Komentar dari Student lead Conference

Pembaca yang budiman,  sebutkan momen apa saja yang membuat orang tua menyambangi anaknya di sekolah, tentunya di luar menjemput dan mengantar saat masuk sekolah. Apabila dihitung resminya mungkin hanya empat kali orang tua datang ke sekolah untuk urusan akademis atau malah hanya dua kali dalam setahun ajaran. Semuanya biasanya dalam rangka pengambilan rapor.

Banyak orang tua mengasosiakan kedatangan mereka ke sekolah dengan urusan administrasi dan keuangan, atau urusan masalah perilaku dan sosialisasi anak dengan temannya di sekolah. Padahal kunjungan ke sekolah bisa jadi menyenangkan dan bermakna asalkan ada wadah dan kesempatan yang mungkin untuk diselenggarakan oleh pihak sekolah dalam rangka memaknai proses pembelajaran siswa di kelas.

student-lead-conference
Suasana SLC, siswa sibuk menjelaskan hasil pekerjaan mereka di sekolah kepada orang tua atau kerabat yang datang.

Sekarang saat nya merubah paradigma, jadikan kunjungan orang tua ke sekolah untuk merayakan kemajuan siswa dalam belajar. Sekecil apapun itu, yang terpenting siswa melangkah maju atas dorongan semangat serta bimbingan orang yang ada disekitarnya. Guru, orang tua serta anggota keluarga yang lain.

Berikut ini adalah rekaman komentar siswa saat Student Led Conferences pada cawu pertama di sekolah saya.  Saya ketikkan dari komentar orang tua yang ditempel di karton setelah Student Lead Conference usai.

slc-parents-reflection
Tulisan refleksi dari orang tua siswa

Komentar siswa

“Saya gembira karena mama saya datang ke sekolah.”

“Saat yang paling saya sukai selama bersekolah adalah saat SLC. Sebab ibu saya jadi thu pekerjaan apa saja yang sudah bisa saya lakukan.”

“Saya merasa senang hari ini, sebab saya bisa menunjukkan pekerjaan saya dikelas kepada orang tua saya”

Komentar orang tua

“Bagus anak ku, hasil karya mu luar biasa. Mama ingin melihat pelajaran matematika mu berkembang. Terima kasih untuk semua guru yang membantu putra saya mencapai prestasinya yang terbaik.”

“Baik sekali melihat apa yang anak kita sudah raih disekolah. Sekarang saya tahu cara meningkatkan kemampuannya.”

“Menyenangkan sekali melakukan SLC di sekolah, sehingga saya tahu kemajuan putra saya langsung dari keterangannya. SLC membuat putra saya makin percaya diri di sekolah.”

“Ini adalah SLC pertama putri saya karena dia siswa baru. Tapi kami sangat senang karena anak saya dapat menjelaskan semuanya dengan lancar semua yang telah ia pelajari. Terima kasih bapak dan Ibu guru”

“Kerja yang sangat baik dari semua guru yang ada disisni, anak saya belajar banyak di cawu ini. Dan saya melihat perkembangan yang baik dari diri anak saya yang menurut saya baik. Saya lihat dia jadi lebih disiplin dan lebih bertanggung jawab. Selamat saya ucapkan untuk guru dan siswa”

“Ijinkan saya ucapkan terima aksih untuk semua guru yang memberi semua yang terbaik bagi putra saya. Sebagai siswa baru ia berjuang untuk bertahan di lingkungan yang baru dan mata pelajaran yang berbeda dengan sekolah sebelumnya. Sekarang saya menemukan ada karakter yang baru dalam diri anak saya yaitu kepercayaan dirinya! Terima kasih bapak dan Ibu guru”

“Sangat membantu sekali kami sebagai orang tua dalam mengetahui perkembangan putra saya.”

“Apa yang saya suka dari SLC adalah saya bisa melihat apa yang putra saya lakukan disekolah.”

“Saya sangat senang melihat kamajuannya di sekolah dan saya bangga padanya. Terima kasih kepada semua guru.”

“Saya lihat putri saya terus tumbuh sifat percaya dirinya, ia sangat yakin dengan hasil pekerjaan nya di kelas.”

Komentar kakak

“Saya merasa bahwa adik saya sangat bagus tulisan tangannya.”

Untuk mengetahui lebih lanjut apakah yang dimaksud dengan Student Lead Conference silahkan masuk ke blog Miss Unita. Jadi tunggu apalagi, rayakan proses pembelajaran siswa anda di sekolah dengen menerapakan SLC.

4 thoughts on “Komentar dari Student lead Conference

  1. Kekuatan sekolah terletak pada tiga kekuatan, yaitu : Guru, siswa, dan orang tua siswa. Sekolah anda telah sanggup melakukan itu. Pertahankan budaya sekolah yang baik ini.

    Siap Pak Wijaya, bagaimana makalah kompetisi PTK anda? semoga mencapai hasil terbaik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s