Menyelenggarakan event olahraga internal di sekolah

Didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Demikian pepatah lama sering kita dengar. Selain belajar dengan guru dikelas, siswa perlu juga diberikan porsi yang sama dalam mengolah tubuh dan bersenang-senang dalam sebuah kompetisi.

Jaman saya bersekolah, dewan guru menempatkan acara berolahraga bersama atau kompetisi diakhir tahun ajaran. Siswa dibiarkan tidak belajar didalam kelas dan setiap kelas menurunkan tim terbaiknya untuk menghadapi kelas lain (class meeting). Walaupun kesannya sebagai pengisi waktu setelah ujian namun hal tersebut terbawa kenangannya sampai sekarang. Terutama karena partisipasi dan keikut sertan dari semua warga kelas untuk membuat kelasnya menjadi juara di tahun ajaran itu.

athletic-carnival
Foto Oleh Ibu Elzie, terima kasih atas kerja kerasnya selama ini.

Anda juga bisa membuat perhelatan olah raga yang menarik untuk siswa anda disekolah. Malah perhelatan tersebut bisa anda terapkan di tengah semester dan bukan sebagai pengisi waktu saja.

Berikut ini hal yang bisa anda lakukan untuk membuat suasana berolahraga bersama atau lomba bisa dilakukan dengan lancar dan melibatkan semua elemen di sekolah, guru, orang tua dan siswa.

1.       Jadwalkan acara olahraga ini diawal tahun ajaran, masuk dalam kalender akademik.

2.       Jadikan guru olah raga anda sebagai orang yang memegang perana terbesar dalam pelaksanaan. Memegang peranan bukan berarti semua hal dikerjakan oleh guru olahraga, tapi bentuklah komite untuk penyelenggaraan yang sukses.

3.       Ingat, acara oleh raga ini bukan kompetisi semata tetapi ada unsur-unsur kegembiraan nya juga. Membuat anak mau berkompetisi itu penting, namun jauh lebih penting untuk mau membuat anak tampil dan percaya diri dalam bertanding.

4.       Tema olahraga yang bisa dipilih adalah renang, athletic, bola basket, bola volley dan bulu tangkis.

5.       Guru yang bertugas dilapangan tidak harus selalu guru olah raga, guru yang lain pun bisa bertugas. Saat nya guru bidang studi lain mengetahui peraturan dalam bidang olah raga, tentunya atas bimbingan guru olah raga.

6.       Jadikan event olah raga ini menjadi event sekolah. Tidak harus bersamaan, aturlah jadwal untuk tiap tingkatan yang berbeda.

7.       Bentuklah house berdasarkan warna atau nama binantang yang menjadi kebanggaan di daerah anda. Hal ini semata demi memperluas  keterlibatan siswa untuk hanya membela nama kelas menjadi membela nama group atau house yang terdiri dari kelas dan tingkatan yang berbeda. Jangan lupa masukkan juga nama guru ke dalam house atau group tersebut.

8.       Pilihlah kapten dan wakilnya (biasanya siswa kelas 6) atau kelas tertinggi untuk menjabat posisi tersebut. Hal ini penting untuk melatih kepemimpinan siswa.

9.       Dalam perekrutan altlet untuk bertanding usahakan untuk melibatkan guru kelas untuk memastikan semua bisa ikut dan terlibat dalam acara olah raga yang sedang direncanakan.

10.   Undanglah orang tua untuk hadir, lebih bagus lagi apabila orang tua bisa ikut meramaikan bahkan berlomba, melawan guru-guru misalnya.

11.   Tempelkan lah nama anak yang akan bertanding beberapa hari sebelum acara di tempat yang bisa dilihat oleh umum dengan demikian menambah rasa percaya diri siswa yang akan bertanding.

12.   Umumkanlah group yang menjadi pemenang pada kesempatan khusu di sekolah, saat semua warga sekolah berkumpul. Sebagai tambahan berikanlah kesempatan kepada semua group untuk membuat yel-yel mereka sendiri yang kemudian menjadi tambahan penilaian bagi grup.

One thought on “Menyelenggarakan event olahraga internal di sekolah

  1. Senang rasanya kalau anak didik kita bisa tertawa lepas dan penuh semangat, padahal mereka dalam keadaan belajar. salam kenal nessyoctavia

    Salam kenal kembali Bu Nessy

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s