Ramuan khusus untuk melatih guru agar menguasai teknologi informasi dan komunikasi

Tentu anda pernah mendengar bahwa kita sebagai pengajar sedang mempersiapkan anak didik kita untuk banyak profesi yang bahkan sekarang belum ada. Berbeda sekali dengan pandangan tradisional yang memandang profesi hanyalah dokter, guru, insinyur, tentara atau polisi. Bukan berarti profesi tersebut akan hilang atau tidak diperlukan lagi, namun sepantasnyalah kita membuka pandangan siswa-siswi kita akan banyak profesi sambil mengingatkan mereka bahwa akan ada banyak profesi bermunculan seiring perjalanan mereka sebagai pembelajar.

Namun ada hal yang menjadi benang merah dari segala profesi yang ada sekarang. Benang merah tersebut adalah penguasaan teknologi informasi. Dimanapun kita berada dan apapun profesi seseorang penguasaan teknologi informasi menjadi kata kunci untuk membantu kelancaran tugas dan keleluasaan dalam mencari informasi.

Guru sebagai orang dewasa yang membelajarkan siswa dikelas terkadang agak sedikit ragu untuk mempelajari teknologi informasi. Berbeda saat guru menguasai telepon genggam sebagai salah satu alat teknologi informasi, guru cepat sekali menjadi akrab dan dengan cepatnya menguasai pengoperasiannya.

Dengan demikian siapa pun anda, serta latar belakang pendidikan yang anda miliki, mengapa tidak untuk berbagi dengan sesama guru agar tercapai profil guru yang menjadikan teknologi informasi sebagai mitra dalam tugas dan pembelajaran sehari-hari. Tidak perlu dalam sesi khusus atau hari khusus, cukup 5 sampai 10 menit dengan jumlah staff yang tidak terlalu banyak. Anda bisa memulai demam teknologi di sekolah anda.

Bila kita terbiasa mengajar anak-anak sebagai siswa, akan sangat terasa bedanya. Siswa akan langsung menekan apa saja yang tertera di layar dengan mousenya, tidak takut salah, mau mengambil resiko dan mudah meniru. Sedangkan guru yang baru belajar teknologi terkadang takut salah dan kurang mau bereksplorasi dan sering sekali meminta bantuan

Berikut ini hal yang patut anda pertimbangkan saat ingin berbagi ilmu dengan rekan guru lain

  • Faktor usia dan orientasi dari guru yang menjadi peserta.
  • Log in ke computer
  • Menyimpan dokumen
  • Mengetahui bagian-bagian dari drive computer
  • Menemukan kembali dokumen yang telah mereka simpan
  • Menyalin dan menempel (copy and paste) informasi dengan menggunakan ikon yang ada di menu maupun lewat shortcut
  • Saat mengkopi gambar dari internet, terkadang hyperlink nya ikut tersalin. Trainer harus mengajarkan cara membuang link pada gambar.
  • Melakukan pencarian informasi di internet
  • Memahami masalah hak cipta (copyright) di internet.
  • Mendownload dari internet.
  • Ulasan singkat mengenai bagaimana komputer bekerja.
  • Membiarkan mereka untuk bereksplorasi.
  • Menekankan bahwa komputer dan layar berbeda. Apabila layar computer hitam atau mati belum tentu computer mati dan sebaliknya.

2 thoughts on “Ramuan khusus untuk melatih guru agar menguasai teknologi informasi dan komunikasi

  1. ita thn 2006 pernah ngajar guru2 billingual…wuiiih, repotnya minta ampun krn kebykn mereka seumuran orang tua bahkan pangkat kakek-nenek bagi ita. harus sabaaaaaaaaaar dlm ngajarin merekašŸ˜€

    Setuju Ita, jika kita sabar mereka akan senang dan tambah semangat dalam belajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s