“Keterampilan apa yang kamu butuhkan untuk bisa melalui pelajaran TIK di SMP dengan baik?”

Membelajarkan siswa secara berkelanjutan di bidang TIK bukan hal yang mudah. Dibutuhkan keselarasan serta cara pandang yang sama oleh pendidik di bidang TIK mengenai apa yang perlu dan mungkin siswa pelajari. Dari tingkat Taman kanak-kanak ke sekolah dasar, begitu juga dari sekolah dasar ke sekoleh menengah. Perlu kesesuaian agar siswa merasa bahwa apa yang ia dapatkan di jenjang sebelumnya berguna dan berarti saat harus berhadapan dengan materi TIK yang baru dan lebih menantang.

Akan menjadi hal yang mudah apabila anda mengajar dalam sebuah institusi yayasan yang terdiri dari banyak jenjang pendidikan. Dari taman kanak-kanak sampai sekolah menengah. Hal ini disebabkan anda bisa mengkomunikasikan hal apa saja yang dilakukan atau belum dipelajari kepada guru yang akan mengajar siswa anda di jenjang berikutnya.

Untuk mengatasi hal diatas sekolah saya, secara rutin setiap tahun mengadakan satu hari orientasi untuk siswa kelas 6. Selama satu hari  siswa kelas 6 belajar di SMP dengan mata pelajaran yang diajarkan disana. Guru-guru SMP secara khusus mempersiapkan hari orientasi ini. Semua mata pelajaran dibuat menarik dan menantang.

Melalui tulisan ini saya hadirkan kesan-kesan mereka saat belajar TIK dengan guru TIK SMP. Saya memulainya dengan “Keterampilan apa yang dibutuhkan untuk bisa melalui pelajaran TIK  di SMP dengan baik?”

Katya 6C

Di primary,aku belajar tentang banyak hal yang berguna untuk sekolah di secondary. Aku belajar cara mengetik dengan 10 jari dengan lancar, cara membuat powerpoint yang menarik menggunakan hyperlink dan banyak hal lain. Dengan mengetahui cara mengetik dengan lancar, aku dapat mengerjakan tugas secondary dengan cepat. Aku juga sering mengeksplorasi alat-alat dan bagian sebuah program komputer,ini dapat berguna pada saat aku perlu menggunakan program-program computer tersebut.

Andreas 6A

Things that I learnt in primary IT to survive in secondary, we can use again in IT lesson is Microsoft share point designer for making  the simple webpage during the orientation day for YR six student. We learnt a lot of thing in primary and we can use it in secondary.

Raihan 6C

Aku bisa mengaplikasikan keterampilan mengeksplorasi suatu aplikasi, menilai suatu website, menggunakan search engine dengan baik, menaruh media di power point, mengetik dengan baik, membuat flowchart dengan Inspiration, membuat website dengan microsoft office share point designer, membuat presentasi power point lebih menarik, cara membuat hyperlink, membuat game dengan power point mengetik dengan cepat dan itu semua dapat diaplikasikan pada saat aku belejar IT di secondary

Andrew, 6A

What I learned from the year 6 orientation day is that we need to know many things to survive in secondary school. First of all we need to know where we need to be. There are many specific classrooms in secondary school and we need to know each location of those classrooms.

Shana, 6A

In year 6 orientation day, we had a chance to be a year 7 for one day and got to study there in the secondary building learning secondary subjects. We had science, maths, humanities, English, IT, and also art. It was a really fun day for all of us. In IT, we build our own website. It was quite hard but, Pak Hendarto (secondary IT teacher) teach us step by step. Pak Hendarto also said what else are we going to do in IT Secondary. He said that we’re going to make our own website, graphic designs and more.

Sarah 6C

I think that it would be really important to learn how to make a website because it can be really useful for projects that we are going to make in Secondary. It is useful because in Secondary we are going to do many projects in each lesson. If we make a website for our project we can put everything there without doing anything that is really hard. It is also really fun.

Ula 6C

Menurut aku hal yang penting dan berguna yang telah aku pelajari selama IT lesson di kelas enam adalah menggunakan berbagai search engine yang berbeda-beda karena jika kita di secondary kita akan melakukan banyak research dan untuk mendapatkan informasi yang kita butuhkan kita dapat menggunakan internet. Kita juga telah belajar cara membuat sebuah web page  kita sendiri. Itu sangat berguna bagi kita saat secondary karena di secondary kita akan membuat web page kita juga.

Hasna 6C

Ketrampilan yang kita perlukan untuk di secondary adalah kita harus bisa menyelesaikan tugas tepat waktu. Kita harus bisa membantu orang lain yang kesulitan dalam melakukan suatu seperti saat membuat website. Kita harus bisa mengetahui cara membuat website. Kita harus mempunyai ketrampilan mencari informasi yang bagus dengan menggunakan kata kunci(keywords). Kita harus mempunyai ketrampilan mengetik dengan cepat. Kita harus mengetahui cara untuk  memberi gambar-gambar di word dan powerpoint.

Arthur 6C

Menurutku skills yang sangat penting untuk dipakai di secondary adalah research mengunakan computer dengan cepat lalu cara mengetik yang cepat dan benar saat kita latihan di year 5. Kita memerlukan skill ini karena di secondary kita harus bekerja lebih cepat dari pada sekarang. Karena juga di secondary lebih banyak materi yang menggunakan laptop maupun computer. Menurut saya pelajaraan computer di year 6 banyak digunakan di secondary. Yang akan di pelajari di secondary itu adalah membuat website.

Gandiwa 6C

Ketrampilan yang kita butuhkan di secondary adalah ketrampilan research di berbagai macam search engine karena di secondary itu harus memiliki ketrampilan searching untuk yang kita butuhkan sehari hari untuk searching. Di primary kita mempunyai ketrampilan untuk searching engine dan Microsoft office seperti Microsoft word, powerpoint dan di secondary memilih untuk memakai  Microsoft office seperti Microsoft powerpoint , word , share point designer dan lain lain lagi mereka juga search enginenya lebih besar dan lebih susah . jadi perbedaan primary dan secondary memang beda sekali.

Posted in Tak Berkategori

2 thoughts on ““Keterampilan apa yang kamu butuhkan untuk bisa melalui pelajaran TIK di SMP dengan baik?”

  1. Wah, keren sekali Pak. Di tempat saya sekarang mengajar baik sarana dan kualitas nya memang jauh berbeda dengan tempat Bapak, tapi mungkin nggak ya ide-nya bisa saya terapkan dengan sedikit modifikasi?

    Silahkan memodifikasi bu Enggar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s