Tips agar tetap sehat dan sukses dalam mengikuti PLPG

Mengikuti PLPG bagaikan melepas semua pengertian  yang kita miliki selama ini untuk kemudian mengosongkan ‘gelas’ pikiran agar semua ilmu yang dosen berikan bisa masuk dan menjadi ilmu baru. Selama 10 hari mengikuti PLPG ada beberapa tips hasil dari pengamatan saya sebagai peserta yang mudah-mudahan bisa membuat anda sukses saat waktunya ikuti PLPG

  • Pastikan anda mengetahui tempat PLPG dimana anda ditempatkan, jika jauh boleh patungan untuk masalah angkutan, jika tidak pastikan anda mengetahui dengan pasti lokasinya.
  • Saat sudah sampai kenali semua rekan anda satu kamar, minta no HP nya, ini berguna jika ada hal yang mesti dikerjakan segera sebagai sebuah kelompok dll.
  • Tepat waktu. Selalu tepat waktu saat masuk kelas, apalagi saat waktunya makan. Sikap ini juga sangat berguna saat waktu pengumpulan tugas-tugas.
  • Minum air putih. Banyak penelitian minum air putih bisa membuat tubuh jadi lebih konsentrasi dalam beripikir. Maklum PLPG tugasnya banyak.
  • Menyiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat. Silabus dan RPP, alat peraga yang akan anda gunakan untuk mikro teaching. Jika anda mengajar di SD, siapkan RPP dan silabus dalam dua versi ( tematik dan mata pelajaran)
  • Percaya diri. Jadilah guru yang percaya diri. Ukuran percaya diri adalah tetap tenang ketika melihat teman sesama guru yang kelihatan sibuk mempersiapkan ini dan itu. Jika kita sudah merasa mempersiapkan diri tetap tenang sambil lihat apa yang belum kita lakukan.
  • Jika tugas sudah mulai banyak, gunakan filosofi DONE IS BETTER THAN PERFECT, berusaha banting tulang untuk menjadikan tugas-tugas anda sempurna hanya akan membuat anda jatuh sakit dan tidak menikmati lagi suasana di PLPG
  • Berteman dengan banyak orang. Sesama guru yang ada di kelas anda adalah tempat untuk menimba ilmu dan belajar. Cara paling jitu untuk belajar dari sesama guru yang hadir adalah dengan bertanya alasan mengapa memilih untuk menjadi guru, dijamin anda akan menemukan 1001 jawaban.
  • Senang membantu sesama guru, jika anda punya kelebihan dalam bidang computer ajari dan bantu sesama teman guru dijamin anda akan didoakan agar lulus PLPG dengan sukses hehe
  • Tetap nge-tweet dan facebook’an, kedua hal ini sangat berguna dalam menuliskan refleksi sehari-hari kegiatan PLPG anda. Saya melakukan live tweet lewat akun saya di @gurukreatif selama PLPG, hasilnya saya merasa lebih termotivasi untuk terus lakukan yang terbaik. Motivasi datang dari banyak follower saya yang dengan setia menyimak intisari pengetahuan yang saya tuliskan di linimasa saya.
  • Saya banyak mengetik intisari pengetahuan yang saya dapatkan di twitter, ini juga yang kemudian banyak membantu saya dalam mengerjakan Ujian Kompetensi di akhir PLPG
About these ads

One thought on “Tips agar tetap sehat dan sukses dalam mengikuti PLPG

  1. alhamdulilah pak agus , saya dah lulus plpg 2009 , namun tunjangan sertifikasi yang tahun 2010 sampai sekarang belum cair , padahal sudah pemberkasan 8 kali , ( 12 guru slb kota semarang ) kami plpg di UNS solo , semua teman seangkatan plpg dah menikmati hasil kompetisi itu , gak tau nyangkut dimana uangnya .saat ini kami nunggu keajaiban saja, mohon doa dari pak agus ya ? mksh sudah dibagi , slm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s