Membuat resolusi tahun baru bersama siswa

Awal tahun baru biasanya siswa libur, saat mereka kembali masuk sekolah adalah saat yang tepat untuk menuliskan resolusi tahun baru. Anda bisa menggunakan kesempatan ini untuk membawa kembali mereka ke dunia sekolah. Maklum saat kembali setelah liburan mereka biasanya agak sulit untuk diajak fokus kepada pelajaran.

Mulailah dengan menjelaskan apa itu resolusi, kalau anda mau anda bisa menggantinya dengan kata ‘janji’. Resolusi memang sebuah janji yang diucapkan pada diri sendiri. Contoh mengurangi makan permen atau hanya menonton tv setelah pekerjaan rumah selesai. Sebuah resolusi juga bisa melibatkan lingkungan sekitar dan orang lain.

Sebagai guru anda juga bisa memakai momentum yang baik ini dengan menekankan pada beberapa anak yang membutuhkan perhatian khusus pada masalah tingkah laku untuk tidak melakukan lagi hal-hal yang pernah menjadi masalah atau meningkatkan kemampuan anak untuk menyesuaikan diri dengan rutinitas kelas misalnya masuk sekolah tepat waktu dan yang lainnya.

Jangan lupa untuk menekankan bahwa janji yang mereka ucapkan harus yang paling mungkin diwujudkan. Hal ini penting agar saat mereka melakukan sebuah perilaku yang merupakan resolusi mereka di awal tahun, sebagai guru kita harus segera memuji dan memberikan apresiasi. Resolusi yang sulit diwujudkan hanya akan membuat diri anak menjadi frustasi dan menjadi malas untuk berkomitmen.

Berikut ini adalah lingkup resolusi yang bisa siswa buat serta contoh-contoh nya;

1. Peningkatan perilaku

  • Menonton TV hanya jika sudah selesai mengerjakan PR
  • Bersikap baik dengan siapa saja

2. Keluarga dan teman

  • Mau menjaga adik
  • Membantu orang tua di rumah
  • Menghibur teman bila sedih

3. Sekolah dan dunia luar

  • Mengurangi pemakaian tissue
  • Memakai kertas bekas untuk menggambar
  • Memakai seragam yang rapih bila di sekolah

One thought on “Membuat resolusi tahun baru bersama siswa

  1. Salam kenal Saya guru komputer di SDN Mangkura III Makassar.

    Great! ini sebuah ide yang kreatif tapi jarang diaplikasikan, tadi pagi di sekolah saya ada acara pembagian raport siswa, selingannya diadakan bazaar yang alhamdulillah ga’ berjalan sesuai rencana.

    Ide untuk sharing bareng siswa trus bikin resolusi tahun baru bagus banget, kok ngga’ kepikir oleh saya sebelumnya yah ?!
    Duh!

    udah menghitung detik nih, selamat tahun baru aja deh

    Salam kreatif Indie,
    Sekolah mu kreatif sekali ya.. sampe ada bazaar segala
    Selamat tahun baru juga ya dari Jakarta

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s