Topik Bulan Juli Serba-Serbi mengikuti PLPG (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru)

Panggilan itu datangnya mendadak. Panggilan apa kira-kira? Yaa panggilan PLPG. PLPG singkatan dari (Pendidikan dan Latihan Profesi Guru) adalah sebuah ajang guru disegarkan kembali ingatannya dan belajar kembali mengenai makna mendidik dan belajar. Tahun ini sudah masuk saya pada waktu berkarier di 5 tahun yang ketiga alias hamper 15 tahun saya mengajar. Ikut PLPG berarti saat yang sama saya lakukan learn, relearn dan unlearn sebuah tahap dimana jika pikiran ini tidak dibuka lebar-lebar maka akan jadi berat jalan untuk menerima ilmu baru.

Ada beberapa tema besar yang saya akan tulis dalam kaitanya dengan PLPG antara lain

  • Bagaimana menulis Penelitian tindakan kelas
  • Menulis perangkat pembelajaran (RPP dan Silabus) yang kreatif
  • Praktek mikro teaching
  • Ujian kompetensi setelah PLPG
  • Pembelajaran IPA yang kreatif
  • Pembelajaran Matematika yang kreatif
  • Pembelajaran Bahasa Indonesia yang kreatif
  • Pembelajaran IPS yang kreatif
  • Tips agar tetap sehat dalam mengikuti PLPG
  • Refleksi saya selama ikuti PLPG
  • Jenis-jenis guru yang saya jumpai selama PLPG
Tinggalkan Balasan

