Langkah-langkah menjadikan sekolah anda sekolah tanggap bencana

Siapa yang mau sekolah tempatnya mengajar terkena sesuatu yang buruk. Orang biasa menyebutnya sebagai bencana. Layaknya musibah bencana, terkadang tidak dikira dan tidak terukur kapan datangnya. Penyebabnya macam-macam dari alam atau terjadi akibat keteledoran manusia. Dari gempa, banjir, kebakaran, penyakit menular sampai serangan orang bersenjata. Sebagai sebuah komunitas,pihak sekolah perlu mengembangkan dan membangun sistem sehingga ketika bencana itu datang, kepanikan yang tidak perlu tidak perlu terjadi. Semua komponen dari guru sampai siswa, kepala sekolah sampai administrasi, dari penyelenggara kantin sampai satpam perlu dibekali cara sehingga tercipta sebuah komunitas yang tahu harus kemana dan bagaimana ketika bencana itu datang.

Berikut ini beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari penyelenggara sekolah

  1. Membuat komite sekolah mengenai keselamatan. Isinya adalah perwakilan orang tua, guru, pimpinan sekolah serta administrasi.
  2. Menge evaluasi peralatan keselamatan apa saja yang ada di sekolah dan bagaimana kualitasnya
  3. Buat peta arah serta petunjuk arah menuju tempat evakuasi, yang dilekatkan ditembok didalam kelas.
  4. Gunakan strategi ‘kunci dari dalam dan jauhi jendela’ untuk mencegah serangan orang yang tidak bertanggung jawab.
  5. Tetapkan rencana evakuasi bila bencana terjadi
  6. Tetapkan tempat berkumpul yang aman diruang terbuka atau tertutup yang mudah dijangkau dengan cepat oleh semua komunitas sekolah.
  7. Sistem komunikasi, dengan atau tanpa kabel. Bagaimana siswa dan guru dikelas bisa langsung tahu jika ada bencana. Minta mereka mengecek apakah hal yang sekolah lakukan dan punyai sudah sesuai dengan prinsip penanggulangan bencanna.
  8. Apakah sekolah sudah mempunyai kontak dengan pihak diluar sekolah (kepolisian dan departemen terkait dengan bencana)
  9. Memasukkan aspek mengenai penaggulangan bencana kedalam kurikulum pembelajaran
  10. Melakukan gerakan mencuci tangan dengan bersih, ajarkan siswa untuk melakukan di sekolah dan dirumah agar terhindar dari penyakit menular.
  11. 10.  Dalam pencegahan jika terjadi gempa, perhitungkan semua pajangan dan benda  dikelas untuk tidak melukai siswa saat jatuh.
  12. 11.  Masukkan juga aspek, saat siswa berangkat ke sekolah, dalam pengaturan keselamatan disekolah. Apakah mereka menggunakan sabuk pengaman? Atau menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor, saat berangkat ke sekolah.
  13. 12.  Gunakan peraturan yang sederhana saat melakukan evakuasi (jangan dorong, jangan berlari, dan jangan kembali).
  14. 13.  Adakan latihan evakuasi setahun dua kali dan latihan pertolongan pertama pada kecelakaan bagi guru.
  15. 14.  Perhatikan siswa anda baik-baik jika ada siswa yang terkena penyakit yang mungkin menular segera lakukan kontak dengan kepala sekolah untuk tindakan lebih lanjut. Dinegara Meksiko yang sedang terkena wabah H1N1. Semua fasilitas umum termasuk sekolah harus ditutup untuk mencegahnya menjadi ajang penularan virus. (sumber riskred.org)

Akhirnya banyak korban yang timbul dari sebuah bencana yang bukan berasal dari bencana itu sendiri, melainkan berasal dari kepanikan korban saat menyelamatkan diri. Diharapkan dengan persiapan dan latihan berkala, sekolah bisa menjadi tempat yang aman dan nyaman untuk dijadikan tempat belajar dan menuntut ilmu.

Posted in Tak Berkategori

3 thoughts on “Langkah-langkah menjadikan sekolah anda sekolah tanggap bencana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s