3 tantangan dalam mengelola sekolah

Bicara tentang tantangan mengelola sekolah, tidak adil rasanya bila tidak bicara peluang. Hal-hal berikut ini akan meneguhkan perimbangan antara tantangan dan peluang dalam memimpin sekolah.


1. Memastikan kualitas pembelajaran di kelas
Apakah kurikulum yang ada sudah menghargai keberagaman siswa? Apakah guru kreatif dalam mengembangkan kurikulum dan menempatkan siswa sebagai subyek? Di kelas apakah guru dan siswa bekerja sama dalam mewujudkan kemajuan bagi sekolah? Apakah guru dan siswa mempunyai keterampilan dan kemampuan untuk mewujudkan hal-hal yang sudah digariskan bersama-sama?
2. Jalannya sekolah secara keseluruhan.
Apakah sekolah menjalani event-event dengan baik dan tepat waktu? Bagaimana dengan keterlibatan siswa, guru dan orang tua murid dalam menyukseskan program yang sekolah lakukan? Bagaimana lingkungan atau suasana disekolah?apakah guru baru tidak ditekan oleh guru lama? Begitu juga dengan siswa, apakah siswa baru nyaman perasaannya? Bagaimana dengan toilet, tempat parkir, mutu satpam? Bagaimana bila seseorang menelepon sekolah kita? Siapa yang akan mengangkat, lalu ucapan apa untuk menyambut? Bagaimana sampah sekolah anda dikelola?
3. Bagaimana kepala sekolah bekerjasama dengan unsur masyarakat diluar sekolah.
Jika anda sekolah swasta yang baik, sudahkah anda mendukung sekolah-sekolah yang lebih kecil disekitar sekolah anda? Melatih guru mereka? Sudahkah anda mendukung kegiatan mereka? Sebab bila anda sudah lakukan jalan menuju saling pengertian dengan diknas setempat akan lebih mudah.Sudahkah anda menjadikan orang-orang disekitar sekolah anda sebagai sumber pembelajaran dikelas, ingat sekolah yang baik menjadikan individu-individu yang ada disekolah atau disekitar sekolah sebagai sumber pembelajaran. Misalnya mengundang nara sumber mantan pejuang kemerdekaan untuk menjadi bintang tamu saat kelas  berbicara mengenai topik pahlawan atau kemerdekaan.

3 thoughts on “3 tantangan dalam mengelola sekolah

  1. salam,
    Semoga blog Anda memberikan banyak manfaat untuk dunia pendidikan.
    Bagi rekan-rekan pengunjung blog guru kreatif. Yang berminat mengelola sekolah gratis, saya undang untuk mengunjungi website saya yang sangat sederhana.
    sukses selalu untuk Pak Agus Sampurno.
    wwww.sekolahgratis.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s