Enam cara mengevaluasi kunjungan luar sekolah

Jangan tunggu sampai lewat terlalu lama, segeralah melakukan evaluasi agar hal-hal yang perlu menjadi perhatian dimasa mendatang tidak lewat begitu saja. Berikut enam pertanyaan untuk membantu anda meng evaluasi.

green-school-bali1
Siswa sedang mendengarkan pejelasan Pak Ben dari Sekolah Hijau Bali. Sekolah yang unik karena membuat siswanya dekat dan menghargai alam.

1.       Apakah keunikan dan sisi pendidikan dari tempat yang telah dikunjungi?

elephant-safari-park-bali
Ada banyak kisah dan sejarah yang siswa bisa lihat dan cermati di Taman Gajah milik Pak Nigel Mason dan Ibu Yani Mason. Mereka menjadi mengerti betapa sulit menyelamatkan habitat gajah yang hampir punah dikarenakan sikap sewenang-wenang manusia.

2.       Apakah siswa bisa mendapatkan informasi atau hal yang dibutuhkan dari perjalanan yang telah dilakukan.

glass-bottom-boat
Siswa melihat keindahan taman bawah laut, saat anda bersama siswa selalulah menekankan semangat untuk memlihara dan menjaga alam yang demikian indah yang diberikan oleh Tuhan.

3.       Apakah waktu kunjungan adalah saat yang baik?

kebun-raya-bedugul-bali1
Wisata diluar ruang menjadi lebih mengasyikkan jika cukup perbekalan dan peralatan. Bayangkan jika hujan tiba-tiba datang saat siswa sedang asyik melihat tanaman yang langka, jika membawa jas hujan , basah pun tidak menjadi masalah.

4.       Apakah staf yang ikut telah betul menjalankan peran tugas serta ada pembagian tugas yang jelas antar kolega.

pengolahan-sampah-jimbaran
Sampah yang dihasilkan rumah tangga bisa menjadi berguna jika dikelola dengan baik. Sebuah lembaga di Jimbaran Bali mengelola sampah yang dihasilkan hotel untuk dikelola menjadi pupuk.

5.       Hal apa yang bisa dilakukan agar perjalanan berikutnya lebih baik lagi dari segala sisi.

pulau-penyu-serangan-benoa
Usaha manusia untuk melestarikan sesuatu sangat bernilai untuk dilihat dan dipelajari. Siswa sedang melihat penyu yang dipelihara dan dirawat di Pulau Penyu Serangan Tanjung Benoa Bali.

6.       Hal serta masalah apa saja yang harus paling mendapat perhatian saat kunjungan berikutnya

melihat-poster-lingkungan-hidup-di-bandara
Bahkan ketika siswa belum mencapai lokasi kunjungan pun, mereka sudah bisa melihat poster yang menarik yang mengajak khalayak untuk melestarikan alam, segera abadikan, jadikan bahan diskusi dikelas. Lokasi Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

One thought on “Enam cara mengevaluasi kunjungan luar sekolah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s