Refleksi dari pelatihan pembelajaran berbasis proyek (project based learning)

Sabtu tanggal 10 Mei 2008 adalah hari yang bersejarah buat saya. Di hari tersebut saya mendapat gambaran dari hal-hal yang saya pikirkan selama menulis dalam blog ini. Sebuah gambaran yang jelas menarik dan memberikan motivasi. Gambaran itu adalah betapa negara kita mempunyai guru-guru yang berdedikasi dan mempunyai semangat untuk selalu belajar dan meningkatkan diri.

Dihari tersebut saya diundang oleh Sampoerna Foundation Teacher Institute untuk berbagi dengan guru-guru SMP negeri dari segenap penjuru Jakarta dalam program Adopt Teacher mengenai bagaimana pembelajaran berbasis proyek di jalankan. Sebuah tugas yang tidak ringan memang, dikarenakan saya harus terlebih dahulu merubah paradigma guru-guru yang hadir. Namun ternyata tugas tersebut tidak sesulit yang saya bayangkan karena ternyata malah saya yang harus belajar merubah beberapa cara pandang saya terhadap perubahan.

Dari guru-guru yang hadir saya belajar banyak sekali tentang bagaimana melakukan hal yang terbaik bagi siswa kita ditengah keterbatasan. Cara mereka menyiasati perubahan membuat saya makin optimis bahwa pendidikan Indonesia bisa maju karena saya percaya bahwa lokomotif perubahan dalam dunia pendidikan di kendarai oleh guru-guru yang berdedikasi dan berkomitmen serta mau mengusahakan yang terbaik untuk siswanya.

Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bpk. Firman Fridayanto (staff dan fasilitator dari SFTI) yang telah banyak membantu saya demi terlaksananya pelatihan ini.

Silahkan lihat foto pelatihan pada widget blog ini

Posted in Tak Berkategori

5 thoughts on “Refleksi dari pelatihan pembelajaran berbasis proyek (project based learning)

  1. Hebat, Pak. Cerita lengkapnya ditunggu lho.

    Oke bu nanti akan saya tampilkan hasil karya mereka, bapak dan ibu guru yang hadir juga saya latih menggunakan powerpoint dan internet.

  2. Cocoknya gini : Indonesia perlu manajeman pemberdayaan guru.

    Sebenarnya hal yang anda sebutkan bisa dimulai dari sekolah. Pimpinan sekolah yang baik akan memberdayakan guru sebagai garda depan dari jalannya sekolah.

  3. met mlm bpk agus yg terhormat blh minta ID YM tdk?pelatihan bpk sangat bgs…bpk
    saya mau tnya2 ttg pelatihan proyek yang bpk buat bisa tdk karena saya ada tgs ttg proyek di kuliah.. pak kpn di munculkan cerita..ttg Pelatihan bagi Kaum Ibu di Sekolah Global Jaya Tangerang.di tunggu… makasihh..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s