Berteman dengan siswa di Facebook

guru dan facebook

Siswa dan anak kita sekarang hidup dimasa mencari teman bukan sebuah hal yang sulit. Tinggal mendaftar pada satu situs pertemanan seperti facebook, friendster, tagged dan lain sebagainya. Dengan cepat teman mereka akan berjumlah puluhan bahkan ratusan. Buat generasi mereka makna teman menjadi sangat ringan, hanya perlu menyentuh tombol add maka satu lagi teman mereka bertambah. Sementara untuk generasi guru dan orang tuanya makna teman masih seperti dahulu. Seseorang baru dianggap teman jika kita mengetahui latar belakang keluarga, hobi, kesenangan serta sederet hal lain yang merupakan informasi pribadi dari orang yang kita anggap teman.

Namun jangan salah sekarang pun sudah banyak siswa, orang tua dan guru yang mempunyai halaman di situs pertemanan. Macam-macam motivasinya, dari yang mengikuti tren sampai yang ingin membangun komunikasi dengan siswa, orang tua siswa atau dengan guru didunia maya.

Bagi guru, alasan yang terakhir mungkin merupakan konsekuensi lanjutan dari banyaknya siswa dan orang tua siswa yang lebih dahulu mempunyai halaman di situs pertemanan. Tulisan ini akan mengarahkan anda sebagai pendidik untuk bisa bersikap dengan baik di situs pertemanan yang sedang menjadi tren yaitu facebook

Banyak pendidik yang masih jengah dan kikuk mengenai etis tidak nya berteman dengan siswa di facebook atau situs pertemanan lainnya. Hal ini mengingat esensi situs pertemanan hanya digunakan untuk bertemu teman lama alias reuni.  Berikut tips yang bisa membantu anda dalam berinteraksi dengan siswa di facebook

  1. Buat grup untuk kelas anda, dengan demikian anda bisa melihat dan memonitor diskusi yang terjadi
  2. Buat halaman penggemar (fan page) untuk kelas yang anda ajar. Buatlah control privacy yang ketat dan pilih lah siapa saja yang boleh bergabung. Siswa bolah memasukkan komentar, diskusi dan foto disini.
  3. Tingkatkan, level privacy anda, siapa saja yang boleh dan tidak boleh melihat data pribadi milik anda. Maklum sudah lazim nya sebagai guru kita mesti sedikit menjaga citra kita dimata siswa.

Dengan demikian sebagai pendidik banyak hal baru yang mesti dikuasai, apalagi hubungannya dengan teknologi. Jangan sampai terjadi hal yang kita sudah jaga dan terapkan dikelas akan runtuh semata karena, komentar atau foto kita yang kurang mendukung profesi kita sebagai pendidik yang tidak sengaja kita tulis atau pasang di facebook. Ingat bahkan didunia maya pun profesi kita sebagai guru masih melekat.

6 thoughts on “Berteman dengan siswa di Facebook

  1. Bagus juga FB ini. Hanya di komputer saya saat mau log ke FB dimintai email dan sandi. Diketik alamat email gak muncul di box-nya, kalau di sandi bisa, trus gak bisa masuk. Gimana ya? Bantu dong.

  2. sory mas kalo komen nya ga sesuai dg posting, saya siceptea, mau nawarin kerjasama, saya mau pasang iklan di blog mas ini bentuknya cuma link doank, disimpen di blogroll atau side bar,,harganya saya nawar 10rb/bulan per link,,jd kalo saya pasang 10 link, maka dalam satu bulan mas saya bayar 100rb/bulan (baru penawaran, masih bisa nego)…itupun kalo mas bersedia,,,kalo tertarik, email saya di siceptea@gmail.com
    iklan nya gakan berhub, sama adult ataupun gambling kok,,kalem
    regards

  3. Iya saya setuju dengan bapak, karena saya juga tahu keadaan anak murid n alumni dari FB jadi kita jg harus menjaga privacy kita sebagai guru spy kita berhasil dalam mendidik n mengrahkan merka spy lebih mengerti arti IPTEK ini…

  4. Setuju juga, emang tuntututan sudah seperti begini, kita tdk bisa melarang siswa apalagi alumni untuk bergaul di dunianya. Kitapun tidak bisa memaksa agar murid mengerti kita, justru yg harus kita lakukan adalah masuk dan menyelami dunia murid agar dan untuk berusaha memahaminya. Sehingga tidak ada kesenjangan pemahaman kedua belah pihak .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s