9 pertanyaan untuk membantu peserta pelatihan guru melakukan refleksi.

Sebuah pelatihan guru yang baik mempunyai beberapa  dimensi. Dimensi itu antara lain, dimensi perubahan paradigma, dimensi metode terkini sampai dimensi belajar aktif. Kesemuanya diupayakan membawa perubahan dalam cara berpikir dan saat mereka berhadapan dengan siswa, sebagai  individu yang berhubungan langung serta menikmati hasil oleh perencanaan pengajaran sang guru.

Namun ada satu lagi dimensi yang kadang terlupa, yaitu dimensi refleksi. Artinya dengan mengajak guru melakukan refleksi sebelum dan sesudah workshop atau pelatihan,  fasilitator sudah membelajarkan para guru bahwa dalam pembelajaran di kelas sangat penting melakukan refleksi.  Baik guru maupun siswanya. Dikarenakan dengan berefleksi kita melakukan dialog dan membuat janji dengan diri sendiri untuk mau berubah ke arah lebih baik.

Makna refleksi disini bukan berarti duduk diam terpekur lalu dilakukan dalam suasana hening seperi pelatihan atau workshop yang bernuansa kerohanian. Tetapi dalam pelatihan guru bisa saja dilakukan sambil ada di lingkaran atau menulis jawaban atas pertanyaan yang ditulis oleh fasilitator.

Silahkan melihat daftar pertanyaan yang menuntun para guru peserta pelatihan (dengan tema apa saja) untuk melakukan refleksi. Saya mendapat daftar pertanyaan ini dari dua rekan hebat saya, Midah dan Juninarita, saat mereka melakukan workshop untuk guru di Aceh untuk program IBO Tsunami Relief;

Nama :
Tanggal : Nama Trainer :

Mohon lengkapi penilaian ini, berikan pendapat  anda  mengenai workshop yang baru saja dilakukan sehingga di masa depan kami bia memenuhi kebutuhan anda

1.       Apakah yang anda harapkan sebelum mengikuti workshop ini?

2.       Apakah anda merasa workshop ini sudah membantu anda?

3.       Pemahaman apakah yang anda dapatkan sekarang?

4.       Kegiatan apakah yang paling anda sukai (misalnya paling cocok dengan kelas anda )

5.       Apakah ada pengajaran atau kegiatan selama workshop yang kurang efektif?

6.       Hal apa yang masih ingin anda ketahui?

7.       Sejauh mana workshop ini memberi perubahan pada anda?

8.       Tindakan pengajaran apa yang akan anda lakukan setelah anda kembali?

9.       Komentar?

2 thoughts on “9 pertanyaan untuk membantu peserta pelatihan guru melakukan refleksi.

  1. sebuah niat dan tindakan yang diserta kemampuan pengetahuan yang baik dan praktek yang terencana. ide yang dipaparkan, pengalaman dan pengetahuan yang disampaikan mempunyai dimensi mendidik dan mencerahkan. terus berfikir ktritis dan melakukan tindakan penyebarluasn kasanah pengetahun. tetap bersemangat ya, apa yang dituai, kelak membuahkan hasil dalam kedamaian dan kesejahteraan yang diserta kerendahan hati.

  2. Mengingat bahwa sumber daya manusia merupakan faktor penentu utama keberhasilan pembangunan bangsa maka kualitasnya harus ditingkatkan secara terus menerus sesuai dengan perkembangan pendidikan.
    Pendidikan yang berkualitas tinggi, baik dari segi proses maupun hasilnya merupakan sarana paling strategis bagi peningkatan kualitas sumber daya manusia. Kualitas yang baik dan terus meningkat hanya dapat diciptakan oleh manusia – manusia yang mempunyai kemampuan berkompetisi. Kemampuan untuk berkompetisi dihasilkan oleh pendidikan yang kondusif bagi lahirnya pribadi – pribadi yang kompetitif. Pribadi yang kompetitif bukan berarti pribadi yang egoistik, tetapi pribadi kompettif dapat lahir dari suasana kerja sama.
    Suatu sistem pendidikan dapat saja menghasilkan tenaga pemikir yang berkembang tetapi apabila tidak inovatif maka kemampuan berpikirnya tersebut tidak akan mendapat pasaran atau makna di dalam kehidupan bermasyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s