Apabila anda bekerja dan mengabdi pada sekolah negeri atau pemerintah, beruntunglah anda karena tidak dipusingkan oleh kewajiban berpromosi untuk menjaring siswa. Siswa akan datang sendiri pada tanggal yang sudah ditentukan di setiap awal tahun ajaran. Tidak perlu pusing mengenai berapa bangku yang kosong atau terisi, karena pembiayaan sekolah berasal dari pemerintah, bukan dari berapa banyak siswa yang masuk dan mendaftar. Tanpa berusaha keras menjaring siswa , beberapa sekolah dasar negeri di Jakarta bahkan sampai menolak siswa karena bangku sudah penuh terisi.
Beda halnya dengan sekolah swasta, sepanjang tahun sekolah berupaya terus menjaring dan mempertahankan siswa. Ini dikarenakan sumber pembiayaan sekolah swasta yang berasal dari kantung sendiri alias tanpa subsidi dari pihak lain. Banyak dan sedikitnya siswa di sekolah tersebut akan mempengaruhi kemampuan keuangan sekolah dalam membayar gaji guru, melengkapi fasilitas hingga membeli sumber belajar bagi siswa.
Ibaratnya memasarkan sebuah produk, sebuah sekolah perlu juga memakai prinsip pemasaran dalam menjaring orang tua siswa agar mau menyekolahkan putra-putrinya.
Berikut ini prinsip yang penting bagi pemasaran sebuah sekolah
1. Lakukan riset bersama seluruh komponen sekolah
Saat ini banyak sekolah swasta yang berada di komplek perumahan, apabila sekolah anda juga begitu, lakukan lah riset sederhana mengenai sekolah lain yang ada di sekitar anda. Hal yang layak dijadikan perbandingan adalah kelebihan dan kekurangan sekolah anda bila dibandingkan dengan sekolah disekitar dalam hal :
- berapakah uang sekolah, termasuk elemen uang sekolahnya terdiri dari apa saja.
- kualitas guru, pendidikannya serta dari universitas mana saja, sudahkan dites TOEFL nya bila sekolah itu adalah sekolah bilingual.
- fasilitas pendukung, jemputan siswa dan lain-lain
- tempat bermain,berbahaya atau tidak, serta keluasannya
- sumber belajar, tersedia lengkap atau tidak
- program pengajaran dua bahasa (bilingual), apakah benar-benar diterapkan
- penghantaran materi keagamaan, inklusif atau tidak, apakah siswa diajarkan menerima perbedaan atau tidak.
- mutu kelulusan.
- keamanan siswa selama di sekolah
- pengelolaan keuangan sekolah
- perencanaan ke depan
Apabila merujuk dari daftar di atas banyak sekali hal yang butuh dicermati. Untuk itu bentuklah tim kecil atau beberapa fokus grup di sekolah anda (terdiri dari guru, orang tua siswa, administrator serta kepala sekolah) untuk menganalisa isu-isu tersebut. Anda sebagai pengelola sekolah bisa juga datang melakukan kunjungan ke sekolah sekitar anda saat acara ‘Open Day’ atau ‘Open house’ di sekolah lain. Karena pada saat itu siapapun boleh datang melihat.
2. Strategi
Setelah semua fokus grup sudah memberikan paparannya mengenai hal apa saja yang menjadikan kelemahan dan kelebihan sekolah lain dan sekolah kita, mulailah untuk melalui tahap strategi. Selalu lah menghitung kisaran anggaran yang dibutuhkan untuk strategi berikut. Pilih strategi yang seusai dengan kemampuan anggaran sekolah anda. Adapun strategi yang bisa dilakukan adalah:
- menyebar brosur di komplek perumahan, atau memasang spanduk di tempat yang strategis. Hubungi pihak pengelola tempat untuk pemasangan. Jangan lupa spanduk dan brosur dibuat dengan desain yang menarik, libatkan guru TIK dalam hal ini untuk merancang.
- pameran di mall atau tempat perbelanjaan pada akhir minggu (weekend) , bawa dan sertakan hasil karya siswa serta. Karya siswa akan leibh berbicara dibanding program promosi yang banyak dan bahasanya kadang tidak akrab di telinga calon orang tua. Libatkan guru untuk menjaga dan menjadi garda depan dalam menjelaskan program pada orang tua siswa. Staff administrasi hanya menemani guru di pameran untuk menjawab masalah keuangan. Brosur dan penjelasan mengenai sekolah juga bisa disebar pada kesempatan ini. Tipe strategi ini mempunyai biaya yang lumayan mahal. Dikarenakan kita harus menyewa tempat dan membayar guru serta staf administrasi yang terlibat.
- Bekerja sama dengan taman kanak-kanak disekitar sekolah yang dianggap potensial untuk melakukan ‘program sekolah sehari’ di sekolah dasar anda.
- Menyelenggarakan Open day atau open house yang membolehkan calon siswa serta orang tuanya untuk datang dan melihat-lihat. Jangan lupa kepala sekolah berpresentasi dalam event ini menjelaskan program dan berinteraksi dengan calon orang tua siswa. Program belajar pada hari tersebut semua dibuat menarik.
- Adakan lomba olahraga atau kreativitas di sekolah kita, undang Taman kanak-kanak yang ada di lingkungan sekolah dasar kita. Biasanya orang tua siswa TK senang sekali menemani anaknya berlomba. Di saat tersebut mereka akan mengamati cara guru-guru kita berinteraksi dengan siswa serta penyelenggaraan event yang profesional akan membuat orang tua yakin dengan sekolah kita.
- Komunikasi lewat media. Sekarang dengan mudah kita temukan media kawasan atau komunitas (sebuah media yang mengkhususkan diri pada sebuah kawasan atau komunitas) biasanya media ini gratis bagi pembacanya. Jadi undang mereka untuk datang dan meliput. Website dan Blog juga bisa dijadikan sarana untuk berpromosi. Dalam hal ini blog yang paling efisien namun terbatas dalam muatan isinya. Silahkan klik disini untuk melihat salah satu contoh blog yang digunakan sebagai sarana komunikasi dan promosi.
Apabila sekolah anda setuju untuk melaksanakan beberapa strategi diatas, mulailah hitung anggaran serta kapan waktu yang tepat. Biasanya bulan Oktober sampai Februari adalah masa-masa orang tua murid mulai mencari sekolah yang tepat bagi putra-putri nya.
Jangan lupa menerka seberapa banyak keefektifan dari strategi diatas bagi sekolah anda. Terkadang ada strategi yang berbiaya murah tapi malah sangat mengena dalam menjaring siswa.
3. Evaluasi program promosi
Ajukanlah pertanyaan berikut in untuk mengevaluasi program promosi sekolah anda
- Strategi apa yang berhasil
- Strategi mana yang tidak berhasil.
- Mengapa strategi tersebut tidak membawa hasil.
- Apa yang bisa dilakukan selanjutnya menyikapi hal ini.
- Kejutan apa yang didapat dengan strategi-srategi tersebut.
Akhirnya sebuah promosi sekolah yang berhasil tidak akan dapat terjadi tanpa peran serta guru yang professional dan kreatif. Ambil contoh misalnya saat menjelaskan program pada orang tua, hanya guru yang percaya diri lah yang bisa tampil dengan baik dan mau mendengar. Dengan demikian pelatihan guru yang terus menerus untuk menjadi seorang guru yang professional sangat dibutuhkan.
Walaupun apabila sebuah sekolah sudah menjadi besar dan lengkap kelengkapan biro administrasinya maka urusan promosi sekolah akan ditangani oleh bagian tersendiri.
Silahkan download panduan pemasaran sekolah selengkapnya disini
Wah..tulisan yang menarik sangat membantu para pimpinan sekolah (Yayasan/Kepala sekolah) dalam mempersiapkan diri menjelang moment penerimaan siswa baru. Terima kasih ya mas Agus, setelah membaca artikel ini saya mendapat inspirasi baru…..ditunggu tulisannya yang lain yang tentunya bermanfaat buat menambah pengetahuan saya khususnya dan guru2 pada umumnya.
Thanks ya bu, kapan-kapan saya ijin untuk wawancara dengan Ibu..
trima kasih pak agus, sangat bermanfaat sekali, bolehkah saya mngundang bapak di sekolah kami
Silahkan bu Dede ini kontak saya 081315590729
Ada tidak yah sekolah yang di mana karakter siswa dan kecerdasannya dijadikan sebagai dasar promosi menjaring siswa baru?
Thanks atas komentar nya pak Eka.
Banyak pak, utama nya sekolah nasional plus, mereka kebanyakan menjadikan karakter sebagai jalan untuk berpromosi. Ada juga sekolah yang menjadikan kecerdasan (juara olimpiade dan lain-lain) sebagai tambahan dalam berpromosi.
Dari kacamata orang tua, sekolah seperti apa sih yang menjadi pilihan mayoritas orang tua Indonesia? Jika saya sebagai orang tua, saya akan mempercayakan pendidikan anak saya pada sekolah yang berkualitas dan terjangkau, ada tidak yah? Berkualitas artinya sekolah bisa mendidik anak saya menjadi pintar sekaligus mandiri dalam karakternya, senang membaca dan terlatih bertanggungjawab.
Persoalan terjangkau atau tidak akan sangat tergantung dengan kemampuan finansial masing-masing orang tua.Pernah dengar tentang orang tua yang berinvestasi dalam hal pendidikan anak nya?
Namun sayangnya pilihan saya kerap terbentur dengan biaya. Oleh karena itu, sehebat-hebatnya promosi sekolah tetap pertimbangannya hanya dua, kualitas dan biaya. Hanya sekolah yang berkualitas dan berbiaya terjangkaulah yang akan terus diserbu oleh para orang tua untuk buah hatinya. Menurut Anda bagaimana?
Saya setuju bahwa ide mengenai pendidikan yang murah (tidak murahan dan tidak harus gratis) harus selalu ada dibenak kita sebagai pendidik. Mudah-mudahan dengan usaha semua pihak, hal tersebut dapat diwujudkan.
Alhamdulillah…, senang bisa bertemu di dunia maya ini, semoga selalu sehat keluarga di rumah.
Koment untuk tulisannya Pak :
Kami di sekolah sudah mencoba melakukan strategi yang dijelaskan melalui blog ini. Adakah cara lain pak…untuk promosi sekolah ini…, any idea to dig our kuality and inform to public…?
Kita pernah mencoba melalui beberapa statiun TV.
Terima kasih pak…
Apa kabar Pak Asep.
Senang bisa didatangi anda.
Saya yakin Pak Asep pasti sudah melakukan semuanya.
Kalau begitu tinggal memantapkan yang didalam saja pak.
Termasuk pembinaan guru dan pengelolaan orang tua.
Maklum secara psikologis orang tua yang puas akan kemajuan pendidikan anaknya akan dengan cepat mewartakan kepada orang lain, alias promosi dari mulut ke mulut.
salam kenal pak Agus!
saya tertarik dengan tulisan bapak tentang promosi sekolah, apakah masih ada cara yang lain??? tolong dikirim!!! format download promosinya ada yang dalam bahasa indonesia??? maklum englishnya pas-pasan. Thank’s
assalammualaikum Pak Sehabuddin
trims sudah mampir,
sayangnya hanya itu yang saya punya pak..
mungkin pembaca lain bisa membantu..
Ass…..dan salam kenal…..
saya tertarik dgn tulisan bapak mengenai promosi sekolah, kebetulan TK dimana tempat si bungsu kami sekolah sedang gencar2nya mengadakan kegiatan dan promosi akan kegiatan TK kami bisa hidup dan semarak….mohon bimbingannya pakkk…apabila ada program yg bisa masuk untuk segmentnya anak2 TK.
kebetulan kami tinggal didaerah belakang bintaro sektor IX (sepertinya qt agak bertetanggaan yach pak 😉 )
ok, sekian dulu dari saya, mohon mampir ke blognya anak2 mungkn qt bisa sharing program untuk memajukan anak bangsa…amin dan terima kasih
salam,
Wah saya kedatangan tetangga, sekaligus orang tua siswa yang aktif nih..
Kebetulan sekolah saya ada event untuk anak TK untuk waktu dekat ini, juga dalam rangka promosi.
Jika Bunda Mila berkenan, saya bisa mengirimkan undangannya lewat email atau fax.
Keren..walimurid bisa ‘ambil bagian’ pertumbuhan siswa
benar bu makin baik sebuah sekolah jika demikian
terima kash pak
dengan tulisan bapak saya bisa mendapatkan suatu ilmu yang bermanfaat dan akan coba saya praktekan di sekolah milik saya
sekali lagi terima kasih
Pak Alex yang baik, terima kasih sudah mampir.
salam kenal pak ,
saya akan membuka sekolah playgroup dengan program dua bahasa . saya mau minta tolong dari bapak untuk memberikan saran bagaimana mempromosikan playgroup ini , dari langkah pertama sampai selanjutnya .
mohon bantuannya segera ya pak ,
nanti hasilnya bapak kirim ke email saya aja ( fen_ll@ymail.com)
terima kasih
Silahkan lewat Japri saja.
Saya sudah kirim ke email anda
it’s nice 4 your Blog…..Thanks a lot of …Good Luck 4 U
maaf pak saya agak kurang sependapat dengan bapak terutama melakukan promosi di mall. Terus terang promosi di mall memang efektif menjaring massa atau calon siswa hanya saja biasanya kualitas siswa yang terjaring adalah siswa-siswa yang mempunyai mental hedonis, malas dan ingin enaknya saja. Memang tugas sekolah untuk mengubah dan mengarahkan mereka ke jalan yang lebih baik…hanya saja perlu juga diimbangi dengan kemampuan guru dan orang tua jika tidak akan rusak budaya sekolah dan sulit sekali untuk memperbaikinya
Pak Fitra yang baik terima kasih atas masukannya yang berharga,
Promosi di mall memang tidak wajib, tergantung dengan jenis sekolah serta pangsa pasar yang dituju, mengenai mental siswa saya yakin dengan guru yang berdedikasi sebagai pendidik di kelas akan semakin besar jalan untuk berubah.
untuk itu sebelum berpromosi jauh lebih penting mempersiapkan mutu dan kualitas sekolah, dengan demikian apa yang dijanjikan dan dipromosikan akan sama kualitasnya dengan kenyataan.
Thanks sudah mampir ya
Salam kenal Pak
Saya ingin bertanya tentang bentuk promosi sekolah yg tingkatan pasarnya menengah kebawah. Kebetulan sekolah saya ini termasuk sekolah yg sederhana. Sekolah ini bergerak di tingkat pertama / SLTP dan SMK. Mohon bantuan bapak dalam memberitahukan langkah-langkah promosi yg tepat dengan latar belakang sekolah saya ini.
Terima kasih pak
Pak gimana seharusnya seorang kepala sekolah dapat mengambil minat orang tua agar anaknya mau bersekolah dalam sekolah tersebut
dan bagaiamana caranya mengambil perhatian mereka
beberapa cara mempromosikan yang bapak uraikan hanya kurang memberi efek kepada orang tua
its a great share, kebetulan saat ini saya juga diajak berkolaborasi untuk memberikan inovasi pemasaran bagi salah satu sekolah di Jakarta, yaitu D’Royal Morocco Islamic International School, terimakasih atas inspirasinya…..
saya saya sangat senang dengan artikel yang bapak tulis, karena kebetulan sekolah tempat di mana seya bekerja adalah sekolah yang masih merintis, dan jika bapak mempunyai info mengenai kegiatan sekolah yang menarik serta kompetisi-kompetisi tolong di informasikan khusunya tingkat SD. trima kasih
terimakasih atas tulisan yang berharga ini karena saya bisa praktikan pada sekolah yang saya pimpin, kalau boleh tanya jurus apa yang bisa memikat calon siswa dan orang tua supaya membutuhkan sekolah kita ?
Proses yang terbaik yang terjadi di kelas serta guru yang profesional pak jadi cara untuk raih simpati orang tua
Bener sekali Pak..jika suatu sekolah sdh berdiri dan berjalan selebihnya adalah di tangan pelaksana lapangan yaitu kepsek dan guru2.. Sbagai marketing terbesar..kr output merupakan “bukti real” pelayanan
Terima kasih komentarnya, sudah saya tulis artikel berdasar pada komentar diatas
https://gurukreatif.wordpress.com/2017/03/27/4-tips-melibatkan-kepala-sekolah-guru-dan-siswa-sebagai-marketing-sekolah/
semoga berkenan
Jazzakillah..ilmunya…semoga berhasil menarik minat orangtua untuk menyekolahkan anaknya disekolah kami…bulan mei insyaAllah akan coba kami realisasikan promo ini…!
Usaha dan doa. salam kami.
Terimakasih telah berbagi ilmu. Mohon kesediaannya agar artikel yang ada disini kami copy ke http://www.smk-binainsan.sch.id untuk dibaca oleh guru-guru khususnya SMK Bina Insan Siak Hulu Kab. Kampar-Riau.
Silahkan dengan senang hati, salam silaturahmi untuk semua guru di Kabupaten Siak
iea ,salam knal pak, sblmnya saya ucap salam :’ assalamualaikum , ,oh ya pak , saya dari sklhan man prambon daerah jawa timur nganjuk kecamatan prambon daerah balituri,,, pada hari ini tepatnya tanggal 27 maret di scool kmi sudah memprsyapkan mentl kmi u/ promsi scool kmi nanti,,,, pa lagi xg klas exclent pak,, skrang lagi di tes ama gru kami u/ lthan prmosi..do’akn kmi ya pak moga brhasil ,,,,,, ammmmiiiiiiiiiin 🙂
Selamat bu Nurul, saya ucapkan doa saya semoga promosi sekolah berjalan lancar dan mencapai hasil yang memuaskan.
trimakasih atas ilmunya pak..mohon saran bagaimana cara mempromosikan sekolah TK yg baru berdiri 1tahun, saat ini sekolah tersebut sedang membangun gedung sendiri yg sebelumnya mengontrak. Anak saya salah satu murid disana.mungkin ada yg bisa saya bantu untuk mempromosikan sekolah tersebut,kira2 melalui apa ya ? bila melalui media internet bagaimana cara meyakinkan orang tua karena biasanya hal yg pertama dilihat dr segi gedung atau fasilitas lain.. trimakasih sebelumnya pak…
Apa kabar Bunda Via, silahkan mengintensifkan sosial media (internet) melalui posting rutin (bisa berupa satu foto setiap hari) soal kegiatan yang kalau bisa di update setiap hari. Soal fasilitas memang penting, namun dari foto yang calon orang tua lihat, kelihatan sekali semaraknya sekolah dan senangnya anak belajar di sekolah ibu. Sambil jangan lupa perbaiki sistem komunikasi di sekolah, misalnya dengan melatih operator telepon agar bisa menjawab pertanyaan calon ortu lewat telepon dengan cara yang sopan dan profesional. Berikutnya jadwalkan para orang tua yang berminat untuk kunjungan ke TK ibu. Pastikan semua yang berhubungan dengan fasilitas utama bersih dan terawat (toilet dan lain sebagainya)
Ilmu yang sangat berkesan… kebetulan saya pengelola lembaga kursus / pendidikan non formal. bagaimana merebut minat orang tua / siswa supaya tertarik dengan program kursus yang ditawarkan. Kendala terbesar adalah masalah biaya, maklum kami di daerah. Trims
untuk lembaga kursus memang dibutuhkan kejelian dalam melihat apa yang diperlukan oleh konsumen. jika di sekitar lokasi bapak banyak skolah bisa mulai dengan kursus berbahasa Inggris atau matematika. Tawarkan juga pelatihan gratis pada gurunya untuk menarik minat sekolah mempromosikan lembaga kursus anda.
Alhamdulillah…
Makasih banyak infonya,kebetulan sekolah tempat saya mengajar juga lg dipusingkan dengan cara mwnjaring siswa..
Klo untuk TK strateginya apalagi ya,karena sekolah kami sudah mwnjalakan beberapa strategi diatas seperti mengadaka lomba, open house, memasang spanduk dan baliho sosialisasi ke masyarakat..Tp sampai saat ini yg mendaftar belum signifikan
Bu Isnaini saran saya yangterbaik adalah tingkatkan kompetensi guru di kelas. Orang tua siswa akan senang dan akan menyebar iklan dari mulut ke mulut
Terima kasih pak…….
Saya sudah mengcopy semua bacaannya, sebagai bahan bacaan saya, karena guru baru yang masih harus banyak belajar,,,,sekali lagi thank’s
Terimakasih kembali Pak Agus, SMK Bina Insan Siak Hulu di Kabupaten Kampar-Riau pak
Salam untuk semua staff guru yang ada di Siak ya pak. Semoga saya ada kesempatan untuk datang ke sana
Tulisannya sangat menarik.. ada ga langkah promosi yant paling jitu untuk tempat kursus bahasa inggris yang cepat dapat menarik minat calon siswa.. terimakasih
menurut saya penting untuk memperhatikan masalah harga, bisa juga siswa yg ikut serta saat membayar sudah mendapatkan seragam bisa berupa tshirt yang boleh ia pakai saat kursus.
Materinya ditujukan agar anak bisa berbicara dan menulis dalam bhs Inggris dan bukan untuk supaya nilai bahasa Inggris mereka di sekolah meningkat.
demikian semoga berkenan
terimakasih atas jawaban dari bapa,, kemudian mempromosikan kepada orang-orang bahwa tempat kursus b.inggris kamu berkualitas bagaimana caranya? kebetulan tempat kursus ini belum lama beroperasi jadi masih sedikit siswa yang belajar.
sebelumnya terimakasih
bias door to door bu, atau kerjasama dengan loper koran setempat, kemudian jika sekolah2 di sekitar ibu ada acara atau event silahkan turut ambil bagian dengan pertunjukkan drama atau teater boneka dalam bahasa Inggris (berkoordinasi dgn kepala sekolahnya) siapkan brosur yg sederhana saja namun jelas berapa biaya yang mesti dikeluarkan oleh orang tua murid.
kalau kegiatan open day atau open house cukup baik buat promosi?seperti apa ya kegiatan open day open housenya?
makasih 🙂
https://gurukreatif.wordpress.com/2008/02/05/pengalaman-menjadi-tour-guide-saat-open-day-2008/
Silahkan baca link di atas ya bu Ira
Assalamualaikum bapak
saya mengajar di sebuah sekolah berkebutuhan khusus. Menurut saya faktor kekuatan utama di sekolah kami adalah dedikasi guru-gurunya sangat tinggi dalam mendidik muridnya. Tapi yang menjadi kendala hambatan adalah justru dari kepala yayasan sendiri. seperti tidak merealisasikan dengan benar apabila ada bantuan dari pihak luar (finansial) dengan kata lain sekolah hanya dijadikan sebagai tambang uang, bersikap diktator, dan jarang sekali menghargai guru . Di forum ini saya hanya ingin berbagi kepada semua orang, untuk tidak menjadikan anak berkebutuhan khusus sebagai tambang uang. promosi yang ada sering tidak sesuai dengan kenyataan. Ini menjadi dilema saya pak, disatu sisi saya ingin sekolah maju dan mempromosikannya, tapi disisi lain saya melihat banyak kecurangan yang dilakukan pihak sekolah. Mohon pencerahannya.
Wah sedih sekali jika itu yang terjadi bu, Saya harap pengelola lekas sadar untuk stop lakukan komersialisasi anak ABK
ada gak pak promosi yang unik dan gak pernah di pakai di sekolahsekolah lain tapi biaya untuk promosinya murah?
Ada bu, minta guru untuk lakukan blogging dan tweeting, sebuah hal yang positif bisa diungkapkan lewat sosial media dengan cara yang mudah dan gencar.
Atau sekolah terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang bersifat komunitas
pak di rumah sekolahan suasta yang berdirix udah cukup lama . dan mula berdiri sekolah kami tampa biaya apapun kecuali uang ujian, prakerin dan uang ijasah ketika kelas 3 . akhirx dirumah sekolahanx ga maju maju. gimana pak tahap wal kami memajukan sekolah dan gimana kami menarik SPP detiap bulanx
Perlu ada upaya dari pihak sekolah untuk beri penyadaran bahwa sekolah yg baik perlu dana operasional caranya bisa apa saja dari subsidi silang sampai menggandeng pihak lain. Orang tua siswa diyakinkan bahwa pendidikan perlu biaya
tulisan yang sangat bermanfaat , terima kasih banyak …kebetulan kami baru mendirikan sekolah dasar di Batam jadi dengan membaca tulisan ini sangat membantu menginspirasi saya..
Silahkan bu Nur, saya senang bisa berbagi. Doa saya semoga sekolahnya diberikan kelancaran.
terima kasih saran saran nya dan mudah mudahan akan saya benahi sekolahan ini kami dari smk surya dharma bandar lampung
Sukses pak Said mudah mudahan kita bisa bertemu jika saya mengunjungi lampung
STMIK Islam Internasional Melawai
Membuka Pendaftaran Mahasiswa baru Untuk Kelas Reguler dan Karyawan.
Jurusan : S1 Teknik Informatika, S1 Sistem Informasi maupun D3 Manajemen Informatika.
Gel 1 Juni 2014
Gel 2 Juli 2014
Tlp 021 727 80380
Alhamdulillah…
Makasih banyak infonya,kebetulan sekolah tempat saya mengajar juga lg dipusingkan dengan cara mwnjaring siswa..
Klo untuk TK strateginya apalagi ya,karena sekolah kami sudah mwnjalakan beberapa strategi diatas seperti mengadaka lomba, open house, memasang spanduk dan baliho sosialisasi ke masyarakat.kantor2.bahkan mendekati lgsg calon siswa dgn cara mendekati ibunya tp sampai saat ini yg mendaftar belum signifikan
Padahal disekolah kami fasilitasnya boleh dikatakan beda banget dri sekolah2 yg ada dilinkungan sekitar.pdhal ni sdh tahun ke 2 selama sekolah kami berdiri?kira2 strategi apa lg yg hrus kami lakukan?
Dear ulfa saya sudah balas ya lewat bbm
assalamualaikum….
saya guru pengajar disklh mts swasta didaerah pinggiran. membaca postingan ini sy berusaha mengaplikasikannya ke sekolah ini. tp kondisi sekolah tidak ada biaya dan kepercayaan masyarakat susah didapat karena rata2 fokus ke sekolah negeri yg makin tahun nambah rombel terus. minta doa bagi para guru dan pembaca smua
cara terbaik adalah lakukan analisa bersama dengan para guru yang mengajar mengenai apa saja hal yang mesti dilakukan untuk mengembalikan kepercyaan orang tua siswa atau hal apa saja yang mesti sekolah ubah dalam melakukan pengajaran, pendidikan dan pengelolaan sekolah hingga menjadi efektif
Aslmkm. artikel yang bagus. Semua komponen yang berhubungan dg sekolah harus bersinergi dg baik.. sehingga bisa menjadi sekolah yang unggul >> http://asshofa.or.id/index.php/artikel
thanks komentarnya pak
pameran pendidikan tinggi
10 – 13 februari 2015. graha manggala siliwang. bandung.
info : rizki , 0857 1522 7658
Salam kenal Pak Agus
Baru 2 tahun TK kami yang cuma luas sekitar 200 meter dengan 2 lantai dan 60 Siswa TK disebuah cluster kecil di Citra Raya, sudah didesak oleh beberapa alumninya untuk membuka SD. Tahun pertama terjaring 7 siswa SD dari 10 lulusan TK internal.
Untuk tahun kedua ini 2015-2016 sudah kami promosikan dengan gencar alhamdulillah terjaring 12 calon siswa SD (target 30 siswa).
Rencananya akan dibuka gedung baru yang representatif. Mengenai Kualitas pembelajaran dan output siswa kami yakin TK terbaik di Citra Raya jika dilihat dari kemampuan, karakter dan kepribadian anak-anak TK,
Namun permasalahan yang muncul kemudian adalah kecenderungan Calon Orang Tua Siswa untuk memilih sekolah yang cenderung Islami atau Keagamaan lainnya, dan kami tidak bisa menjanjikan apa-apa karena saat Perbadingan Islam : Non, 60;40 %.
Mohon bantuan & pencerahannya Pak Agus.
By. Samhadi, S.Pd 0852 6909 3884
Yth pak Samhadi, terima kasih sdh berbuat yg terbaik utk pendidikan anak anak Indonesia. Mengenai muatan keagamaan bapak hanya perlu mencari guru agama yg kreatif dan open minded. Dgn demikian karakter yg bapak sdh munculkan bisa dipoles lewat guru agama yg mumpuni. Saat ini telah muncul jenis orang tua murid baru yg ingin anaknya tidak hanya shaleh secara ritual namun juga shaleh secara sosial.
yang saya butuhkan saat ini adalah kaidah nya
Kaidah dalam promosi sekolah adalah program yang dipromosikan sama dengan kenyataan yang ditemukan calon orang tua siswa di lapangan. Ada bukti ada janji, misal dalam soal fasilitas dan program pembelajaran dan yang paling penting guru profesional
Reblogged this on merc1one.
Reblogged this on merc1one.
Salam kenal dari saya pak…afifah purwokerto…trimaksih sekali atas sran2 nya….tp memang berat untuk mempromosikan madrasah kami….yang terpencil…
Assalamualaikum
Sebelumnya salam kenal dari saya pak.
oh iya Pak bagaimana cara mempromosikan sekolah dasar yang baru berdiri, kebetulan saya sendiri sebagai pengajar disekolah tersebut, sekolah ini baru dua tahun berjalan, disamping itu ada 3 sekolah juga yang saling berdekatan, kalau boleh dibilang lebih TOP lah dari sekolah yang saja ajar
Walaikumsalam.pak Samsul
Memang sebuah tugas yg tidak ringan untuk bisa melakukan promosi
Saran saya sebagai berikut
1. Lakukan survey dan pengamatan singkat apa saja kekuatan dari sekolah yang ada di sekitar bapak
2. Lakukan positioning, atau pembeda dari sekolah yg sudah ada. Sebaik baik pembeda adalah dgn isi kelas kelas di sekolah bapak dengan proses pembelajaran yang baik dan guru yg mau belajar
Silakan kontak langsung saya di nomor 081315590729 utk diskusi selanjutnya ya pak
Reblogged this on TIK dan Kemuhammadiyahan and commented:
Langkah mudah mempromosikan sekolah anda