Refleksi dari seminar penulisan blog pendidikan untuk guru

agus sampurno pembicara seminar guru
Agus Sampurno bersama Mas Donny.BU dari Detik Publisher dengan Moderator Ibu Ike dari KGI Jakarta. Rabu 27 Mei 2009 bertempat di gedung Telkom Divre 2 Jakarta

Saat memutuskan untuk menulis dan membuat blog pribadi maupun blog untuk pembelajaran dikelas, sebenarnya saat yang sama anda sedang memutuskan untuk menjadi guru yang lebih baik dikarenakan;

  • Blog adalah cara lain untuk mengatakan pada dunia betapa anda terus bergerak dan mau berbagi pengatahuan dan praktek terbaik dari hal yang anda lakukan sebagai pendidik dan pengajar dikelas.
  • Umpan balik akan anda dapatkan dari orang yang membaca tulisan anda, dari pujian sampai kritik atau bahkan tambahan ide pengetahuan hingga anda bisa tampil mengajar dan mendidik siswa dengan lebih baik.
  • Anda mempunyai jaringan dengan pendidik lainnya. Sudah saatnya guru tidak hanya aktif dengan rekan atau komunitas sekolahnya saja. Teknologi memungkinkan anda membangun jaringan dengan guru dari sekolah lain demi menambah pengetahuan dan relasi
  • Anda terus melakukan riset pribadi dan berpikir. Agar blog yang sudah anda buat menjadi ramai dan dikunjungi banyak orang. Secara otomatis anda akan terus belajar, membaca serta merekam, topik atau tema apa yang kira-kira menarik untuk diangkat. Kegiatan ini membuat anda menjadi pembelajar sepanjang hayat dan bisa menjadi contoh untuk siswa di kelas.
  • Anda melakukan dialog professional demi keberhasilan pembelajaran anda. Banyak sekolah yang hanya mengevaluasi pembelajaran guru nya di akhir tahun ajaran saja, dengan menulis blog, setiap saat orang lain akan mengevaluasi hasil kerja anda sebagai guru. Dari orang tua siswa sampai kepala sekolah, dari sesama rekan guru sampai atasan anda di Dinas pendidikan setempat. Ini dikarenakan internet memungkinkan orang lain membuka blog kita kapan saja dan dimana saja.
  • Anda akan menjadi insan professional yang selalu positif. Penulis blog yang baik selalu bisa memaknai semuanya dari segi hal yang positif, dikarenakan yang menjadi obyek biasanya kelas atau sekolahnya sendiri, maka guru akan terpicu untuk membuat liputan atau kabar dari sisi yang menarik untuk dibaca dan ditelaah orang lain. Denga kata lain anda menjadi tenaga marketing bagi diri anda sendiri serta komunitas sekolah anda.

Dengan demikian, tunggu apa lagi lakukan praktek terbaik dikelas, jadilah guru yang professional semampu kita tapi jangan lupa bagi cerita anda sekecil apapun lewat blog. Terkadang hal yang menurut kita biasa dan menjadi rutinitas, bila dikabarkan lewat blog akan menjadi luar biasa untuk orang lain. Jangan khawatir mengenai desain dan kelengkapan atau masalah teknis, karena semakin menarik dan berguna isi atau topic blog yang anda buat maka semakin banyak orang yang mengunjungi dan memberi tanggapan, bahkan secara rutin mengunjungi blog anda.

agus sampurno pembicara seminar guru3
Peserta seminar semuanya antusias mengikuti pemaparan pembicara.

Silahkan simak juga surat dari Pak Satria Dharma untuk milis klub guru

+ Acara di DKI luar biasa, Mas! Abah Rama yang sebenarnya masih kurang sehat
tapi tetap tampil dengan bersemangat (dan masih harus menandatangani sertifikat
di luar ruang seminar!). Paling tidak ada tiga wartawan yang hadir, Republika,
Sinar Harapan, dan Human Capital. Pak Gubernur diwakili oleh Asisten
Kesejahteeraan Masyarakat Pak Efendi Anas. Kepala Dinas Pendidikan Pak Taufik
juga hadir. PT Telkom dihadiri langsung oleh Pak Mas’ud Khamid, executive
General Manager (Kadivre) Divisi Regional II, yang ternyata sangat piawai
berbicara di depan massa. Beliau mengajak KGI untuk membuat pelatihan secara
rutin bekerjasama dengan Telkom Divre II. MOU yang ditandatangani adalah soal
kerjasama pelatihan tersebut.
Selain Telkom, ada sponsor lain yaitu Garuda Food yang membagi-bagikan souvenir
bagi para tamu VIP.
Mas Agus Sampurno sendiri tampil mempesona para guru. Beliau senang bisa
berbicara di acara Klub Guru dan bersedia berbagi dengan para guru lain di
berbagai cabang.
Sekian dulu laporan saya.
Salam
Satria

Posted in Tak Berkategori

8 thoughts on “Refleksi dari seminar penulisan blog pendidikan untuk guru

  1. Wai! He-eh! Saya bikin blog tadinya cuma sebagai tempat nyimpen catatan aja yang bisa dibaca sama temen-temen kongkow saya. Mangkanya isinya cuman remeh temeh yang ceritaaaaa doang. Tapi, jadinya malah gak sengaja ketemu dan banyak belajar dari dari blog-blog guru yang hebat-hebat dimana-mana. Termasuk blog nya pak Agus ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s