Mari bertanya dan membuat pertanyaan.

question mark

Dalam mengajar selain menerangkan materi pelajaran, guru juga ditantang untuk mampu bertanya dengan tidak asal bertanya. Aktivitas bertanya sepertinya sebuah hal yang sederhana, padahal dengan bertanya kita dapat mengetahui apakah siswa mampu menangkap apa yang kita sampaikan dan sejauh mana pembelajaran kita membuat dirinya tertarik.

Berikut ini adalah ciri pertanyaan yang baik.

Sebuah pertanyaan yang baik harus mempunyai:

  • Alasan
  • Fokus
  • Kejelasan arah dan maksud
  • intonasi yang jelas.

Pertanyaan yang baik itu:

  • Menantang
  • Mengejutkan
  • Memelihara hubungan keilmuwan dengan siswa
  • Menstimulasi
  • Menerbitkan perasaan ingin tahu yang lebih lanjut

Mengapa sebagai guru kita harus sering membudayakan mutu bertanya yang baik

1. Menjadi tanggung jawab kita untuk bertanya

2. Mengevaluasi pengejaran kita (sejauh mana anak mengerti)

3. Mengevaluasi tingkat kemajuan siswa

4. Membimbing siswa kepada pengertian baru

5. Melatih siswa menggunakan skill high order thinking (transformasi dari informasi menjadi ide)

6. Meningkatkan mutu belajar mengajar

7. Melatih siswa untuk berbicara dengan alur.

8. Memupuk kebiasaan medengarkan siswa, apa yang dirasakan dan pikirkan.

9. Merangsang minat dan membangkitkan kesadaran siswa terhadap sebuah masalah.

10. Memupuk pendekatan pemecahan masalah dalam pembelajaran

11. Membantu siswa mengemukakan pendapat tantang apa yang diketahuinya dan apa yang dimengerti oleh siswa tersebut.

12. Mengajak anak berpikir dengan keras dan berkonsentrasi pada tugas yang diberikan.

13. Membantu siswa belajar dari satu sama lain saat yang sama menghormati dan mengevaluasi sumbangan pemikiran dari rekan

14. Memperdalam tingkat pemikiran siswa dan kemempuan siswa dalam berpikir secara konseptual.

(Disarikan dari berbagai sumber)

17 thoughts on “Mari bertanya dan membuat pertanyaan.

  1. paradigma dunia pendidikan yang hanya berorientasi pada materi dan sentimen industrialisasi hanya akan menjauhkan tujuan mulia dari arti pendidikan yang hakiki.media pembelajaran yang menjunjung kreatifitas yang divariasikan dengan nilai-nilai luhur religi ,insya Allah akan dapat menepis sahwat budaya instan yang virusnya makin merebak kesegala penjuru.Guru Kreatif merupakan salah satu komponen penting yang menjadi poros perubahan ditengah derasnya serbuan guzhwul fikri.
    maju terus Gus…..hanya semangat yang dibarengi dengan doa yang tulus yang akan membawa kita menjadi insan pembawa kemaslahatan bagi sesama..

    Allhamdulilah Thanks smangat nya A…

  2. @ dedidwitagama: yo ndak papa khan pak! hebat itu!

    waduh kudu mbuka lagi buku Quantum Learning dan Quantum Teaching nih!

    maaf, pak! numpang lewat! mampir dan minum sebentar! terima kasih!

    1. saya juga mengalami hal yang sama seperti itu …….
      tapi sekarang alhamdulillah sudah tidak seperti itu lagi karna saya selalu mengikuti kecerdasan otak guru di sekolahan …….

  3. Terima kasih atas ajakannya.
    Apakah sasaran pertanyaan yang kita ajukan tersebut ? apakah cukup sekedar menantang, menuntut keingintahuan dan lain sebagainya ? atau adakah alasan lain yang lebih jelas ketika pertanyaan itu diajukan.

    Mohon bantuan penjelasan dari jenis-jenis pertanyaan itu untuk ditujukan pada arah pembelajarannya ? (Maaf saya sedang butuh penjelasan karena kekurangan informasi tentang bentuk-bentuk pertanyaan yang merangsang siswa berpikir kritis, berpikir kreatif dan berpikir memecahkan masalah).

    Atas jawabannya saya haturkan terima kasih

    Terima kasih juga sudah mampir.
    Silahkan klik link ini semoga berguna.
    http://educate.intel.com/au/ProjectDesign/InstructionalStrategies/Questioning/

    1. Atur nafas, duduk jika anda sedang berdiri, pikirkan bahwa marah dan emosi cuma akan meanmbah masalah. Jika anda putuskan untuk bicara pada siwa yg berbuat ulah tunda dahulu waktunya sampai emosi reda

  4. Evaluasi tidak selalu lewat guru yang bertanya. Di kelas saya, sedang saya budayakan murid juga bertanya. Ketika mereka bertanya, mereka juga berlatih berpikir kritis dalam menganalisa informasi yang diperoleh.

  5. bagaimana pak, caranya menemukan pertanyaan yang berkualitas? sering saya hanya bengong melihat betapa pandainya teman-teman saya ketika berdiskusi di kelas. apakah kebengongan saya itu berhubungan dengan rasa percaya diri? ataukah berhubungan dengan kecerdasan?

    1. Dalam berbincang dan berdiskusi, seseorang perlu pengetahuan yg ia dapatkan lewat bacaan. Jadi silahkan banyak membaca perkembangan terkini lewat berbagai macam sumber dijamin jadi lebih PD, selamat mencoba Athi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s