‘Katakan tidak! pada sebutan ibu gaptek..’(Laporan dari serial workshop Teknologi informasi bagi kaum ibu Sekolah Global Jaya Jakarta)

Mengajar Teknologi informasi dan komunikasi kepada siswa buat saya bukan sebuah hal yang sama sekali baru. Saya sudah melakukannya sejak awal karir saya menimba ilmu sambil mengajar. Namun merupakan sebuah hal yang baru ketika saya dihadapkan pada tugas untuk berbagi bersama para ibu orang tua siswa murid-murid saya dikelas.

Dimulai sejak Januari 2009, setiap dua minggu sekali saya dan kaum ibu yang merupakan orang tua siswa bertemu dan berbagi. Sengaja dipilih waktu pagi hari mengingat saat yang sama mereka juga datang ke sekolah untuk mengantar  putra-putrinya ke sekolah. Saya walaupun diberi tanggung jawab sebagai untuk berdiri didepan sebagai nara sumber saat yang sama juga berusaha segala cara agar para ibu yang hadir mau berbagi mengenai pengalaman mereka menggunakan teknologi sekaligus menjadi mitra bagi anak-anak nya saat menggunakan teknologi.

Banyak hal yang kami sudah diskusikan dan lakukan, dari diskusi masalah hak cipta di internet sampai bagaimana mencari mesin pencari yang aman bagi anak, dari masalah membuat peraturan penggunaan teknologi bagi anak sampai bagaimana memahami bahasa yang anak pergunakan saat mereka chatting di internet. Semuanya diulas tuntas dan didiskusikan sambil dicari jalan keluarnya.

Menyenangkan sekali melihat antusiasme kaum ibu saat berdiskusi dan membahas mengenai suatu topik, sambung menyambung memberikan ide serta pengalaman mereka yang mungkin bermanfaat bagi peserta lainnya yang hadir. Jadi seperti judul diatas ‘katakan tidak pada sebutan ibu yang gaptek’

ikuti laporan nya dalam tulisan berikutnya.

Memata-matai anak di internet bolehkah?

Suatu saat anak kita akan memilih situs pertemanan nya sendiri

10 tipe siswa saat berhadapan dengan dunia maya

Tinggalkan Balasan

