membangun bagi kehidupan siswa sebagai pribadi dan pembelajar sepanjang hayat
  • Selalu bertanya ‘bagaimana jika’ ketika bertemu dengan hambatan dan masalah saat mengajar dan membelajarkan siswa dikelas
  • Mau melaksanakan lebih dahulu apa yang kita katakan atau nasehatkan pada siswa atau kita inginkan dari lingkungan alias ‘walk the talk’
  • Bersikap proaktif, berinisiatif mau melakukan apa yang orang lain, rekan guru atau kepala sekolah,  bahkan belum pikirkan.
  • Berpedoman pada semboyan ‘pengetahuan ada dimana-mana’, dengan demikian tugas guru lebih kepada membentuk sikap dan perilaku siswa sebagai pembelajar’,

Dengan melaksanakan beberapa hal diatas lambat laun dijamin anda akan menjadi seorang guru yang kreatif. Buat saya, ada hal yang membuat saya bisa mengukur diri sendiri apakah saya sudah berusaha se-kreatif mungkin dalam merancang pembelajaran dikelas dengan melihat reaksi siswa di akhir jam pelajaran saya.

Jika saya kurang berhasil, tandanya adalah siswa akan sibuk bertanya kapan pelajaran saya akan berakhir. Sedangkan pengajaran yang saya lakukan akan saya anggap berhasil, bila siswa terlihat asyik dan berteriak “yaaaa…..!”, ketika saya mengatakan bahwa jam pelajaran selesai.

Posted in Tak Berkategori

7 thoughts on “Bincang-bincang bagaimana menjadi guru kreatif di radio 68H FM 89.2

  1. He2 kapan istrahatnya guru kreatif ya? Masih diganggu klien2 termasuk saya. Kudoakan sehat selalu. Jalan terus Mas Agus……!

Tinggalkan Balasan

