10 tipe siswa saat berhadapan dengan dunia maya

  • Center (pusat). Tipe seperti ini bernafas dan hidup di dunia maya. Jika ingin memberi konsekuensi atas perbuatan buruk yang ia lakukan, cukup jauhkan atau larang  tipe siswa ini dari menggunakan computer atau HP maka dijamin tipe anak seperti ini akan sangat menderita.
  • Networkers (terhubung). Jika membuka internet hal yang akan dilakukannya adalah langsung menggunakannya untuk chat atau mencari teman sebanyak-banyaknya di  facebook. Situs lain jangan harap akan pernah dibukanya.

  • Communicator (suka berkomunikasi). Menggunakan internet hanya untuk berkomunikasi lewat email, chat atau video konferensi
  • Seeker (pencari). Tipe ini adalah pencari informasi paling orsinil dan tidak banyak orang yang tahu. Tidak heran jika yang dibukanya adalah situs bawah tanah yang tidak banyak orang tahu.
  • Listener (pendengar). Tanyalah kepada anak tipe ini music-musik terbaru serta cara mendownloadnya, mereka langsung akan menunjukkan situs milik band terkenal yang memakai internet sebagai ajang promosi.
  • Schooler (anak sekolahan). Tipe anak ini hanya menggunakan internet untuk mencari bahan demi pelajarannya disekolah. Halaman facebok miliknya sendiri pun orang lain yang membuatkan. Website? Paling hanya youtube yang akan dibukanya
  • Gamer  (pemain games). Tipe anak ini bermain game sampai jam 3 pagi dini hari.
  • Watcher (penonton). Tipe ini hanya akan menonton tayangan video yang lucu-lucu di internet, atau melihat film yang dlarang beredar di Indonesia.
  • Expresser  (berekspresi). Anak tipe seperti ini akan menggunakan blog untuk menampung curahan hati serta puisi-puisi hasil perenungannya.
  • Informer (suka sekali dengan informasi terkini). Anak tipe seperti ini akan membaca Koran dan berdiskusi mengenai politik lewat internet.

Sumber: radicalparenting.com

12 thoughts on “10 tipe siswa saat berhadapan dengan dunia maya

  1. wow KERen BANGET

    ak suka nonton youtube(jangan salah!!! aku cma maw nonton film gratis disana abis harga cd mahaaaal bgt),jga suka buka fs ato fb, trus juga suka bwt cari tugas. ak termasuk yg mna y??????

  2. Salam kenal Pak Guru. Senang melihat kehadiran guru-guru berwawasan dan progresif seperti anda di negeri ini. Bolehkah artikelnya saya bookmark di Facebook biar dibaca lebih banyak orang?

    Btw, mengenai karakter sisiwa di atas, mungkin ada satu yang terlewatkan, yakni karakter netpreneur – mengoptimalkan potensi web untuk berwirausaha. Jumlahnya memang tidak banyak, namun karakter inilah yang melahirkan wirausahawan2 internet brilyan seperti Larry Page & Sergey Brin (Google co-founder), Jeff Bezos (Amazon co-founder), Mark Zuckerberg (pendiri Facebook) dsb.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s